Implementasi Promosi PT. Tempo Scan Pacific di Supermarket Bandung

Authors

  • Dian Ruhdiana Tempo Pasific

DOI:

https://doi.org/10.38204/komversal.v2i2.502

Keywords:

communications, promotions, tempo

Abstract

ABSTRACT

This study aims to determine (1) How is the implementation of promotions carried out by PT. Tempo Scan Purwokerto in supermarkets, along with obstacles and solutions to overcome barriers in promotion. The research method used a survey method using a Likert scale with respondents as many as 50 consumers. The data were then collected and processed using the SPSS application using descriptive analysis method. The results of this study indicate that: (1) It is necessary to increase the product knowledge of SPG. (2) Program information made by PT. Tempo Scan needs to be disseminated massively so that consumers will know thoroughly. (3) There needs to be a new and more interesting decoration related to the booth of PT. Tempo Scan in supermarkets in order to increase consumer interest in visiting booths and trying products, besides that SPG needs to offer a comprehensive product coverage so that consumers can try the products offered by SPG.

 

Keywords: Komunikasi, promosi, Tempo Scan

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan promosi yang dilakukan oleh PT. Tempo Scan Purwokerto di supermarket, beserta dengan hambatan dan solusi untuk mengatasi hambatan dalam promosi. Metode penelitian menggunakan metode survei menggunakan skala likert dengan responden sebanyak 50 orang konsumen. Data selanjutnya dikumpulkan dan diolah menggunakan aplikasi SPSS menggunakan metode analisis desktiptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Perlu peningkatan produk knowledge SPG. (2) Informasi program yang dibuat oleh PT. Tempo Scan perlu disebarluaskan secara masif agar konsumen mengetahui secara menyeluruh. (3) Perlu adanya dekorasi baru dan lebih menarik lagi terkait booth dari PT. Tempo Scan di supermarket agar dapat meningkatkan minat konsumen untuk mengunjungi booth dan mencoba produk, selain itu SPG perlu menawarkan produk secara menyeluruh cakupannya agar konsumen dapat mencoba produk yang ditawarkan oleh SPG.

Kata Kunci: komunikasi, promosi, tempo scan

Downloads

References

Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi pemasaran terpadu: implementasi untuk UMKM. Neo-Bis, 8(2), 179-189. https://journal.trunojoyo.ac.id/neo-bis/article/ view/472

Destari, N., Widjasena, B., & Wahyuni, I. (2017). Analisis Implementasi Promosi K3 Dalam Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja Di PT X (Proyek Pembangunan Gedung Y Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 5(1), 397-404.

Fitri, R., Siswanto, S. H., & Aprianti, D. (2015). Perancangan Dan Implementasi Media Promosi Berbasis Web Pada Plasma Media. Phasti: Jurnal Teknik Informatika Politeknik Hasnur, 1(01), 1-5.

Gurmilang, A. (2015). Komunikasi pemasaran sebagai metode promosi untuk Usaha Kecil Menengah. Widyakala: Journal of Pembangunan Jaya University, 2(1), 126-140. http://www.ojs.upj.ac.id/index.php/journal_widya/article/view/16/18

Isnaini, S. (2010). Implementasi komunikasi pemasaran terpadu sebagai penyampai pesan promosi usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia. Jurnal Masyarakat Kebudayaan dan Politik, 22(4), 324-332.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Maholtra, N. K. (2015). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan Jilid 1. Jakarta: PT. Index.

Prisgunanto, I. (2018). Implementasi Promosi Bauran Komunikasi Pemasaran Kartu Kredit di Indonesia (Studi Deskriptif Bank Mandiri, HSBC, Citibank, BCA dan BNI). Commed: Jurnal Komunikasi dan Media, 2(2), 106-124.

Suhartanto, D. (2014). Metode Riset Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Suhartanto. (2014). Perilaku Konsumen. Bandung: Guardaya Intimarta.

Downloads

Published

2020-09-25

How to Cite

Ruhdiana, D. (2020). Implementasi Promosi PT. Tempo Scan Pacific di Supermarket Bandung. KOMVERSAL, 2(2), 168–186. https://doi.org/10.38204/komversal.v2i2.502