Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Ayah Pekerja Sirkuler dalam Memotivasi Belajar Remaja di Bandung Barat
Abstract
Komunikasi antarpribadi orang tua berperan penting dalam memotivasi belajar remaja, namun, banyak orang tua, khususnya ayah pekerja sirkuler, menghadapi tantangan dalam menjalankan peran ini akibat mobilitas sirkuler yang mengharuskan mereka tinggal terpisah dari keluarga. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas komunikasi antarpribadi ayah pekerja sirkuler dalam memotivasi belajar remaja di Kabupaten Bandung Barat, dengan fokus pada aspek keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, dan kesetaraan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, di mana data dikumpulkan melalui angket dan studi pustaka serta dianalisis secara statistik deskriptif. Responden terdiri dari 100 siswa tingkat menengah di Kabupaten Bandung Barat yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan ukuran sampel yang ditentukan berdasarkan rumus Taro Yamane. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua aspek komunikasi, yang terdiri dari keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, dan kesetaraan berada dalam kategori baik. Secara keseluruhan, efektivitas komunikasi antarpribadi ayah pekerja sirkuler dalam memotivasi belajar remaja di Bandung Barat dikategorikan sebagai sangat efektif. Simpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya komunikasi efektif antara ayah dan remaja untuk mendukung motivasi belajar. Oleh karena itu, disarankan agar ayah pekerja sirkuler terus meningkatkan keterampilan komunikasi mereka dan memanfaatkan teknologi untuk tetap terhubung dengan anak-anak mereka meskipun terpisah oleh jarak.
Downloads
References
Abriyoso, O., Karimah, K. El, & Benyamin, P. (2012). Hubungan Efektivitas Komunikasi Antarpribadi dalam Keluarga dengan Motivasi Belajar Anak di Sekolah. eJurnal Mahasiswa Universitas Padjadjaran, vol.1 ., N.
Adisa, V. (2023). Peran Orang Tua dalam Pendampingan Tumbuh Kembang Remaja (D. Gallant (ed.)). Rumah Baca.
Agustina, A. M., Risnawati, R., & Za’ba, N. (2024). Pengaruh Komunikasi Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(3), 216–221. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i3.469
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Astarina, M., Isfahani, R., & Pratiwi, A. (2021). Hubungan dukungan sosial orang tua terhadap motivasi belajar bahasa inggris pada siswa kelas viii di smpn 1 Cikupa. Nusantara Hasana Journal, 1(6), 74–78.
Bachtiar, N., Andodo, C., & Hasan, M. I. (2024). Manajemen Stres Pada Siswa Terhadap Peningkatan Motivasi Dalam Menghadapi Ujian Akhir Sekolah Dan Pra Masuk Perguruan Tinggi. Jurnal Masyarakat Mandiri, 8(3), 2851–2862. https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v4i2.690
Badan Pusat Statistik. (2024). Analisis mobilitas tenaga kerja hasil Sakernas 2023. 9.
Cahyani, E. D., Nurmalitasari, D., Fadilla, R., Yonanda, T., & Maulinda, W. (2024). Membangun Pola Pikir Remaja Terhadap Pentingnya Pendidikantinggi Melalui Sosialisasi Dan Kegiatan Semarak Agustus. Qardhul Hasan; Media Pengabdian kepada Masyarakat, 10, 198–205.
DeVito, J. A. (2011). Komunikasi Antar Manusia (L. Saputa, I. Y. Wahyu, & Y. Prihatini (ed.); A. Maulana (penerj.); 5 ed.). Karisma Publishing Group.
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. (2024). Jumlah Data Peserta Didik (Siswa) Berdasarkan Jenjang Pendidikan dan Status. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. https://sync.disdik.jabarprov.go.id/index.php?page=stat_siswa
Fuller, M., Kamans, E., van Vuuren, M., Wolfensberger, M., & de Jong, M. D. T. (2021). Conceptualizing Empathy Competence: A Professional Communication Perspective. Journal of Business and Technical Communication, 35(3), 333–368. https://doi.org/10.1177/10506519211001125
Juliansyah, A., Darmiany, & Husniati. (2021). Hubungan Komunikasi Dalam Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN Gugus 02 Kecamatan Alas Tahun Pelajaran 2019/2020. Renjana Pendiidkan Dasar, 1(1), 23–29.
Marhani, N. R., Purwanti, M., & Aisyah, A. R. K. (2023). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Harapan Orang Tua Dan Motivasi Belajar Remaja Madya Di Jabodetabek Pada Masa Pandemi Covid-19. Manasa, 11(2), 71–85. https://doi.org/10.25170/manasa.v11i2.3733
Maurits, D., & Widodo, A. (2020). Communication Of Parents And Children In Increasing Learning Motivation Online. The European Journal of Humanities and Social Sciences, 45–52. https://doi.org/10.29013/EJHSS-23-4-45-52
Meliana, S., Ira Dwi Mayangsari, Adi Bayu Mahadian, & Maulana Rezi Ramadhana. (2022). Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Dalam Anggota Komunitas Pena Dan Lensa Purwakarta. Medium, 10(1), 84–105. https://doi.org/10.25299/medium.2022.vol10(1).9014
Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534
Sugiarto, K. M., & Mutiah. (2022). Parents Communication to Down Syndrome in Online Learning During Pandemic. Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 618(Advances in Social Science, Education and Humanities Research), 741–744. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211223.129
Sunyoto, D. (2023). Statistika Deskriptif dan Probabilitas (T. Admojo (ed.)). Center for Academic Publishing Service.
Suryana, E., Hasdikurniati, A. I., Harmayanti, A. A., & Harto, K. (2022). Perkembangan Remaja Awal, Menengah Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 1917–1928. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3494
Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Pancar, 3(1), 232–245.
Wicaksono, M. A., Studi, P., Komunikasi, I., Ilmu, F., Dan, S., & Politik, I. (2023). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dengan Anak Terhadap Peningkatan Surabaya. 2(01).
Yuliya, Y. (2019). Hubungan Antara Dukungan Orangtua Dengan Motivasi Belajar Pada Remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2), 250–256. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i2.4780