Strategi Humas Diskominfo Kabupaten Bogor dalam Pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik
DOI:
https://doi.org/10.38204/komversal.v7i2.2305Keywords:
Humas Pemerintah, Strategi Komunikasi, Keterbukaan Informasi PublikAbstract
Pengelolaan keterbukaan informasi publik merupakan aspek penting dalam mendorong transparansi dan akuntabilitas pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Divisi Humas Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor dalam mengelola keterbukaan informasi publik, menganalisis strategi yang diterapkan oleh humas dalam pengelolaan keterbukaan informasi publik, serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh humas dalam pengelolaan keterbukaan informasi publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menujukkan bahwa Divisi Humas berperan sentral sebagai penghubung antara pemerintah dan masyarakat dalam menyampaikan informasi secara proaktif dan membangun kepercayaan publik terhadap kinerja pemerintah. Strategi komunikasi humas yang diterapkan oleh humas mencakup analisis agenda setting, pemilihan media yang sesuai dengan segmentasi audiens, serta evaluasi efektivitas pesan. Namun, humas menghadapi tantangan utama dalam bentuk kesenjangan informasi, terutama di wilayah pedesaan, serta keterbatasan sumber daya.
Downloads
References
Ayudia, A. P., & Wulandari, S. S. 2021. Strategi Komunikasi Humas Dalam Meningkatkan Citra Pemerintah Kota Probolinggo. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(2), 249-268.
Elyus, D. S., & Sholeh, M. 2021. Strategi humas dalam meningkatkan citra sekolah di era pandemi covid 19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(2), 281-289.
Fandita, A. L., & Darmastuti, R. 2023. Strategi komunikasi dinas komunikasi dan informatika kota Salatiga dalam mensosialisasikan program “Matur Mas Yuli”. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 9(2), 161-178.
Febriyani, A. R., & Kaloka, R. A. 2022. Strategi Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang dalam Menangkal Hoaks. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 8(1), 33-45.
Ida, W. 2024. Implementasi Manajemen Strategi dalam Program Tahfidz Al Qur’an Pada Mtsn 2 Bandar Lampung. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Mauliqa, R. 2021. Peran Humas Pemerintah Sebagai Sarana Komunikasi Publik (Studi pada Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kota Bogor). UG Journal, 14(7). 9-17
Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian penelitian pendekatan kualitatif. Metode Penelitian Sosial, 33.
Pratiwi, D. A. 2024. Pengelolaan Informasi Publik dalam Peningkatan Pelayanan kepada Masyarakat di Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Kota Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi).
Rania, R., & Diniati, A. 2023. Analisis Strategi Humas Diskominfo Kota Bogor Dalam Mengelola Media Sosial Instagram @Kominfobogor. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 6(1), 291-302.
Silviani, I. 2020. Public relations sebagai solusi Komunikasi Krisis. Surabaya: Scopindo Media Pustaka
Shabrina, G., Kusumaningrum, R., & Santoso, M. P. T. 2024. Strategi Komunikasi Humas Dinas Komunikasi dan Informatika dalam Mensosialisasikan Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Pemerintah Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(2), 384-389
Sari, Y., Setiawan, A., Marina, B. F., & Muktamar, A. 2024. Analisis Sinergis Antara Perencanaan Manajemen Strategik dan Kepuasan Kerja dalam Mengoptimalkan Kinerja Organisasi. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (JUMAWA), 1(3), 149-164.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thompson, A.A. et al. 2020. Crafting & Executing Strategy the Quest for Competitive Advantage: Concept and Case. 22th Edition. New York: Mc Graw Hill, Inc.