Pemanfaatan Media Digital dalam Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran
Abstract
Penelitian ini mengkaji cara Disparbud Kabupaten Pangandaran mempromosikan pariwisata, strategi berbasis media, dan penggunaan media oleh wisatawan untuk mengakses informasi. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dari 32 informan, termasuk enam pejabat Disparbud dan 26 wisatawan (13 laki-laki, 13 perempuan). Hasil menunjukkan Disparbud memanfaatkan media offline (flyer, booklet, banner, peta wisata) dan online (website, YouTube, Instagram, Facebook, Twitter). Media sosial dipilih karena efektif dan murah. Wisatawan umumnya memperoleh informasi tentang Pangandaran melalui media online, khususnya media sosial.
Downloads
References
Buku :
Adriana Anca Cristeaa, M.-S. A., Tatiana Dosescua. (2015). The Role of media in Promoting Religious Tourism in Romania. Social and Behavioral Sciences(188).
Agung, G. ( 2001). Panduan Praktis Berinternet untuk Pemula. Yogyakarta: PT Jalasutra.
Alma, B. (2005). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa ( 5 ed.). Bandung: CV Alfabeta.
Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rodaskarya.
Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Jakarta Media Kita.
Baskoro, A. (2009). Panduan Praktis Searching di Internet. Jakarta: PT TransMedia.
Biagi, S. (2012). Media impact: An introduction to mass media: Cengage Learning.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches: Sage publications.
Dajan, A. (1986). Pengantar Metode Statistik II. Jakarta: LP3ES
DeCesare, J. A. (2014). User Uploads and YouTube One Channels for Teaching, Learning, and Research. Library Technology Reports.
Gulo. ( 2002). Metode Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.
Hamdani, L. d. (2006). Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Hasan, A. (2010). Marketing. Yogyakarta: Media Presindo.
Hidayat, D. N. (2003). Paradigma dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik Klasik. Jakarta: Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia.
Hurriyati, R. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa Dan Bauran Pemasaran. Jakarta: Alfabeta.
John, V. (2008). Teori Komunikasi edisi kedelapan. In (pp. 450): Jakarta: Prenanda Media Grup.
Kintokosari, T. (2010). Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Pengenalan Pariwisata Kabupaten Wonogiri Propinsi Jawa Tengah. Universitas Sebelas Maret,
Kodhyat, H. (1996). Sejarah pariwisata dan perkembangannya di Indonesia: Gramedia Widiasarana Indonesia untuk Lembaga Studi Pariwisata Indonesia.
Kotler, P. d. K. K. ( 2012). Marketing Management United States: Pearson Prentice Hall.
Lexy J, M. (1991). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Maleong, T. (2000). Metode Penelitian. Carbondale Southern Illiona University Press.
Mingkid, E. (2015). Penggunaan media komunikasi promosi pariwisata oleh pemerintah Kota Manado. Sosiohumaniora, 17(3), 188-192.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung. Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset.
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. .
Morissan, A. (2007). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Ramdina Prakarsa.
Muhtadi, A. S. (2016). Pengantar Ilmu Jurnalistik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Muljadi. (2009). Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mulyadi. (2012). Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: Raja Grafindo
Mulyana, D. (2003 ). Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Mulyana, D. (2008). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja. Rosdakarya.
Nasrullah, R. (2016 ). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nurudin. (2014). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers.
O'Reilly, T., Milstein, S. (2009). The Twitter Book. Sebastopol: O'Reilly Media, Inc.
Okaka, W. (2007). The role of media communications in developing tourism policy and cross cultural communication for peace, security for sustainable tourism industry in Africa. Paper presented at the Proceedings of the 4th International Institute of Peace through Tourism (IIPT), African Conference on Peace through Tourism at Educators’ Forum, Kampala (Uganda).
Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: PT Elex. Komputindo.
Purnama, K. (2019) Wawancara Bidang Informasi dan Data DISPARBUD Kab. Pangandaran.
Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated
Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, F. (2013). Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus: Gramedia Pustaka Utama.
Rizky, M. W. A. R. ( 2009). 5 Jam Belajar Cepat Menggunakan Facebook. Bandung: Yrama Widya.
Rofiq, A. (2006). Peningkatan Peran Infokom dalam Mempromosikan Pariwisata Daerah. Paper presented at the Workshop peningkatan kapasitas anggota DPRD kota Malang.
Sernovitz, A. ( 2009). Word of Mouth Marketing : How Smart Companies Get People Talking (Revised Edition). New York Kaplan Publishing.
Shimp, T. (2003). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran
Terpadu Edisi Ke-5 Jilid 1. University of South Carolina: Erlangga.
Stake, R. E. (2005). Qualitative Case Studies. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.): Sage Publications.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2006). Penelitian Kualitatif-Naturalistik dalam Pendidikan. Jakarta: Usaha Keluarga.
Supranto, J. (2000). Statistik: Teori dan aplikasi edisi keenam. Jakarta: Erlangga.
Supriyanto, S. (2008). Meraih Untung dari Spanduk hingga Billboard Cetakan I. Yogyakarta: Pustaka Grahatama.
Winarni. (2003). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Malang: Universitas.
Zarella. (2010). The Social Media Marketing Book. USA: Oreilly Media.
Media Online
Detik.com. (2023, December 29). 3 juta wisatawan kunjungi Pangandaran selama 2023. Retrieved December 26, 2024, from https://www.detik.com/jabar/wisata/d-7121799/3-juta-wisatawan-kunjungi-pangandaran-selama-2023
Henderi, M. Y., Yuliana Isma Graha. (2007). Pengertian Media Sosial. Retrieved from http://wlipurn.blogspot.co.id/2017/04/wlipurn.html
Kemendagri. (2017). Penilaian Kemendagri, Pangandaran Sebagai DOB Terbaik Se-Indonesia. Retrieved from http://keuda.kemendagri.go.id/berita/detail/3212-penilaian-kemendagri--pangandaran-sebagai-dob-terbaik-se-indonesia.
News, J. S. (2019). Dari 5 Lokasi Wisata, Pantai Pangandaran Paling Banyak Dikunjungi. Retrieved from https://jabar.sindonews.com/read/3842/1/dari-5-lokasi-wisata-pantai-pangandaran-paling-banyak-dikunjungi-1546516879
Pangandaran Life. (2024, January 1). Capaian PAD Pangandaran tahun 2023. Retrieved December 26, 2024, from https://www.pangandaranlife.com/2024/01/capaian-pad-pangandaran-tahun-2023.htmlmerintah Provinsi Jawa Barat. (2023, October 18). Bey Machmudin dukung pembangunan infrastruktur Pangandaran untuk tingkatan daya saing pariwisata. Retrieved December 26, 2024, from https://jabarprov.go.id/berita/bey-machmudin-dukung-pembangunan-infrastruktur-pangandaran-untuk-tingkatan-daya-saing-pa-11033
Republika. (2018). Pangandaran Berbenah Menuhu Wisata Kelas Dunia. Retrieved from https://nasional.republika.co.id/berita/piy31j370/pangandaran-berbenah-menuju-wisata-kelas-dunia