Model Motivasi Pemanfaatan Akun Autobase @Collegemfs Dan Intensi Memenuhi Kebutuhan Informasi Mahasiswa
Abstract
Kemajuan teknologi informasi saat ini mendorong munculnya berbagai jenis teknologi baru. Salah satunya adalah kehadiran akun autobase. Kehadiran akun autobase menjadi salah satu fenomena yang unik dalam media sosial. Pada akun ini, para pengguna bisa mengirim pesan secara anonim. Adanya fitur pengiriman pesan tanpa diketahui siapa pengguna yang mengirimnya ini menjadikan interaksi pada media sosial Twitter semakin ramai dan membuat para penggunanya menjadi lebih terbuka saat ingin memperoleh informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model dari pengaruh motif penggunaan akun Twitter @collegemfs terhadap pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa followers. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik analisis data Structural Equation Model. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pengaruh Motif Penggunaan Akun Twitter @collegemfs terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Followers: secara keseluruhan menunjukkan model yang cukup baik (good fit). Nilai Goodnes of Fit yang baik tersebut dapat dilihat dari Chi Square > 0.05 yaitu 1093.03; GFI > 0.80 yaitu 0.85; RMSEA < 0.08 yaitu 0.062; CFI > 0.90 yaitu 0.97; dan NFI > 0.90 yaitu 0.95. Terdapat pengaruh antara penggunaan akun autobase Twitter @collegemfs terhadap pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa followers. Hal tersebut dilihat dari nilai t-value > 1.96 yakni 2.99. Kemudian motif academic assistance dan convenience akun Twitter @collegemfs berpengaruh terhadap penggunaan akun autobase @collegemfs dengan nilai t-value sebesar 3.21 dan 1.97. Temuan ini menekankan motif penggunaan akun dalam menggambarkan pengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers. Diharapkan pada penelitian selanjutnya peneliti lain bisa mengkaji motif secara lebih spesifik agar fenomena yang dikaji bisa digambarkan secara lebih mendalam.
Downloads
References
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2018). Multivariate Data Analysis, Eight Edition. In Gedrag & Organisatie (Vol. 19, Issue 3). Cengage Learning, EMEA. https://doi.org/10.5117/2006.019.003.007
HANIFAH, S. N. (2019). MOTIF PENGGUNAAN MEDIA (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Motif Penggunaan Akun Instagram Gosip oleh Follower di Kalangan Mahasiswa Universitas Sebelas Maret). Jurnal Kommas, 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Kamariyah, S. (2020). Pembinaan Bimtek untuk Pemberdayaan Masyarakat – Christiana A, Sri Kamariyah, Etty K. 3(2), 435–455.
Khoiriah, W. I. N., Erliana, E., Koswara, I., Fuady, I., & Maitsi, H. N. (2023). Model motif penggunaan dan perilaku membagikan informasi dari aplikasi Tiktok. Comdent: Communication Student Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.24198/comdent.v1i1.44808
Menon, D. (2022). Uses and gratifications of educational apps: A study during COVID-19 pandemic. Computers and Education Open, 3(June 2021), 100076. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2022.100076
Nurfadillah, M., & Ardiansah, A. (2021). Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Sebelum Dan Saat Pandemi Covid-19. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 21. https://doi.org/10.14421/fhrs.2021.162.21-39
Papacharissi, Z., & Rubin, A. M. (2000). Journal of Broadcasting & Electronic Media. Journal of Broadcasting & Electronic Media, 56(February 2013), 320–329. http://www.tandfonline.com/toc/hbem20/56/3#.UYqMMlGeJlU
Putri, M. F., Harahap, N. C., Pramudiawardani, S., Sensuse, D. I., & Sutoyo, M. A. H. (2019). Usage Intention Model for Mobile Health Application: Uses and Gratification Perspective. Proceedings of the International Conference on Electrical Engineering and Informatics, 2019-July(July), 500–505. https://doi.org/10.1109/ICEEI47359.2019.8988801
Ramadya, I. R. (2022). Pengaruh Perceived Ease of Use Dan Perceived Usefulness Terhadap Attitude Toward Using Serta Dampaknya Terhadap Behavioral Intention. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 1(4), 553–561. https://doi.org/10.21776/jmppk.2022.01.4.14
Ray, A., Dhir, A., Bala, P. K., & Kaur, P. (2019). Why do people use food delivery apps (FDA)? A uses and gratification theory perspective. Journal of Retailing and Consumer Services, 51(March), 221–230. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.05.025
Utomo, D. A. (2013). Motif Pengguna Jejaring Sosial Google+ Di Indonesia. Jurnal E-Komunikasi, 1(3), 147–156.
Yurinanda, S., Rozi, S., & Sarmada, S. (2023). Analisis Model Kepuasaan Civitas Akademika Terhadap Pelayanan Perpustakaan Di Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Jambi Dengan Metode Structural Equation Modeling (Sem). Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(3), 1532–1542. https://doi.org/10.46306/lb.v4i3.434
Zailani, A. U., Husain, T., & Budiyantara, A. (2020). Analisis Simulasi Sistem Penunjang Keputusan: Model Matematis Dengan Pendekatan Goodness-of Fit Berbasis Structural Equation Model. SMARTICS Journal, 6(1), 10–14. https://doi.org/10.21067/smartics.v6i1.4157