Implementasi Komunikasi Pelayanan Prima pada Arion Swiss Belhotel Bandung

  • Nanda Ayu Swiss Bell Hotel
Keywords: service, excellence, communications

Abstract

ABSTRACT

Excellent service is a barometer of feedback made by companies to the public so that the public provides positive feedback for the company. Excellent service is an effective form of verbal as well as nonverbal communication between the company and the public. This study aims to determine the implementation of excellent service carried out by the management of Arion Swiss Belhotel Bandung, especially in the Food and Beverage Department. The research method used is descriptive research method with a qualitative paradigm, the authors describe the results of observations and interviews with qualitative theoretical analysis based on the concepts of communication and excellent service. After discussing and analyzing the problem, the authors concluded that the implementation of the company's prime service carried out by the Department of Food and Beverage, Arion Swiss Belhotel Bandung, was not carried out well. With several indications that appeared to be a problem. This research can be used as feedback for the company so that it can improve its hospitality system so that it can improve its reputation and have an impact on the room sales system.

Keywords: Communications, Service Excellence, Arion Swiss Bell

ABSTRAK

Pelayanan prima menjadi barometer terjadinya umpan balik yang dilakukan oleh perusahaan terhadap publik sehingga memberikan feedback yang positif untuk perusahaan. Pelayanan prima merupakan bentuk komunikasi verbal dan nonverbal yang efektif antara perusahaan dengan publiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan prima yang dilakukan oleh manajemen Arion Swiss Belhotel Bandunga khususnya pada Departemen Food and Beverage. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan paradigma kualitatif, penulis menggambarkan hasil observasi dan wawancara dengan analisis teori kualitatif berdasarkan konsep-konsep komunikasi dan pelayanan prima. Setelah melakukan pembahasan dan analisis terhadap masalah, penulis memperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pelayanan prima perusahaan yang dilakukan oleh Departemen Food and Beverage Arion Swiss Belhotel Bandung, tidak terlaksana dengan baik. Dengan beberapa indikasi yang muncul menjadi masalah. Penelitian ini dapat digunakan sebagai feedback untuk perusahaan sehingga dapat memperbaiki system hospitality-nya sehingga dapat memperbaiki reputasi dan berdampak terhadap sistem penjualan kamar.

Kata Kunci: Komunikasi, Pelayanan Prima, Arion SwissBell

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asih, N. S., Nuridja, I. M., & Zukhri, A. (2016). Pengaruh Pelayanan Prima (Service Excellent) terhadap Kepuasan Pelanggan Salon Agata Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 7(2). DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v7i2.7797

Cahyawati, L. R. (2017). Implementasi Pelayanan Prima. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 67-74. DOI: https://doi.org/10.17977/um025v2i12017 p067

Daryanto dan Ismanto, S. (2014) Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta. Gaya Media.

Ernawati, E. (1998). Pelayanan prima sebagai strategi pemasaran jasa dokumentasi, informasi, dan perpustakaan. Baca: Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 23(4), 40-47. https://jurnalbaca.pdii.lipi.go.id/index.php/baca/article/view/71/140

Hadjam, M. N. R. (2001). Efektivitas pelayanan prima sebagai upaya meningkatkan pelayanan di Rumah Sakit (Perspektif Psikologi). Jurnal Psikologi, 28(2), 105-115. DOI: 10.22146/jpsi.7684

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2010. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta. Balai Pustaka.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2015. Departemen Pendidikan Dan kebudayaan. Jakarta. Balai Pustaka.

Kasmir (2005) Etika Customer Service. Yogyakarta. Raja Grafindo Persada.

Komar, R. (2014) Manajemen Perhotelan. Jakarta. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Kotler, P & Armstrong, G. (2012) Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta. Erlangga.

Nur, M. (2017). Kualitas Pelayanan Prima pada PT PLN (Persero) Rayon Makassar Selatan. Jurnal Office, 3(1), 72-78. DOI: https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3501

Rahmayanty, N. (2013) Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Rohman, A. (2018). Kepemimpinan Pelayanan Prima di Pedesaan. Reformasi, 7(1). DOI: https://doi.org/10.33366/rfr.v7i1.702

Soendari, T. (2012). Metode Penelitian Deskriptif. Bandung, UPI. Stuss, Magdalena & Herdan, Agnieszka, 17.

Suminar, R., & Apriliawati, M. (2018). Pelayanan Prima Pada Orang Tua Siswa Di Sempoa Sip Tc Paramount Summarecon. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 4(2), 25. DOI: http://dx.doi.org/10.32493/skr.v4i2.822.

Tjiptono, F. (2012) Service Management. Yogyakarta. Andi Offset.

Published
2021-02-25
How to Cite
Ayu, N. (2021). Implementasi Komunikasi Pelayanan Prima pada Arion Swiss Belhotel Bandung. Komversal : Jurnal Komunikasi Universal, 7(1), 56-70. https://doi.org/10.38204/komversal.v7i1.507