Komunikasi Kehumasan Perguruan Tinggi melalui Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.38204/komversal.v3i1.539Keywords:
Komunikasi, Kehumasan, Media SosialAbstract
ABSTRACT
Social media is a gateway for communication in the digital era. Its affordability is borderless, cross-border, anytime, anywhere, by anyone, so that social media is quickly gaining popularity, and it has become the most popular media to use today, both personal and institutional use. Social media is now being used for corporate public relations communication, becoming the front line of corporate communication tools. The purpose of this research is to find out and explore the use of social media by universities, Polytechnic LP3I Bandung in the context of public relations communication and to know how to use and implement public relations communication. Using a qualitative research method with a case study approach, the results show that public relations communication through social media has been carried out by the LP3I Bandung Polytechnic. However, its use is not optimal due to various factors such as insufficient human resource insight. The impact, through input from the results of this study, can increase and maximize the use of social media for public relations.
Keywords: Communications, Public Relations, Social Media.
ABSTRAK
Media sosial menjadi pintu gerbang komunikasi di era digital. Keterjangkauannya bersifat borderless, lintas batas, kapanpun, dimanapun, oleh siapapun, sehingga media sosial cepat popular, dan menjadi media paling populer penggunaannya kini, baik penggunaan personal ataupun lembaga. Media sosial kini digunakan untuk kepentingan komunikasi kehumasan perusahaan, menjadi lini terdepan alat komunikasi korporat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggali penggunaan media sosial oleh perguruan tinggi, yaitu Politeknik LP3I Bandung dalam konteks komunikasi kehumasan serta mengetahui bagaimana pemanfaatan dan implementasi komunikasi kehumasan. Menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan studi kasus, hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi kehumasan melalui media sosial sudah dilakukan oleh Politeknik LP3I Bandung. Namun penggunaannya belum optimal karena berbagai faktor seperti wawasan SDM yang masih minim. Dampaknya, melalui masukkan dari hasil penelitian ini, dapat meningkatkan dan memaksimalkan penggunaan media sosial untuk kehumasan.
Kata Kunci: Komunikasi, Humas, Media Sosial.
Downloads
References
APJII. 2013. Grafik Pengguna Internet. <http://www.apjii.or.id/v2/upload/content/statistik/grafik-pengguna-nternet.jpg> Diakses tanggal 05 Oktober 2013
Breakenridge, D. K. (2012) Sociam Media and Public Relations, Eight New Practices for the PR Professional, New Jersey: Pearson Education, Inc. Publishing as FT Press Upper Saddle River,
Khoiri, A. F., & Palupi, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Kotamadya Jakarta Utara Sebagai Media Publikasi Kepada Publik Eksternal. Syntax, 1(6), 17. https://www.jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/64
Kurniasih, N., Sos, S., & Hum, M. (2013). Penggunaan media sosial bagi humas di lembaga pemerintah. In Forum Kehumasan Kota Tangerang. https://www.researchgate.net/profile/Nuning-Kurniasih/publication/308513901_Penggunaan_Media_Sosial_bagi_Humas_di_Lembaga_Pemerintah/links/57e5316c08ae978dd24d0b2e/Penggunaan-Media-Sosial-bagi-Humas-di-Lembaga-Pemerintah.pdf
Kurniawati, D., & Arifin, N. (2015). Strategi pemasaran melalui media sosial dan minat beli mahasiswa. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 1(2). https://doi.org/10.31289/simbollika.v1i2.200
Mizanie, D., & Irwansyah, I. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI KEHUMASAN DIGITAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Komunikasi, 13(2), 149-164. https://doi.org/10.21107/ilkom.v13i2.5099
Nasrullah, R. (2020) Media Sosial Perspektif Budaya, Komunikasi, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nugraha, A. R., Sjoraida, D. F., Erdinaya, L. K., & Komariah, K. (2020). Komunikasi humas pemerintahan kabupaten/kota di Jawa Barat melalui media digital Instagram. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(2), 221-239.
Ruslan, Rosady. 2010 (cet 10). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi, Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 16(2).
Siswanto, B.D.L. dan Abraham, F.J. (2016). Peran humas pemerintah sebagai fasilitator komunikasi pada Biro Humas Pemprov Kalimantan Selatan. Jurnal Penelitian Komunikasi Vol, 19(1), 55-68.
Susanto, E. H. (2017). Media sosial sebagai pendukung jaringan komunikasi politik. Jurnal Aspikom, 3(3), 379-398. http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v3i3.123
Rustandi, D. (2020) Media Sosial dan Public Relation Daring Pemerintah, dalam Takariani, Praditya, dan Nasrullah, R. dan Rustandi, D. (2016). Meme dan Islam: Simulakra Bahasa Agama di Media Sosial. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 10(1), 113-128. DOI: https://doi.org/10.15575/idajhs.v10i1.1072
Puspitasari (ed) Media, Komunikasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Salima.