Strategi Komunikasi The Gade Coffee & Gold Sebagai Identitas Jenama Pt Pegadaian
Keywords:
Brand Identity, Communication Strategy, The Gade Coffee & Gold, PT Pegadaian, Youth GenerationAbstract
The Gade Coffee & Gold merupakan inovasi dari PT Pegadaian yang menggabungkan konsep kafe dengan edukasi keuangan sebagai strategi membangun identitas jenama yang lebih dekat dengan masyarakat, khususnya generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran The Gade Coffee & Gold sebagai identitas jenama PT Pegadaian. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi langsung di outlet The Gade Coffee & Gold Sarinah, serta analisis konten akun Instagram @thegade.coffeegold pada periode 1 Januari hingga 31 Mei 2025. Analisis menggunakan teori Brand Identity dari David A. Aaker yang mencakup empat dimensi, yaitu Brand as Product, Brand as Organization, Brand as Person, dan Brand as Symbol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identitas jenama dibangun secara konsisten melalui pengalaman offline di outlet dengan pemanfaatan materi promosi visual dan peran barista sebagai komunikator jenama serta online melalui Instagram yang menyajikan konten gaya hidup, edukasi keuangan, serta promosi. Namun, interaksi dua arah dengan audiens di Instagram terlihat masih belum optimal. Hal ini menunjukkan perlunya peningkatan dalam membangun komunikasi yang lebih interaktif dengan audiens.
Kata kunci: identitas jenama, strategi komunikasi, The Gade Coffee & Gold, PT Pegadaian, generasi muda.
Downloads
References
Aaker, D. A. (1996). Building Strong Brands. New York: The Free Press.
Febriana, N., dkk. (2024). Van Leening: When History Begin. Jakarta: Media Indonesia Publishing.
Hattu, N. F., Sujoko, A., & Oktaviani, F. H. (2024). Place and Ambience Roemah Kantja sebagai Strategi Komunikasi dalam Membangun Brand Identity Kafe Berkonsep Industrial Floral. Syntax Literate. (9)4. http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i4
Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
PT Pesonna Indonesia Jaya. (n.d.). The Gade Coffee and Gold. Diakses 17 Juni 2025, dari https://www.pesonna.co.id/berita/layanan/the-gade-coffee-and-gold
Ronaldo, C., & Putra, W. P. S. J. (2022). Analisis Brand Identity di Jejaring Sosial Instagram (Studi Kasus Kopi Lain Hati PIK). Kiwari, 1(2), 244. https://doi.org/10.24912/ki.v1i2.15482
Smith, P. R., & Zook, Z. (2011). Marketing Communications: Integrating Offline and Online with Social Media (5th ed.). London: Kogan Page.
Sudarmanti, R., Purbaningrum, D., & Chusjairi, J. A. (2024). Memaksimalkan Pesan Promosi Melalui Sosial Media di Kalangan Organisasi Komunitas Perempuan Tangguh Nasional (Kompeten). Abdimas Galuh, 6(1), 636–650.
Sungkono, N., Hamzah, R. E., Lumban Toruan, R. R. M., & Tryarno, A. N. A. (2022). Branding Kopi Tuli Dalam Membangun Brand Identity. Dialektika Komunika: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah, 10(2).