Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Instagram Pada Industri Kreatif Di Kota Makassar

  • suherli Universitas Almarisah Madani
  • Muhammad Taslim Universitas Almarisah Madani
  • Abdul Razak J. Sabara Universitas Almarisah Madani
  • Adam Maulana Yusvan Universitas Almarisah Madani
  • Rahadian Cahyadi Universitas Almarisah Madani
  • Nur Istiqamah Desiana Universitas Almarisah Madani
Keywords: Communication Strategy, Creative Industry, Marketing Communication

Abstract

Penelitian ini membahas strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh pelaku industri kreatif di Kota Makassar melalui platform media sosial Instagram. untuk memahami media sosial Instagram digunakan dalam strategi pemasaran industri kreatif di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber empat responden yang bergelut pada berbagai bidang usaha kreatif yakni Foto wisuda (@gratsfoto), Warung kopi (@warkop99.mks), usaha Desain Poster (@daengposter_) dan Kedai (@kedaihato). Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara yang dianalisis menggunakan tiga langkah utama: penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ke empat pelaku usaha kreatif di Kota Makassar yaitu Foto wisuda, Warung kopi, Desain Poster, dan Kedai memanfaatkan Instagram secara optimal untuk memperkenalkan produk dan memperkuat hubungan dengan pelanggan. Mereka menggunakan fitur-fitur Instagram seperti unggahan konten visual, Stories, dan Reels untuk meningkatkan keterlibatan audiens. (2) Selain itu, pelaku usaha ini juga berhasil menerapkan lima aspek komunikasi pemasaran yang efektif, yakni penciptaan nilai, komunikasi yang efektif, pengelolaan merek, pemilihan saluran komunikasi yang tepat, dan integrasi promosi online dan offline. Dengan pendekatan ini, mereka mampu meningkatkan kesadaran merek, membangun loyalitas pelanggan, dan memperluas jangkauan pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryani, I. D., & Murtiariyat, D. (2022). Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Pada A.D.A Souvenir Project. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia STIE Widya Wiwaha, 2(2).

Firmansyah, & M Anang. (2020). Komunikasi Pemasaran. Qiara Media.

Hamidi. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. UMM Press.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing 17th ed. Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analisis: A Methods Sourcebook. Sage Publication, Inc.

Nugroho, Y. (2019). Pemanfaatan Media Sosial dalam Industri Kreatif di Indonesia. Jurnal Ekonomi Kreatif, 3(2), 45–59.

Puspasari, N. A., & Hermawati, T. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Komunikasi Massa, 1(1).

Putri, F. A., & Samatan, N. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran The Goods Dept Untuk Menarik Pembeli Millenial (Studi Pada The Goods Dept Pondok Indah Mall). Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hummanioramaniora, 4(1).

Ramadhan, M. (2021). Industri Kreatif dan Media Sosial di Makassar: Sebuah Tinjauan Pemasaran. Universitas Hasanuddin Press.

Sari, R. D., & Lani, O. P. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Instagram @pekanbarushoppingmall. Kinoma, 1(2), 153–164.

Social, W. A. (2023). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023.

Suherli, Jamal, M. N., & Kamsar. (2024). Kebijakan Redaksional Ujung Pandang Ekspress Dalam Menyajikan Berita Politik Pada Portal Online. 6(September), 387–399. https://doi.org/10.38204/komversal.v6i2.2062

Sukoco, A. S. (2018). New Komunikasi Pemasaran: Teori dan Aplikasinya. Pustaka Abadi.

Sunyoto, D. (2013). Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana untuk mengenali Konsumen). Buku Seru.

Suwarna, A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran melalui Media Sosial. Kencana.

Tanjung, H. (2018). Peran Media Sosial dalam Komunikasi Pemasaran di Era Digital. Jurnal Komunikasi Pemasaran, 2(1), 12–25.

Published
2025-02-02
How to Cite
suherli, Muhammad Taslim, Abdul Razak J. Sabara, Adam Maulana Yusvan, Rahadian Cahyadi, & Nur Istiqamah Desiana. (2025). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Instagram Pada Industri Kreatif Di Kota Makassar. KOMVERSAL, 7(1), 189-203. https://doi.org/10.38204/komversal.v7i1.2198