Peran Public Relations PT. Astra International Daihatsu Cibeureum Bandung dalam Menangani Keluhan Pelanggan

  • Genik Yuhanda Politeknik LP3I Bandung
  • Adi Muhammad Ramadhan Politeknik LP3I
Keywords: Public Relations, Pelanggan, Astra, Keluhan

Abstract

Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui peran public relations PT. Astra International Daihatsu Cibeureum Bandung dalam menangani keluhan pelanggan. Jurnal penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Customer Relations Officer selaku public relations PT. Astra International Daihatsu Cibeureum Bandung, Rachmawati Dian Anggraeny. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran PR sebagai penasihat ahli, PR sebagai fasilitator komunikasi dan PR sebagai pemecah masalah sudah dilakukan dengan cukup baik. Keluhan pelanggan ditangani dengan komunikasi secara tatap muka dan menggunakan media sosial, seperti google my business (GMB) dan instagram dengan respons yang cepat dan komunikatif. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arkian, M. R. N., Drajat, M. S., & Ahmadi, D. (2018). Peran Public Relations dalam Film Hancock. Inter Komunika, 3(2), 145-152. DOI: 10.33376/ik.v3i2.214

Hidayat, R. (2016). Peran Public Relations Dalam Mempengaruhi Konten Media. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 90-100. DOI: https://doi.org/10.14710/interaksi. 5.1.90-100

Nasution, I. A. (2019). Peranan Public Relations Dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Hotel Garuda Plaza. Warta Dharmawangsa, 13(3). DOI: https://doi.org/10.46576/ wdw.v0i61.441

Rondonuwu, S. (2018). Peran Public Relations Terhadap Meningkatkan Citra Perusahaan Pt. Trakindo Manado. Jurnal Administrasi Publik, 3(42). https://ejournal.unsrat. ac.id/index.php/JAP/article/viewFile/19061/18622

Ruslan, Rosady (2010). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Rusmin, A., Unde, A. A., & Sultan, M. I. (2015). Analisis Peran Public Relations (PR) Dalam Penanganan Opini Dan Sikap Komunitas Sekitar Terhadap Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Energy Sengkang Di Kabupaten Wajo. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 374-386. DOI: https://doi.org/10.31947/kjik.v4i4.634

Published
2022-09-06
How to Cite
Yuhanda, G., & Adi Muhammad Ramadhan. (2022). Peran Public Relations PT. Astra International Daihatsu Cibeureum Bandung dalam Menangani Keluhan Pelanggan. KOMVERSAL, 3(2), 145-157. https://doi.org/10.38204/komversal.v3i2.739