Analisis Komunikasi Organisasi di Kidz Station Bandung

  • Nurul Tri Wahyuni Kidz Station
Keywords: communications, organization, kidz station

Abstract

ABSTRACT

The organization as a container or collection of people who have the same goal cannot possibly be built and arrive at its goal if there is no system that unifies it into the organization. One of the systems that unites and draws a vision so that it stays on the Organizational Path is communication. This study aims to determine the Organizational Communication at Kidz Station Bandung. The research method used is a descriptive method with a qualitative approach. After conducting research, the authors found that the Organizational Communication carried out at Kidz Station Bandung was formal and structural. So that the restrictions between positions are very pronounced and it is difficult for middle to lower positions to be able to discuss more about the vision or plan that you want to make in the store so that goods are sold quickly in the store. However, the added value of this communication limitation is the absence of misunderstanding or multiple work instructions so that all work activities are carried out procedurally and dynamically. As for the impact of this research apart from being an academic study, practically it can be used as a reference in conducting organizational communication in similar companies.

Keywords: Communications, organizations, Kidz Stations

ABSTRAK

Organisasi sebagai suatu wadah atau kumpulan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama tidak mungkin terbangun dan sampai pada tujuannya jika tidak ada system yang menyatukan ke dalam organisasi tersebut. Salah satu system yang menyatukan dan menarik visi sehingga tetap berada pada Haluan organisasi adalah komunikasi. Penelitian yang ini bertujuan untuk mengetahui Komunikasi Organisasi di Kidz Station Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Setelah melakukan penelitian, penulis menemukan hasil bahwa Komunikasi Organisasi yang dilakukan di Kidz Station Bandung bersifat formal dan struktural. Sehingga pembatasan antar jabatan sangat terasa dan sulit bagi jabatan menengah ke bawah untuk dapat berdiskusi lebih tentang visi atau rencana yang ingin dibuat dalam toko agar barang-barang terjual cepat di toko. Namun nilai lebih dari pembatasan komunikasi ini adalah tidak adanya kesalahpahaman atau multi intruksi kerja sehingga segala kegiatan kerja dilakukan secara prosedural dan dinamis. Adapun dampak dari penelitian ini selain sebagai kajian akademik, secara praktis dapat dijadikan rujukan dalam melakukan komunikasi organisasi di perusahaan sejenis.

Kata Kunci: Komunikasi, Organisasi, Kidz Station

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggriawan, F. (2017). Gaya Komunikasi Pimpinan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Area Pelayanan di Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(4), 260-274. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/ 2017/11/ Jurnal%20Fanny%20%20(11-15-17-05-37-46).pdf

Arni, M. (2007) Komunikasi Organisasi. Edisi 1. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Azam, M., & Syueb, S. (2017). Pola Komunikasi dalam IPNU Kota Surabaya 2014-2016 dalam Membangun Jaringan. Jurnal Komunikasi Profesional, 1(2). https://ejournal.unitomo.ac.id/index. php/ jkp/article/viewFile/504/324

Cahyanto, B. D. P., & Utama, I. W. M. (2016). Pengaruh Komunikasi Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pada PT. Cakra Tranports Utama Jimbaran, Bali. E-Jurnal Manajemen, 5(5). https://ocs.unud.ac.id/index.php/ Manajemen/article/view/19318

Mahmud, D., & Swarnawati, A. (2020). Pola Jaringan Komunikasi Organisasi Pada Havara Organizer PT. Havara Ruhama Ramadhani Di Tangerang Selatan. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, 4(1), 50-60. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/perspektif/article/view/ 6870

Masmuh, A. 2010. Komunikasi Organisasi dalam Perspektif Teori dan Praktek. Edisi 1. Malang. UMM Press.

Melia, M., & Tamburian, H. D. (2019). Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Koneksi, 2(2), 441-448, 10.24912/kn. v2i2.3921.

Pace and Faules, (2013) Komunikasi Organisasi Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Edisi 1. Penerjemah Deddy Mulyana, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Rahmansari, R. (2018). Penggunaan aplikasi whatsapp dalam komunikasi organisasi pegawai dinas lingkungan hidup dan kebersihan Sidoarjo. Jurnal ilmiah manajemen publik dan kebijakan sosial, 1(2), 77-90. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/ negara/article/view/788/435

Romli, K. (2011) Komunikasi Organisasi Lengkap. Edisi 1. Jakarta: Grasindo.

Sanjaya, A., & Alunaza, H. (2017). Pemeliharaan hubungan dan komunikasi organisasi via media siber, Jurnal Ilmu Komunikasi, 14 (2) 239-258. https://ojs.uajy.ac.id/ index.php/jik/article/view/886/1077

Sobur, A. (2014) Ensiklopedia Komunikasi J-O. Edisi 1, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sunyoto, D. (2015) Strategi Pemaran. Edisi 1, Yogyakarta: CAPS.

Supratman, L. P. (2018). Pola Komunikasi Organisasi Kepemimpinan Strategis di PT Telkomsel. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(1), 31-41. http://jurnal.upnyk.ac.id/ index.php/komunikasi/article/download/ 2680/2245

Sutarno (2012) Serba-Serbi Manajamen Bisnis. Edisi 1. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Utami, C.W. (2017) Manajemen Ritel. Edisi 3, Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Published
2020-09-18
How to Cite
Tri Wahyuni, N. (2020). Analisis Komunikasi Organisasi di Kidz Station Bandung. Komversal : Jurnal Komunikasi Universal, 2(2), 149-167. Retrieved from https://jurnal.plb.ac.id/index.php/komversal/article/view/503