Motif “Sedekah Online” Generasi-Z di TikTok

(Studi Kasus Motif Generasi-Z pada aktivitas Virtual Gift di Live Streaming Akun TikTok @threeshester)

  • Anti Restiani Febrianti Universitas Bhakti Kencana
  • Mufti Fauzi Rahman Universitas Bhakti Kencana
  • Ira Hasianna Rambe Universitas Bhakti Kencana
Keywords: Gen-Z, Tiktok Live Streaming, virtual gift, Digital Interaction, Audience Engagement

Abstract

Pesatnya perkembangan platform live streaming telah menciptakan pola interaksi digital baru, terutama di kalangan generasi Z. Salah satu fenomena yang berkembang adalah “sedekah online” melalui virtual gift pada siaran langsung TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji motif generasi Z di Kota Bandung dalam memberikan virtual gift kepada akun TikTok @threeshester. Dengan metode kualitatif studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif utama dalam pemberian virtual gift meliputi hiburan, ekspresi identitas pribadi, interaksi sosial, dan apresiasi terhadap kreator. Pemberian virtual gift bukan sekadar kontribusi finansial, tetapi juga partisipasi aktif yang memperkuat keterlibatan audiens, memberikan pengakuan sosial, serta meningkatkan pengalaman menonton. Selain itu, sifat interaktif TikTok live mendorong keterlibatan audiens melalui interaksi langsung dengan kreator, menciptakan rasa komunitas dan koneksi emosional. Studi ini menyimpulkan bahwa fenomena virtual gifting mencerminkan budaya digital generasi Z yang semakin interaktif dan berbasis komunitas. Implikasinya, kreator konten disarankan untuk menjaga strategi interaksi yang inovatif, sementara pengguna perlu lebih bijak dalam pengeluaran finansial. Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi dampak jangka panjang dari fenomena ini terhadap pola konsumsi digital serta implikasi ekonominya bagi kreator konten.

Kata Kunci: Generasi Z, TikTok live streaming, virtual gift, interaksi digital, keterlibatan audiens

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifudin, & Saebani, B. A. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Pustaka Setia.

Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221–236. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.76

Baran, S. J., & Davis, D. K. (2018). Teori Komunikasi Massa Edisi 5. Salemba Humanika.

Budhianto, Z. H. (2023). Anak-Anak Gen Z: Ciri, Kelebihan, Kekurangan, Cara Mendidiknya. https://www.educastudio.com/news/anak-anak-gen-z-ciri-kelebihan-kekurangan-cara-mendidiknya

Butsi, F. I. (2019). MEMAHAMI PENDEKATAN POSITIVIS, KONSTRUKTIVIS DAN KRITIS DALAM METODE PENELITIAN KOMUNIKASI. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 2(1).

Endit, N. P. I. (2023). 12 Fitur Tiktok untuk Bikin Konten Bisnis yang Menarik. https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/12-fitur-tiktok-untuk-bikin-konten-bisnis-yang-menarik

Firdausi, T. I., & Putri, K. Y. S. (2021). MOTIF DAN KEPUASAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNJ ANGKATAN 2019 DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Jurnal Common, 5(1), 67–76. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/view/4033

Garjito, D., & Wulan, D. A. N. (2023). NPC Streamer di TikTok Tak Lebih dari Ngemis Versi Elit. https://www.suara.com/lifestyle/2023/10/10/192015/npc-streamer-di-tiktok-tak-lebih-dari-ngemis-versi-elit

Ghani, Z. B. R. (2024). Cara Live di TikTok dan Tips Penting Tarik Banyak Viewers. https://www.tokopedia.com/blog/cara-live-di-tiktok-tek/

Gulo, W. (2010). Metodologi Penelitian. PT Grasindo.

Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Mencegah Covid-19. Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70–80. https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1278

Junawan, H., & Laugu, N. (2020). Eksistensi Media Sosial,Youtube, Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Baitul ’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 41–57. https://doi.org/10.30631/baitululum.v4i1.46

Kurnia, N. D., Johan, R. C., & Rullyana, G. (2018). Hubungan Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dengan Kemampuan Literasi Media Di Upt Perpustakaan Itenas. Edulib, 8(1), 1. https://doi.org/10.17509/edulib.v8i1.10208

Marta, R. F. (2013). Analisis Perbedaan Kepuasan Pembaca Tabloid Gratis Surabaya Shopping Media dan Iklan Pos di Surabaya. Nirmana, 15(1), 45–59. https://doi.org/10.9744/nirmana.15.1.45-60

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi Massa. Ghalia Indonesia.

Muhtar. (2023). Mengenal 6 Macam Generasi di Indonesia Sesuai Tahun Lahir, Kamu Termasuk yang Mana? https://uici.ac.id/mengenal-6-macam-generasi-di-indonesia-sesuai-tahun-lahir-kamu-termasuk-yang-mana/

Mulyana, D. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Noor, J. (2011). METODOLOGI PENELITIAN (Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah). Kencana.

Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku. Jurnal Inersia, XVI(1), 93.

Riswandi. (2013). Psikologi Komunikasi. Graha Ilmu.

Santika, E. F. (2023). Kelompok Anak Muda Jadi Pengguna Terbesar TikTok, Usia Berapa Mereka? https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/27/kelompok-anak-muda-jadi-pengguna-terbesar-tiktok-usia-berapa-mereka

Setyawan, R. A., & Marzuki, Y. (2018). SURVEI APLIKASI VIDEO LIVE STREAMING DAN CHAT DI KALANGAN PELAJAR. 185–191.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Suwartono. (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Andi Offset.

Trianto. (2011). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidik & Tenaga Kependidikan. Kencana.

Wanto, A. H. (2018). Strategi Pemerintah Kota Malang Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Konsep Smart City. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(1), 39. https://doi.org/10.26740/jpsi.v2n1.p39-43

Winarti, E. W. (2018). TEORI DAN PRAKTIK PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) RESEARCH AND DEVELOPMENT (R&d). Bumi Aksara.

Published
2025-02-03
How to Cite
Anti Restiani Febrianti, Mufti Fauzi Rahman, & Ira Hasianna Rambe. (2025). Motif “Sedekah Online” Generasi-Z di TikTok . KOMVERSAL, 7(1), 315-330. https://doi.org/10.38204/komversal.v7i1.2260