Efektivitas Akun Instagram @Halomadiun Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Seputar Madiun

Authors

  • Emilia Cahya Universitas Merdeka Madiun
  • Nunik Hariyani Universitas Merdeka Madiun
  • Veny Ari Sejati Universitas Merdeka Madiun

Keywords:

Instagram, @halomadiun, Kebutuhan Informasi, Masyarakat, Korelasi

Abstract

Internet telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat, termasuk dalam memperoleh informasi melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mrngukur efektivitas akun Instagram @halomadiun dalam memenuhi kebutuhan informasi seputar Madiun. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data yaitu metode kuantitatif dengan teknik analisis hubungan (asosiatif). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Penelitian ini mengukur efektivitas berdasarkan enam indikator: penerima, isi pesan, media komunikasi, format pesan, sumber pesan, dan ketepatan waktu. Hasil yang didapatkan yaitu dari hasil olah data uji korelasi dengan hasil nilai koefisien korelasi (r) 0,582. Dengan demikian akun Instagram @halomadiun efektif dalam memenuhi kebutuhan informasi seputar Madiun dengan memiliki keefektifan sebesar 33,8%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armavillia, K. E. (2023, July 10). 10 Negara Dengan Pengguna Instagram Terbanyak 2023. https://data.goodstats.id/statistic/10-negara-dengan-pengguna-instagram-terbanyak-2023-URmtS

Effendy, O. (2000). Lmu Teori dan Filsafat Komunikasi. PT. Rosdakarya.

Isweda, B. A. (2024, Oktober). Media Sosial Jadi Media Informasi Utama Masyarakat Indonesia. https://goodstats.id/article/media-sosial-menjadi-media-informasi-utama-masyarakat-indonesia-Yevme

Karyoko, D. (2024, Oktober). Peluang Pemerataan Akses Internet di Indonesia Tahun 2024. https://data.goodstats.id/statistic/peluang-pemerataan-akses-internet-di-indonesia-tahun-2024-YrQCt

Katz, E., Blumler, . G, & Gurevitch, J. (1974). Utilization of Mass Communication by the Individual. Sage Publications.

Kirana, L. I. (2024, November 8). Simak Perkembangan Pengguna Internet Dunia Selama 10 Tahun Terakhir. https://goodstats.id/article/simak-perkembangan-pengguna-internet-dunia-selama-10-tahun-terakhir-GcIqd

Kriyantono, R. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran (1st ed.). Kencana Prenada Media Group.

Sofian, & Elly, Y. (2022). “Pengaruh Penggunaan Instagram @Kemenparekraf.ri terhadap Tingkat Pemahaman Isi Pesan dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi di Masa Pandemi Covid 19". Jurnal Komunikasi Dan Media, 2, no. 2,.

Tauhid, Z. A. (2023). Efektivitas Akun Instagram @Aslisuroboyo Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Wisata Kuliner Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Digital Library UIN Sunan Ampel Surabaya.

Downloads

Published

2025-09-02

How to Cite

Emilia Cahya, Nunik Hariyani, & Veny Ari Sejati. (2025). Efektivitas Akun Instagram @Halomadiun Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Seputar Madiun. KOMVERSAL, 7(2), 343–355. Retrieved from https://jurnal.plb.ac.id/index.php/komversal/article/view/2262