Motif “Sedekah Online” Generasi-Z di TikTok
(Studi Kasus Motif Generasi-Z pada aktivitas Virtual Gift di Live Streaming Akun TikTok @threeshester)
Abstract
Pesatnya perkembangan platform live streaming telah menciptakan pola interaksi digital baru, terutama di kalangan generasi Z. Salah satu fenomena yang berkembang adalah “sedekah online” melalui virtual gift pada siaran langsung TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji motif generasi Z di Kota Bandung dalam memberikan virtual gift kepada akun TikTok @threeshester. Dengan metode kualitatif studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif utama dalam pemberian virtual gift meliputi hiburan, ekspresi identitas pribadi, interaksi sosial, dan apresiasi terhadap kreator. Pemberian virtual gift bukan sekadar kontribusi finansial, tetapi juga partisipasi aktif yang memperkuat keterlibatan audiens, memberikan pengakuan sosial, serta meningkatkan pengalaman menonton. Selain itu, sifat interaktif TikTok live mendorong keterlibatan audiens melalui interaksi langsung dengan kreator, menciptakan rasa komunitas dan koneksi emosional. Studi ini menyimpulkan bahwa fenomena virtual gifting mencerminkan budaya digital generasi Z yang semakin interaktif dan berbasis komunitas. Implikasinya, kreator konten disarankan untuk menjaga strategi interaksi yang inovatif, sementara pengguna perlu lebih bijak dalam pengeluaran finansial. Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi dampak jangka panjang dari fenomena ini terhadap pola konsumsi digital serta implikasi ekonominya bagi kreator konten.
Kata Kunci: Generasi Z, TikTok live streaming, virtual gift, interaksi digital, keterlibatan audiens
Downloads
References
Afifudin, & Saebani, B. A. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Pustaka Setia.
Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221–236. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.76
Baran, S. J., & Davis, D. K. (2018). Teori Komunikasi Massa Edisi 5. Salemba Humanika.
Budhianto, Z. H. (2023). Anak-Anak Gen Z: Ciri, Kelebihan, Kekurangan, Cara Mendidiknya. https://www.educastudio.com/news/anak-anak-gen-z-ciri-kelebihan-kekurangan-cara-mendidiknya
Butsi, F. I. (2019). MEMAHAMI PENDEKATAN POSITIVIS, KONSTRUKTIVIS DAN KRITIS DALAM METODE PENELITIAN KOMUNIKASI. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 2(1).
Endit, N. P. I. (2023). 12 Fitur Tiktok untuk Bikin Konten Bisnis yang Menarik. https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/12-fitur-tiktok-untuk-bikin-konten-bisnis-yang-menarik
Firdausi, T. I., & Putri, K. Y. S. (2021). MOTIF DAN KEPUASAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNJ ANGKATAN 2019 DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Jurnal Common, 5(1), 67–76. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/view/4033
Garjito, D., & Wulan, D. A. N. (2023). NPC Streamer di TikTok Tak Lebih dari Ngemis Versi Elit. https://www.suara.com/lifestyle/2023/10/10/192015/npc-streamer-di-tiktok-tak-lebih-dari-ngemis-versi-elit
Ghani, Z. B. R. (2024). Cara Live di TikTok dan Tips Penting Tarik Banyak Viewers. https://www.tokopedia.com/blog/cara-live-di-tiktok-tek/
Gulo, W. (2010). Metodologi Penelitian. PT Grasindo.
Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Mencegah Covid-19. Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70–80. https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1278
Junawan, H., & Laugu, N. (2020). Eksistensi Media Sosial,Youtube, Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Baitul ’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 41–57. https://doi.org/10.30631/baitululum.v4i1.46
Kurnia, N. D., Johan, R. C., & Rullyana, G. (2018). Hubungan Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dengan Kemampuan Literasi Media Di Upt Perpustakaan Itenas. Edulib, 8(1), 1. https://doi.org/10.17509/edulib.v8i1.10208
Marta, R. F. (2013). Analisis Perbedaan Kepuasan Pembaca Tabloid Gratis Surabaya Shopping Media dan Iklan Pos di Surabaya. Nirmana, 15(1), 45–59. https://doi.org/10.9744/nirmana.15.1.45-60
Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Morissan. (2013). Teori Komunikasi Massa. Ghalia Indonesia.
Muhtar. (2023). Mengenal 6 Macam Generasi di Indonesia Sesuai Tahun Lahir, Kamu Termasuk yang Mana? https://uici.ac.id/mengenal-6-macam-generasi-di-indonesia-sesuai-tahun-lahir-kamu-termasuk-yang-mana/
Mulyana, D. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Noor, J. (2011). METODOLOGI PENELITIAN (Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah). Kencana.
Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku. Jurnal Inersia, XVI(1), 93.
Riswandi. (2013). Psikologi Komunikasi. Graha Ilmu.
Santika, E. F. (2023). Kelompok Anak Muda Jadi Pengguna Terbesar TikTok, Usia Berapa Mereka? https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/27/kelompok-anak-muda-jadi-pengguna-terbesar-tiktok-usia-berapa-mereka
Setyawan, R. A., & Marzuki, Y. (2018). SURVEI APLIKASI VIDEO LIVE STREAMING DAN CHAT DI KALANGAN PELAJAR. 185–191.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Suwartono. (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Andi Offset.
Trianto. (2011). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidik & Tenaga Kependidikan. Kencana.
Wanto, A. H. (2018). Strategi Pemerintah Kota Malang Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Konsep Smart City. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(1), 39. https://doi.org/10.26740/jpsi.v2n1.p39-43
Winarti, E. W. (2018). TEORI DAN PRAKTIK PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) RESEARCH AND DEVELOPMENT (R&d). Bumi Aksara.