Panduan Penulisan

Panduan Penulisan Artikel

  • Page Layout
    Judul harus ditulis dengan ukuran huruf 12pt Bold. Nama penulis ditulis dengan ukuran 12 pt reguler. Instansi penulis ditulis dengan ukuran 12pt reguler. Alamat surel ditulis dengan ukuran 12 pt regular.
    Judul dan pengarang harus dalam format kolom tunggal dan rata tengah.
    Setiap awal kata dalam judul harus huruf besar, kecuali untuk kata-kata pendek seperti "sebuah", "dan",  "di", "oleh", "untuk", "dari", "pada", "atau", dan sejenisnya.
    Agar tidak membingungkan, nama keluarga harus ditulis di bagian akhir dari masing-masing nama pengarang (misalnya: Hidayat A. K. Suyono).
    Setiap afiliasi harus dimasukan, setidaknya, nama instansi (misalnya Politeknik LP3I).
    Alamat surel diwajibkan bagi penulis yang bersangkutan.
    ABSTRAK. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam   bahasa Indonesia. Panjang abstrak maksimum 200 kata, dengan jumlah kata kunci 6 kata atau gabungan kata.
  • Keterangan Gambar
    Semua grafik dan tabel harus terletak di posisi rata tengah. Grafik dan tabel yang besar dapat direntangkan pada kedua kolom. Setiap tabel atau grafik yang mencakup lebar lebih dari 1 kolom harus diposisikan di bagian paling atas atau di bagian paling bawah halaman.
    Semua gambar diberi nomor dengan angka Arab. Keterangan gambar harus ditulis dalam ukuran 8 pt reguler. Keterangan gambar satu baris harus diletakkan rata tengah, sedangkan keterangan gambar multi-baris harus rata kiri-kanan. Keterangan gambar dengan nomor gambar harus ditempatkan setelah gambar terkait.
  • Keterangan Tabel
    Semua tabel diberi nomor menggunakan angka romawi huruf besar. Keterangan tabel terletak rata tengah, ukuran huruf 8 pt, dan ditulis dalam huruf kapital kecil. Setiap kata pada keterangan tabel harus diawali huruf besar, Keterangan dengan nomor tabel harus ditempatkan sebelum tabel terkait.

Sistematika artikel hasil penelitian adalah: judul; nama penulis; abstrak; kata kunci; pendahuluan (dengan judul); Kajian Pustaka; Metode Penelitian (dengan judul); Analisis dan Perancangan (dengan judul); Kesimpulan dan saran (dengan judul); Daftar Pustaka.

  • PENDAHULUAN
    Pendahuluan harus dapat menjelaskan rasionalitas penelitian, sehingga dapat dijustifikasi mengapa penelitian ini penting dibuat bagi bidang teknologi informasi. Bagian ini harus dapat menyatakan senjangan yang menjadi dasar penelitian. Bagian pendahuluan mencakup perumusan permasalahan penelitian, pertanyaan penelitian, serta manfaat penelitian.
  • KAJIAN PUSTAKA 
    Bagian ini membahas penelaahan atas jurnal, artikel, buku dan sumber lain yang relevan.  
  • METODE PENELITIAN
    Bagian ini menjelaskan secara eksplisit tentang bagaimana penelitian dilakukan. Bagian metode penelitian harus ditulis secara efektif, sehingga penulis dapat memperoleh gambaran yang lengkap dan jelas tentang data, alat dan tahapan yang dilakukan dalam rangka menjawab pertanyaan penelitian. Bagian ini juga menyediakan penjelasan mengenai metode pengukuran sehingga dapat memudahkan untuk direplikasi.
  • ANALISIS DAN PERANCANGAN
    Hasil penelitian secara langsung menyajikan data dan hasil yang didapat dari penelitian. Bagian ini hanya memberikan uraian naratif atas hasil penelitian tanpa ada interpretasi atau evaluasi.
    Bagian pembahasan menginterpretasikan makna dari hasil penelitian, baik sesuai dengan harapan atau tidak.
  • SIMPULAN DAN SARAN
    Bagian ini menyimpulkan secara singkat hasil dan pembahasan penelitian. Bagian ini juga menjelaskan tentang implikasi hasil, keterbatasan penelitian serta rekomendasi bagi pengembangan penelitian mendatang.
  • DAFTAR PUSTAKA
    Tata cara penulisan daftar pustaka:
    • Daftar pustaka ditulis disusun secara sistematis dan diurut secara abjad/alfabetis menurut nama pengarang.
    • Bila pustaka yang dipakai ditulis oleh pengarang yang sama tapi dalam waktu/tahun terbit yang berbeda, maka yang ditulis lebih dahulu adalah terbitan paling terdahulu. Bila pengarang yang sama, tetapi diterbitkan dalam tahun yang sama, maka setiap item disusun dengan membedakan tahun terbit dengan huruf abjad. Sedangkan penulisan nama lengkap hanya untuk item pertama, sedangkan item berikutnya cukup diberi tanda: ------- (lima atau tujuh strip, secara konsisten).
    • Didukung minimal 10 (sepuluh) daftar pustaka, 80%
    • mengacu pustaka 10 (sepuluh) tahun terakhir, dan 80%
    • berasal dari sumber acuan primer.

