Eksistensi Media Cetak di Palembang
(Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi UIGM Palembang)
Keywords:
Eksistensi, media cetak, media digital, generasi ZAbstract
ABSTRACT
The rapid development of the internet has brought major changes in the way people access various types of media, especially through devices such as cellphones or gadgets. The presence of digital platforms that are more practical, fast, and easy to access makes people slowly leave print media. This research adopts a descriptive quantitative approach with data collection techniques in the form of questionnaires distributed through Google Form. The results of this study show that although digital media is increasingly dominating, print media is still considered relevant and has a place in the midst of a rapidly growing digital era. Of the 20 respondents involved, 13 agreed that print media can still exist despite rapid social and technological changes. Other results show that most respondents agree that to survive in the era of globalization, print media needs to transform to a digital platform. A total of 17 out of 20 respondents or around 85% agreed that the transition of print media to digital platforms will help the media survive and remain relevant. In addition, the results of this questionnaire also show that digital media has a huge influence, especially among generation Z, which includes students of the Faculty of Economics UIGM Palembang. Generation Z, which is known to be very familiar with technology and the internet, prefers to use digital media to get the latest information because of its speed and convenience. This research concludes that to survive amidst the rapid development of information technology, print media needs to adopt digital innovation.
ABSTRAK
Pesatnya perkembangan internet membawa perubahan besar dalam cara masyarakat mengakses berbagai jenis media, terutama melalui perangkat seperti ponsel atau gadget. Hadirnya platform digital yang lebih praktis, cepat, dan mudah diakses membuat masyarakat pelan-pelan meninggalkan media cetak. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang dibagikan melalui Google Form. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun media digital semakin mendominasi, media cetak masih dianggap relevan dan memiliki tempat di tengah era digital yang berkembang pesat. Dari 20 responden yang terlibat, 13 orang menyatakan setuju bahwa media cetak masih bisa eksis meskipun terjadi perubahan sosial dan teknologi yang sangat cepat. Hasil lain menunjukkan bahwa sebagian besar responden setuju bahwa untuk bertahan di era globalisasi, media cetak perlu bertransformasi ke platform digital. Sebanyak 17 dari 20 responden atau sekitar 85% setuju bahwa peralihan media cetak ke platform digital akan membantu media tersebut tetap bertahan dan relevan. Selain itu, dari hasil kuesioner ini juga terlihat bahwa media digital memiliki pengaruh yang sangat besar, khususnya di kalangan generasi Z, yang mencakup mahasiswa Fakultas Ekonomi UIGM Palembang. Generasi Z yang dikenal sangat akrab dengan teknologi dan internet, lebih memilih menggunakan media digital untuk mendapatkan informasi terkini karena kecepatan dan kemudahannya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk tetap bertahan di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi, media cetak perlu mengadopsi inovasi digital.
Downloads
References
Khaer, A., Khoir, N., & Hidayati, Y. A. (2021). Senjakala Media Cetak: Tantangan Jurnalisme Cetak di Era Digital. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 2(3), 324–331. https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i3.3080
Kusuma, S. (2016). POSISI MEDIA CETAK DI TENGAH PERKEMBANGAN MEDIA ONLINE DI INDONESIA Satria Kusuma. Unika Atma Jaya, 5, 56–71.
Nazhan Zahira, M. I. P. N. (2025). PERBANDINGAN PERILAKU MANAJEMEN INFORMASI GENERASI Z DAN MILLENNIALS DI ERA DIGITAL. Jurnal Rumpun Manajemen Dan Ekonomi, 2(1), 51–59.
Sediyaningsih, S. (2018). Konvergensi Media Di Era Digital (Eksploitasi Media Komunikasi Dalam Proses Belajar Mengajar Di Era Digital). Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 19(1), 52–57. https://doi.org/10.33830/ptjj.v19i1.317.2018
Suyasa, I. M., & Sedana, I. N. (2020). Mempertahankan Eksistensi Media Cetak Di Tengah Gempuran Media Online. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 1(1), 56–64. https://doi.org/10.54895/jkb.v1i1.314
Trivedi, R., Teichert, T., Hardeck, D., Media, P., & Sriwijaya, C. (2023). PERAN MEDIA ONLINE SRIPOKU.COM DALAM MENDUKUNG PEMASARAN MEDIA CETAK SRIWIJAYA POST Ekky Saputra 1* , Nuraida 2 , Sumaina Duku 3 1. European Journal of Marketing, 54(1), 42–54.