Peran Public Relations PT. Astra International Daihatsu Cibeureum Bandung dalam Menangani Keluhan Pelanggan
Abstract
Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui peran public relations PT. Astra International Daihatsu Cibeureum Bandung dalam menangani keluhan pelanggan. Jurnal penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Customer Relations Officer selaku public relations PT. Astra International Daihatsu Cibeureum Bandung, Rachmawati Dian Anggraeny. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran PR sebagai penasihat ahli, PR sebagai fasilitator komunikasi dan PR sebagai pemecah masalah sudah dilakukan dengan cukup baik. Keluhan pelanggan ditangani dengan komunikasi secara tatap muka dan menggunakan media sosial, seperti google my business (GMB) dan instagram dengan respons yang cepat dan komunikatif.
Downloads
References
Arkian, M. R. N., Drajat, M. S., & Ahmadi, D. (2018). Peran Public Relations dalam Film Hancock. Inter Komunika, 3(2), 145-152. DOI: 10.33376/ik.v3i2.214
Hidayat, R. (2016). Peran Public Relations Dalam Mempengaruhi Konten Media. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 90-100. DOI: https://doi.org/10.14710/interaksi. 5.1.90-100
Nasution, I. A. (2019). Peranan Public Relations Dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Hotel Garuda Plaza. Warta Dharmawangsa, 13(3). DOI: https://doi.org/10.46576/ wdw.v0i61.441
Rondonuwu, S. (2018). Peran Public Relations Terhadap Meningkatkan Citra Perusahaan Pt. Trakindo Manado. Jurnal Administrasi Publik, 3(42). https://ejournal.unsrat. ac.id/index.php/JAP/article/viewFile/19061/18622
Ruslan, Rosady (2010). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Rusmin, A., Unde, A. A., & Sultan, M. I. (2015). Analisis Peran Public Relations (PR) Dalam Penanganan Opini Dan Sikap Komunitas Sekitar Terhadap Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Energy Sengkang Di Kabupaten Wajo. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 374-386. DOI: https://doi.org/10.31947/kjik.v4i4.634