Terbitan Berkala (Jurnal, Makalah, Karya Ilmiah) :
Baldrige, V. J. (1999). Organizational characteristics of colleges and universities. Management and DecisionMaking in Higher Education Institutions, 8, 133-152.

Terbitan tidak berkala (buku, laporan, brosur, risalah, buku petunjuk) :
Fullan, M. D., & Stiegelbauer, S. (1991). The new meaning of educational change. New York: Teachers College Press.

Artikel dari terbitan tidak berkala :
Fremerey, M. (2006). Resistance to change in higher education: Threat or opportunity? In M.Fremerey, & M. Pletsch-Betancourt. (Eds.) Prospects of change in higher education: Towards new qualities & elevance. Frankfurt: IKO-Vlg fur Interkult, GW/Transaction Pubs.

Dokumen Online 
Patria, B. (2006). Factor analysis on the characteristics of occupation. Retrieved February 14, 2006 from http://inparametric.com/bhinablog/downlo ad /factor_analysis_patria.pdf.

Naskah yang tidak diterbitkan 
Patria, B. (2007). Problem-based learning and graduates' competencies. Unpublished manuscript, University of Kassel, Kassel, Germany.

Artikel Non-English, judul ditranslate ke English 
Suwardjono. (2005). Belajar-mengajar di perguruan tinggi: Redefinisi makna kuliah. [Teaching and learning in university: Redefinition of class-meeting meaning]. Retrieved November 25, 2007 from: http://www.inparametric.com/bhinablog/d ownload/Artikel1.pdf

Disertasi Doctor 
Miao, Y. (2000). Design and implementation of a collaborative virtual problem-based learning environment. Unpublished doctoral dissertation, Technischen Universit├Ąt Darmstadt, Darmstadt, Germany.

Tesis Master 
Patria, B. (2008). Problem-based learning and graduates' professional success. Unpublished master's thesis, University of Kassel, Kassel, Germany

Proses Penerbitan Artikel

  • Pemeriksaan dan penyuntingan artikel dikerjakan oleh penyunting (editor) dan/atau dengan melibatkan penulis.
  • Artikel yang sudah dalam bentuk cetak coba dapat dibatalkan pemuatannya oleh penyunting jika diketahui bermasalah.
  • Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel tersebut.
  • Artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan kepada penulis.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  • Artikel adalah hasil penelitian yang bersifat orisinal dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, dan tidak sedang disubmit pada jurnal yang lain.
  • Artikel diajukan dalam format dokumen Microsoft Word, Open Office (.doc, .docx, .rtf).
  • Artikel diketik dalam 1 spasi dengan font Times New Roman 10 point, sesuai dengan gaya selingkung dan petunjuk penulisan yang telah tersedia (Author Guideline dan Template).
  • Artikel harus di sesuaikan dengan Template Jurnal yang sudah ditetapkan (wajib).