Experiential Learning Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Terhadap Kompetensi Mahasiswa

Authors

  • Rafi Akbar Suryana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yanti Tayo Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Weni A. Arindawati Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.38204/komversal.v7i1.2137

Keywords:

experiential learning, Magang dan Studi Independen Bersertifikat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak Experiential Learning dalam Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) terhadap kompetensi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Singaperbangsa Karawang. Dengan menggunakan teori Experiential Learning oleh David Kolb, penelitian ini menguji empat aspek: pengalaman, pengamatan, konseptualisasi, dan eksperimen sebagai variabel bebas, serta kompetensi mahasiswa sebagai variabel terikat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan uji normalitas, uji analisis regresi sederhana, uji parsial (t), dan uji koefisien determinasi (R2). Dengan menyebarkan survei/kuesioner dan menggunakan sampling jenuh yang melibatkan 93 peserta MSIB batch keenam yaitu, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari eksperimen, namun tidak berpengaruh signifikan dari pengalaman, pengamatan, dan konseptualisasi terhadap kompetensi mahasiswa.

Downloads

References

Alim Harun Pamungkas, & Vevi Sunarti. (2018). BUKU AJAR PELATIHAN EXPERIENTIAL LEARNING Bagi Orang Tua dan Pengajar Anak Usia Dini . Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang Padang, Sumatera Barat.

Kampus Merdeka. (2022). Manfaat MSIB untuk Mahasiswa. Kampus Merdeka. https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/6414307470361-Manfaat-MSIB-untuk-Mahasiswa

Kementerian Pendidikan, K. R. dan T. (2022, February 11). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban untuk Atasi Krisis Pembelajaran. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdeka-jadi-jawaban-untuk-atasi-krisis-pembelajaran

Kementerian Pendidikan, K. R. dan T. (2024, February 22). Program MSIB Angkatan 6 Kemendikbudristek Siap Hasilkan 40.000 Lebih Talenta Muda Masa Depan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi - Republik Indonesia. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2024/02/program-msib-angkatan-6-kemendikbudristek-siap-hasilkan-40000-lebih-talenta-muda-masa-depan

Mayorga, L. K. (2019). HEIs and workforce development: Helping undergraduates acquire career-readiness attributes. Industry and Higher Education, 33(6), 370–380. https://doi.org/10.1177/0950422219875083

Munir. (2009). PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMINUKASI. Alfabeta, CV.

Purwanto. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pustaka Pelajar .

Downloads

Published

2025-02-02

How to Cite

Rafi Akbar Suryana, Yanti Tayo, & Weni A. Arindawati. (2025). Experiential Learning Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Terhadap Kompetensi Mahasiswa . KOMVERSAL, 7(1), 85–94. https://doi.org/10.38204/komversal.v7i1.2137