Komunikasi Vertikal Customer Relationship Officer PT. Akur Pratama Bandung

  • Risma Politeknik LP3I Bandung
  • Adi Muhammad Ramadhan
Keywords: communications, vertical, customer relationship officer

Abstract

ABSTRACT

Vertical communication or downward communication is a form of communication carried out by superiors to subordinates in organizations that have an instruction line based on their organizational structure. This study aims to determine: How to communicate implemented by superiors to subordinates along with the obstacles and solutions if an anomaly occurs in the ideal of vertical communication. The research method uses qualitative with a case study approach. The results showed that the implementation of vertical communication by paying attention to indicators, namely; openness, trust in writing, excessive messages, timing, and filtering of information relating to superiors and subordinates. The conclusion shows that the communication carried out by superiors is going quite well with the indicators mentioned are quite good. The impact of this research is expected to be a practical input in the phenomenon of organizational communication in companies, especially the companies under study or generally other companies.

Keywords: communication, vertical, Akur Pratama

ABSTRAK

Komunikasi vertikal atau downward communication adalah suatu bentuk komunikasi yang dilakukan oleh atasan kepada bawahan dalam organisasi yang memiliki jalur instruksi berdasarkan struktur organisasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Cara berkomunikasi yang diimplementasikan oleh atasan kepada bawahan beserta hambatan dan solusinya jika terjadi anomaly dalam idealitas komunikasi vertical tersebut. Adapun metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan komuniaksi vertical yaitu dengan memperhatikan indikator yaitu; keterbukaan, kepercayaan pada tulisan, pesan yang berlebihan, timing, dan penyaringan informasi yang berkaitan dengan atasan dan bawahan. Simpulan menunjukkan bahwa komunikasi yang dilakukan oleh atasan berjalan cukup baik dengan indicator yang disebutkan sudah cukup baik. Dampak penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan praktis dalam fenomena komunikasi organisasi di perusahaan, khususnya perusahaan yang diteliti ataupun umumnya perusahaan lain.

Kata Kunci: komunikasi, vertikal, cso

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. Z. (2015) Manajemen Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Adisasmita, R. (2011) Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ellitan, L., & Anatan, L. (2006). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Customer Relationship Management: Sebuah Usulan Kerangka Kerja Konseptual. In Seminar Nasional Sistem dan Informatika. https://bit.ly/3vh5722

Hasrita. 2019. Humanoid Communication Transformasi Komunikasi Interpersonal dan Komunikasi Bisnis Pada Era Revolusi Industri 4.0. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Irawan, D., & Venus, A. (2016). Pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap kinerja pegawai kantor keluarga berencana Jakarta Barat. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(2), 122-132.

Lumbantobing, V. M. (2015). Peranan Komunikasi Customer Service Terhadap Kepuasan Pelanggan Lintas Semesta Surabaya, dalam Jurnal Komunikasi, 9(1), 13-20.

Muhammad, A (2017). Komunikasi Organisasi, Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyana, D. (2010) Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ningsih, A.R., dan Suharso. (2014) Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Lux, Semarang: Widya Karya.

Pangumpia, F. (2013). Pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap produktivitas kerja karyawan di bank prisma dana Manado, dalam Acta Diurna Komunikasi, 2(2).

Prabawa, A. (2011). Customer Relationship Management Sebagai Strategi Membangun Loyalitas, dalam Jurnal Ekonomika Universitas Wijayakusuma Purwokerto, 14(1), 23132. https://media.neliti.com/media/publications/23132-ID-customer-relationship-management-sebagai-strategi-membangun-loyalitas.pdf

Rohim, S. (2009) Komunikasi Organisasi: Perspektif, Ragam & Aplikasi, Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Rosmawaty, H.P. (2010) Mengenal Ilmu Komunikasi., Bandung: Widya Padjadjaran.

Rudy, T. M. (2005) Komunikasi & Hubungan Masyarakat Internasional. Bandung. Refika Aditama.

Ruliana, P. (2014) Komunikasi Organisasi: Teori & Studi Kasus, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Suparna, P., Rachmawati, T. S., & Winoto, Y. (2013). Keterbukaan Komunikasi dalam Menciptakan Iklim Komunikasi yang Kondusif di Perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 1(2), 157-164.

Suryanita, Z. Z. (2015). Strategi Komunikasi Costumer Relationship Management PT. Media Fajar Koran dalam Membangun Relasi dengan Publik (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Zuhdi, U. F. (2011) Komunikasi Bisnis, Yogyakarta: Wahana Totalita Publisher.

Published
2020-09-14