Pengaruh Penggunaan Instagram terhadap Partisipasi Politik Generasi Muda pada Pilkada 2024 di Kabupaten Karawang
DOI:
https://doi.org/10.38204/komversal.v7i2.2335Keywords:
Instagram, New Voters, Political Participation, Regional Elections, Uses and EffectAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial Instagram terhadap partisipasi pemilih pemula pada Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Karawang. Pendekatan penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 responden pemilih pemula. Variabel independen dalam penelitian ini adalah penggunaan Instagram yang diukur melalui tiga indikator: intensitas penggunaan, isi konten yang diakses, dan hubungan interaktif. Sementara variabel dependen adalah partisipasi pemilih pemula yang diukur berdasarkan aktivitas elektoral. Teori utama yang digunakan adalah Uses and Effect, yang menitikberatkan pada dampak penggunaan media terhadap perilaku khalayak. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebagian besar pemilih pemula menggunakan Instagram sebagai sumber informasi politik dan sarana interaksi politik. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa ketiga indikator penggunaan Instagram berpengaruh positif terhadap peningkatan partisipasi pemilih pemula. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Instagram merupakan media yang efektif dalam membentuk kesadaran dan keterlibatan politik generasi muda dalam kontestasi demokrasi lokal.
Kata Kunci: Instagram, Pemilih Pemula, Partisipasi Politik, Pilkada, Uses and Effect
Downloads
References
Aisya, A., Priana, A., Ardiningrum, S., & Safitri, D. (2019). The Use of Instagram on Political Participation of Communication Students in Universitas Negeri Jakarta. Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora, 2(1), 28-35.
Andriyendi, D. O., Nurman, S., & Dewi, S. F. (2023). Media sosial dan pengaruhnya terhadap partisipasi politik pemilih pemula pada Pilkada. Journal of Education, Cultural and Politics, 3(1), 101-111. Putra, T.
Anggraini, D., Ariesta, A. W., & Wuryanta, A. E. W. (2022). Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Partisipasi Politik Pemilih Pemula Pemilihan Umum Presiden Ri 2019. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 1-12.
Arianto, B. (2021). Dampak Media Sosial Bagi Perubahan Perilaku Generasi Muda di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Social Politics and Governance (JSPG), 3(2), 118-132.
Arumsari, N., Septina, W. E., & Saputro, I. H. (2020). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 5(1), 12-16.
Cikwan Suwandi (2024). Partisipasi Pemilih pada Pemilu 2024 di Karawang Capai 82 Persen, Lebihi Target Nasional. (https://jabar.tribunnews.com/2024/04/01/partisipasi-pemilih-pada-pemilu-2024-di-karawang-capai-82-persen-lebihi-target-nasional)
Dharta, F. Y. (2024). Pengaruh Dukungan Selebriti dalam Komunikasi Politik Terhadap Sikap Pemilih pada Pemilihan Presiden 2024. Jurnal Komunikasi Profesional, 8(1), 115-127.
Hapsari, D. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat rohimdi Era Digital. Jurnal Komunikasi dan Pembangunan, 12(1), 1-15.
Hendrawan, A. (2020). "Efisiensi Biaya dalam Pelaksanaan Pilkada Serentak." Jurnal Administrasi Publik, 15(1), 75-90.
Indrawan, J., Barzah, R. E., & Simanihuruk, H. (2023). Instagram sebagai media komunikasi politik bagi generasi milenial. Ekspresi dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 170-179.
Iqbal Maulana (2024). Pemilih Milenial Dominasi DPT Pilkada Karawang 2024. (https://karawang.inews.id/read/501556/pemilih-milenial-dominasi-dpt-pilkada-karawang-2024) diakses pada tanggal 11-10-2024
Javaid, M. (2020). Framing psychological factors effect on knowledge sharing behaviour: moderating role of islamic work ethics (Doctoral dissertation, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia).
Kusnadi, H. (2019). Informasi Palsu di Media Sosial: Analisis Pengaruhnya terhadap Kesadaran Politik Masyarakat. Jurnal Komunikasi dan Pembangunan, 12(2), 123-136.
Niko Julio (2024). Data Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia 2024 (https://upgraded.id/data-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia)
Nuryanti, N., & Istiyanto, S. B. (2022). Komunikasi Pemasaran dalam Mempromosikan Aplikasi Nujek. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 6(2), 249-259.
Prabowo, H. (2019). Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Pemilih Pemula. Jurnal Politik dan Komunikasi, 5(1), 25-40.
Putri, R. S. (2020). Instagram dan Politik: Analisis Penggunaan Instagram oleh Politikus dalam Kampanye Pemilihan Umum. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1), 23-38.
R., & Nurcholis, A. (2021). Pengaruh media sosial terhadap partisipasi pemilih pemula pada pemilihan presiden 2019: studi pada mahasiswa FISIPOL UGM. Jurnal PolGov, 2(1), 193-222.
Rozi, F. F., Normansyah, A. D., & Sjam, D. A. (2024). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP LITERASI POLITIK PADA PEMILIH PEMULA PADA GENERASI Z. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 5(1), 91-100.
Sihombing, R. (2019). "Pilkada Serentak: Peluang dan Tantangan dalam Sistem Pemilihan di Indonesia." Jurnal Ilmu Politik, 12(2), 45-60.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tosepu, Y. A. (2018). Media baru dalam komunikasi politik (komunikasi politik i dunia virtual). Jakad Media Publishing.
Wahyu, S. (2020). "Tantangan dalam Pelaksanaan Pilkada Serentak di Indonesia." Jurnal Kebijakan Publik, 7(4), 30-50.
Wijaya, A. (2019). Media Sosial dan Partisipasi Politik: Analisis Penggunaan Instagram dalam Kampanye Pemilihan Umum. Jurnal Komunikasi dan Pembangunan, 13(1), 1-15.