Hubungan Kredibilitas Host Live Streaming Dengan Keputusan Pembelian
(Studi Korelasional tentang Hubungan Kredibilitas Host Live Streaming Shopee @Lozy_official dengan Keputusan Pembelian Produk Lozy Hijab oleh Followers)
Abstract
Penggunaan e-commerce dan fitur live streaming menjadi salah satu strategi meningkatkan keputusan pembelian produk, maka diperlukan host live streaming yang kredibel untuk mempersuasi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur hubungan kredibilitas host live streaming Shopee @lozy_official dengan keputusan pembelian produk Lozy Hijab oleh followers. Berlandaskan pada teori kredibilitas sumber oleh Hovland, Janis, dan Kelley yang menyatakan bahwa komunikan lebih mungkin dipersuasi oleh komunikator yang memiliki kredibilitas tinggi. Pendekatan kuantitatif dengan metode survei diterapkan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data dari 384 followers Shopee @lozy_official selaku sampel penelitian. Jumlah sampel tersebut didapatkan dari hasil perhitungan rumus sampel Isaac & Michael, kemudian teknik pengambilan sampelnya adalah simple random sampling. Survei penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner secara daring, yang mana kuesioner tersebut telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data penelitian dilakukan menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil temuannya menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan searah antara kredibilitas host live streaming Shopee @lozy_official dengan keputusan pembelian produk Lozy Hijab oleh followers. Dengan demikian, disimpulkan bahwa kredibilitas host live streaming Shopee @lozy_official sudah efektif dalam menumbuhkan keputusan pembelian oleh pengikutnya. Pihak Lozy Hijab disarankan untuk meningkatkan kepercayaan audiens live dengan cara mengembangkan teknik penyampaian informasi yang menarik oleh host live, serta memastikan informasi tersampaikan dengan jelas dan akurat.
Downloads
References
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
Gupta, R., Kishor, N., & Verma, D. (2017). Construction And Validation Of A Five-Dimensional Celebrity Endorsment Scale: Introducing The Pater Model. British Journal of Marketing Studies, 5(4), 15–35. www.eajournals.org
Hastuti, W., & Riofita, H. (2024). Strategi Pemasaran Menggunakan Fitur Shopee Live Streaming Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(2), 494–505.
Hovland, I. C., Janis, L. I., & Kelley, H. H. (1953). Communication and Persuasion. Yale University Press.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15 Global Edition. Pearson.
Meilina, E., & Kusumastuti, R. D. (2022). Hubungan Kredibilitas Artis K-Pop Sebagai Brand Ambassador Pada Keputusan Pembelian Di Kalangan Penggemar. JKomunikata57: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 3(2), 59–66. https://doi.org/https://doi.org/10.55122/kom57.v3i2.508
Munnukka, J., Uusitalo, O., & Toivonen, H. (2016). Credibility of a peer endorser and advertising effectiveness. Journal of Consumer Marketing, 33(3), 182–192. https://doi.org/10.1108/JCM-11-2014-1221
Permana, T., & Puspitaningsih, A. (2021). Studi Ekonomi Digital Di Indonesia. Jurnal Simki Economic, 4(2), 161–170. https://doi.org/10.29407/jse.v4i2.111
Putro, D. W., Fadhillah, I., & Fitriyasari, A. (2024). Pengaruh Kredibilitas dan Kualitas Pelayanan Host Live terhadap Minat Beli Konsumen di Aplikasi TikTok pada Masyarakat Kecamatan Wringinanom Gresik. Jurnal Simki Economic, 7(2), 564–574. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jse.v7i2.785
Rakhmat, J. (2021). Psikologi Komunikasi. Simbiosa Rekatama Media.
Romanika, L., & Ratnasari, A. (2018). Hubungan antara Kredibilitas Sumber dalam Electronic Word Of Mouth dengan Keputusan Pembelian Produk. Prosiding Manajemen Komunikasi, 4(2), 624–630. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/12478
Sari, Y. M., Hayu, R. S., & Salim, M. (2021). The Effect of Trustworthiness, Attractiveness, Expertise, and Popularity of Celebrity Endorsement. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(2), 163–172. https://doi.org/10.26905/jmdk.v9i2.6217
Shabrina, A. N., Sugiana, D., & Sunarya, Y. D. R. (2024). Pengaruh Kredibilitas Host Live Streaming Tiktok terhadap Proses Keputusan Pembelian pada Penonton Live Streaming@ Skintific_Id. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 15383-15395. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 15383–15395.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Penerbit Kencana.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Pustaka Baru.
Surianto, E. J., & Utami, L. S. S. (2021). Pengaruh Komunikasi Persuasif Melalui Fitur Shopee Live Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Followers Lilybelleclothing di Aplikasi Shopee). Prologia, 5(2), 382. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10218
Yonatan Z, A. (2024). Makin Maju, Pertumbuhan E-Commerce Indonesia yang Diprediksi Tertinggi di Dunia. GoodStats. https://data.goodstats.id/statistic/makin-maju-pertumbuhan-e-commerce-indonesia-yang-diprediksi-tertinggi-di-dunia-QiN5h