Analisis Motivasi Pembelian Produk Skincare Melalui Fitur Tiktok Shop
Studi Pada Gen Z Pengguna Glad2glow Di Desa Bojong Nangka
Keywords:
Gen Z, Skincare, Tiktok Shop, Purchase MotivationAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi Gen Z di Desa Bojong Nangka dalam membeli produk Glad2Glow melalui fitur TikTok Shop. Penelitian ini menggunakan Teori Hirarki Kebutuhan Maslow sebagai kerangka konseptual, yang mengkategorikan lima kebutuhan individu. Serta, model AIDA untuk memahami proses pengambilan keputusan pembelian. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam terhadap lima narasumber yang mewakili karakteristik Gen Z. Data yang diperoleh kemudian dianalisis, yang memungkinkan peneliti untuk mengidentifikasi pola-pola dan tema yang muncul dari respons narasumber. Hasil analisis menunjukkan skincare sebagai kebutuhan penting untuk meningkatkan penampilan dan rasa percaya diri, serta sebagai investasi jangka panjang. Penggunaan skincare memberikan rasa aman dan pengakuan sosial melalui penampilan yang terawat, didukung oleh umpan balik positif di media sosial. Proses pembelian mengikuti model AIDA, dengan konten menarik dan testimoni yang meningkatkan kepercayaan. Kemandirian finansial mendorong mereka untuk berbelanja, menciptakan hubungan kuat antara perawatan diri dan interaksi sosial.bahwa skincare dianggap sebagai kebutuhan dasar yang mendukung kesehatan kulit, meningkatkan rasa percaya diri, dan memberikan kenyamanan dalam interaksi sosial. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pemasar untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan relevan untuk segmen Gen Z, dengan mempertimbangkan karakteristik dan kebiasaan belanja mereka.
Kata Kunci : Gen Z, Skincare, TikTok Shop, Motivasi Pembelian
ABSTRACT
This study aims to analyze the motivation of Gen Z in Bojong Nangka Village in buying Glad2Glow products through the TikTok Shop feature. This research uses Maslow's Hierarchy of Needs Theory as a conceptual framework, which categorizes five individual needs. As well as, the AIDA model to understand the purchasing decision-making process. The method in this research is qualitative, with data collection techniques in the form of in-depth interviews with five interviewees who represent the characteristics of Gen Z. The data obtained is then analyzed, which allows for an understanding of the purchase decision-making process. The data obtained was then analyzed, which allowed the researcher to identify patterns and themes that emerged from the interviewees' responses. The results of the analysis show skincare as an important need to improve appearance and self-confidence, as well as a long-term investment. Skincare use provides a sense of security and social recognition through a well-groomed appearance, supported by positive feedback on social media. The buying process follows the AIDA model, with engaging content and testimonials increasing trust. Financial independence drives them to shop, creating a strong link between self-care and social interaction.that skincare is perceived as a basic necessity that supports skin health, boosts self-confidence, and provides comfort in social interactions. These findings provide valuable insights for marketers to design more effective and relevant marketing strategies for the Gen Z segment, by considering their characteristics and shopping habits.
Keywords: Gen Z, Skincare, Tiktok Shop, Purchase Motivation
Downloads
References
Solomon, M. R. (2023). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being. Pearson.
Surianto. (2021). Sinergitas Motivasi, Kompetensi, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sebuah Instansi. Surabaya: Global Aksara Pres.
Effendy, O. U. (2013). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. In O. U. Effendy, Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi (p. 304). Bandung: Citra Aditya Bakti.
Arum Faiza, Sabila J Firda, dkk. 2018. Arus Metamorfosa Milenial. Kendal: Penerbit Ernest
Hutami, Vidya Putri (2019). Motivasi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Melalui Situs Online E-Commerce Sociolla. Universitas Bakrie.
Dhanny, Ayu Ika (2018). Analisis Motivasi Penggemar Korean Pop Dalam Membeli Replika Pakaian Dan Aksesoris Di Online Shop Instagram (Studi Analisis Pada Pembeli Di Akun Instagram @Milky_Kshop). Universitas Lampung.
Afifah, N., & Hidayah, N. (2023). Pengaruh Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare di TikTok. Jurnal Manajemen dan Pemasaran, 11(1), 45-58.
Arum, L. S., Zahrani, A., & Duha, N. A. (2023). Karakteristik Generasi Z dan Kesiapannya dalam Menghadapi Bonus Demografi 2030. Accounting Student Research Journal, 2(1).
Khasanah, Uswatun., Junarti., Ifa Khoiria Ningrum (2021) Analisis Motivasi Mahasiswa Dalam Belanja Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro).
Santoso, A., & Wati, N. (2023). Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Skincare Melalui Influencer di TikTok. Jurnal Sosiologi dan Antropologi, 15(1), 55-70.
Bhakti, C.P & Safitri, N.E. (2017). Peran Bimbingan Konseling Untuk Menghadapi Gen Z Dalam Prespektif Bimbingan dan Konseling. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univeristas Ahmad Dahlan.
Compas.co.id. (2024). Compas Data Market Insight: Kategori Beauty & Care di Ecommerce TikTok Februari 2024. Diakses dari https://compas.co.id/article/top-market-share-kategori-beauty-care-2024/
FastMoss. (2024). FastMoss TikTok Analytic: Data Penjualan Produk di Kategori Perawatan dan Kecantikan. Diakses dari https://www.fastmoss.com
GuangZhou DAAI Cosmetics Manufacture Co., Ltd. (2022). Tentang Kami. Diakses dari https://www.daai.com.cn
Glad2Glow. (2024). Produk Kami: Skincare dan Manfaatnya. Diakses dari
https://www.glad2glow.com/produk
GoodStats. (2023). Sensus BPS: Saat Ini Indonesia Didominasi Oleh Gen Z. https://data.goodstats.id/statistic/sensus-bps-saat-ini-indonesia-didominasi-oleh-gen-z-n9kqv
KataData.co.id. (2023). Riset: TikTok Shop Populer di Gen Z dan Ibu Muda. Di akses dari https://katadata.co.id/digital/e-commerce/65816933d36c2/riset-tiktok-shop-populer-di-gen-z-dan-ibu-muda
BMKG. (2025). Prakiraan Cuaca Kecamatan Gunung Putri, Desa Bojong Nangka. Diakses dari https://www.bmkg.go.id/cuaca/prakiraan-cuaca/