Analisis Komunikasi Promosi Sherpa Indo Project
Abstract
ABSTRACT
Communication and promotion within a company has a significant position in driving the progress of the company. In the context of marketing communication, promotion is one of the strategies. This research article aims to find out how to communicate the promotion of Sherpa Indo Project, a brand development service company. The method used in this research is descriptive method with a qualitative approach. This study focuses on observations and data obtained by interviewing the owner. After conducting the research, the results showed that the promotional communication carried out by the Sherpa Indo Project had not been carried out optimally. Several things have been done by the Sherpa Indo Project by carrying out several tactics and promotional activities. However, from these activities the promotional communication tactics carried out were not in accordance with the target market. This has an impact on the company's turnover target which is not as expected. This research can have an impact on business development, especially in terms of promotional communication for similar companies or other businesses with a concrete impact from the implementation of promotional communications carried out by the company.
Keywords: Promotions, communications, Sherpa
ABSTRAK
Komunikasi dan promosi dalam suatu perusahaan memiliki posisi yang signifikan dalam mendorong kemajuan perusahaan. Dalam konteks komunikasi pemasaran, promosi menjadi salah satu strateginya. Artikel penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi promosi Sherpa Indo Project, suatu perusahaan jasa pengembangan merek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menitikberatkan observasi dan data yang diperoleh dari dengan cara wawancara terhadap pemiliki. Setelah melakukan penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi Promosi yang dilakukan oleh Sherpa Indo Project belum terlaksana dengan dengan maksimal. Beberapa hal yang telah dilakukan oleh Sherpa Indo Project dengan melakukan beberapa taktik dan kegiatan promosi. Namun dari aktivitas tersebut taktik komunikasi promosi yang dilakukan belum sesuai dengan target pasar. Hal ini berdampak terhadap target omset perusahaan yang belum sesuai harapan. Penelitian ini dapat berdampak terhadap pengembangan bisnis khususnya dari sisi komunikasi promosi perusahaan sejenis ataupun usaha lain dengan dampak yang konkret dari pelaksanaan komunikasi promosi yang dilakukan oleh perusahaan.
Kata Kunci: Promosi, komunikasi, Sherpa
Downloads
References
Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa; Cetakan Kesebelas (edisi revisi). Bandung. Alfabeta.
Elqorni, Achmad. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi IV). Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Herlambang, Susatyo.2014. Basic Marketing; Dasar–Dasar Pemasaran. Yogyakarta. Gosyen Publishing.
Isnaini, S. (2010). Implementasi komunikasi pemasaran terpadu sebagai penyampai pesan promosi usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia. Jurnal Masyarakat Kebudayaan dan Politik, 22(4), 324-332. http://www.journal.unair.ac.id/filerPDF/ 06_santi_%20Kewirausahaan%20_MKP_.pdf
Lestari, S. P. (2016). Hubungan Komunikasi Pemasaran dan Promosi dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan (Studi pada Rumah Sakit Islam Lumajang). Majalah Ilmiah Inspiratif, 2 (2). http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/INSPI/article/view/ 619/601
Mahardika, E., & GUSTI AJI, G. I. L. A. N. G. (2018). Implementasi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Promosi Pariwisata (Studi Kasus Pada Kota Wisata Batu). Commercium, 1(2). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/26051
Mingkid, E. (2015). Penggunaan media komunikasi promosi pariwisata oleh pemerintah Kota Manado. Sosiohumaniora, 17(3), 188-192. http://journal.unpad.ac.id/ sosiohumaniora/article/ download/8334/6609
Restiyanti, M. (2016). Strategi Periklanan dalam Promosi Program Bollystar Vaganza di ANTV. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(2), 132-160. https://journal. moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/viewFile/44/22.
Rohaeni, H. (2016). Peranan Promosi Melalui Personal Selling Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis, 4(2), 223-231. DOI: https://doi.org/ 10.31294/jeco.v4i2.802
Sahara, S. F., & Arief, A. M. R. (2017). Pelaksanaan Promosi Melalui Media Cetak Brosur Pada Obyek Wisata Balai Kerapatan Tinggi Kabupaten Siak, JOM FISIP Vol. 4 (2). https://www.neliti.com/publications/206268/pelaksanaan-promosi-melalui-media-cetak-brosur-pada-obyek-wisata-balai-kerapatan.
Satyanegara, D., & Hidayah, A. A. (2020). Peran Humas Dalam Pemasaran Hotel Kawasan Anyer Pasca Tsunami Selat Sunda. Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 13(1), 22-39. DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jmb.v13i1.7927
Sunyoto, Danang. 2014. Dasar – Dasar Manajemen Pemasaran; Konsep, Strategi, dan Kasus. Yogyakarta. CAPS (Center of Academic Publishing Service).
Suparyanto, RW dan Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor. In Media.
Surtikanti. 2012. Ilmu Sosial. Bandung. Graha Ilmu.
Terry, George. 2011. Manajemen Pemerintahan. Bandung. Pustaka Reka Cipta.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran (edisi III). Yogyakarta. Andi.