Analisis Komunikasi Interpersonal Dalam Membangun Hubungan Pertemanan Virtual

Studi Kasus Komunikasi Interpersonal Antar Penggemar Treasure di Media Sosial X

  • Alfidah Dara Mukti Universitas Merdeka Madiun
  • Maria Magdalena Widiantari Universitas Merdeka Madiun
  • Zulin Nurchayati Universitas Merdeka Madiun
Keywords: Interpersonal Communication, Social Media, Social Penetration Theory, CMC, Fandom, Treasure Maker

Abstract

Perkembangan teknologi di era globalisasi, membuat alat komunikasi semakin canggih, termasuk dalam komunitas fandom K-Pop. Komunikasi interpersonal menjadi kunci penting dalam membangun hubungan pertemanan virtual, khususnya di antara Treasure Maker, komunitas penggemar grup Treasure. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal yang dilakukan penggemar Treasure di media sosial X dalam membangun hubungan pertemanan virtual. berdasarkan Teori Penetrasi Sosial oleh Altman dan Taylor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan wawancara mendalam dan observasi terhadap delapan akun penggemar Treasure yang aktif di media sosial X. Teori Computer-Mediated Communication (CMC) juga digunakan untuk memahami peran teknologi dalam interaksi antar penggemar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan interpersonal antar penggemar mengikuti empat tahap teori Penetrasi Sosial: tahap orientasi, yang ditandai dengan berbagi informasi umum; tahap pertukaran penjajakan afektif, di mana keterbukaan meningkat melalui rekomendasi dan pengalaman emosional; tahap pertukaran afektif, yang melibatkan berbagi cerita pribadi dan dukungan emosional; serta tahap pertukaran stabil, yang ditandai dengan keintiman emosional, pola komunikasi konsisten, dan kebiasaan khusus. Media sosial X berperan sebagai mediator utama, memfasilitasi interaksi melalui fitur komentar, direct message (DM), dan aktivitas fandom seperti roleplay dan follow spree. Kesamaan minat terhadap K-pop dan grup idola Treasure menjadi fondasi hubungan, memperkuat kenyamanan dan kepercayaan. Karakteristik pribadi, seperti kesamaan bahasa dan humor, turut mendukung kedekatan. Hubungan ini diperkuat melalui konsistensi komunikasi dan kepercayaan, termasuk berbagi informasi, hadiah, dan apresiasi. Media sosial X menjadi fasilitator penting, sementara platform lain seperti WhatsApp dan TikTok memperkuat interaksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahdiat, A. (2022, Semptember 8). Ini Medsos Favorit Komunitas Penggemar K-Pop. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/-teknologitelekomunikasi/statistik/11589732707e16b/ini-medsos-favorit-komunitas-penggemar-k-pop

Aisyah, A. A. N. T. (2023). Komunikasi Interpersonal Remaja Dalam Menjalin Pertemanan Melalui Aplikasi Ome Tv. 6113. http://repository.uin-suska.ac.id/75267/%0Ahttp://repository.uin-suska.ac.id/75267/1/SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Dharmawan, F. (2022). Pola Komunikasi Interpersonal Hubungan Jarak Jauh Anak Laki-laki Terhadap Orangtua Dalam Menjaga Hubungan Keluarga (Studi Kualitatif pada Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia yang Berasal dari Luar Daerah). Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Enggiashakeh, Y. (2018). Memahami Komunikasi Antarpribadi dalam Pengelolaan Hubungan Asmara Jarak Jauh Mahasiswa Kedinasan Akademi Kepolisian. V, S. N. J. (2018). STRATEGI KOMUNIKASI KELUARGA J. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/3602/3513

Laksmita, N. (2019). Pengelolaan hubungan antar pribadi dari pasangan yang berkenalan melalui aplikasi online dating. Jurnal Interaksi Online, 27(3), 93–102.

Masruroh, D. A. (2020). Komunikasi interpersonal pasangan suami istri dalam mempertahankan hubungan pernikahan jarak jauh (long distance marriage)(studi kasus di desa singgahan kecamatan pulung kabupaten ponorogo. Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo, 7–105. http://etheses.iainponorogo.ac.id/8806/

Pramistiyani, A., Oktaviani, F., & Komunikasi, F. I. (2022). Proses Memban=-[gun Hubungan Interpersonal the Process of Building Interpersonal Relationships. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO:Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi, 7(2), 369–386.

Rainer, P. (2024, Juli 1). Inilah Media Sosial yang Paling Sering Dipakai di Indonesia, Diakses dari https://goodstats.id/article/inilah-media-sosial-paling-sering-dipakai-di-indonesia-Pdyt0#:~:text=Data%20We%20Are%20Social%20bertajuk%20Data%20Digital%20Indonesia,50%25%20yaitu%20Instagram%2C%20Facebook%2C%20TikTok%2C%20Telegram%2C%20serta%20X

Shabila, S., & Supratman, L. P. (2023). Komunikasi Interpersonal Antara Istri dan Suami Dalam Menghadapi Hubungan Jarak Jauh. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, 15(02), 66. https://doi.org/10.38041/jikom1.v15i02.278

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Tamara, M. S., & Kusuma, R. S. (2023). Pembentukan Hubungan Interpersonal Fandom K-Pop Melalui Twitter Spaces. 1–26. https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/113645

Yolanda, L. I. (2021). KOMUNIKASI INTERPERSONAL PASANGAN JARAK JAUH DALAM MEMPERTAHANKAN RUMAH TANGGA (Studi Kasu pada Pasangan Suami Istri di Daerah Bekasi).

Zahra, P. A. A., & Sari Kusuma, R. (2023). Penggemar Dan Gender: Faktor Motivasi Interaksi Parasosial Penggemar K-Pop Di Media Sosial. Thesis Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–36.

Published
2025-02-02
How to Cite
Alfidah Dara Mukti, Maria Magdalena Widiantari, & Zulin Nurchayati. (2025). Analisis Komunikasi Interpersonal Dalam Membangun Hubungan Pertemanan Virtual . KOMVERSAL, 7(1), 273-288. https://doi.org/10.38204/komversal.v7i1.2247