Pengaruh After Sales Service Terhadap Brand Image Daihatsu Terios

  • Rachmawati Dian Anggraeny Universitas Langlangbuana
  • Genik Puji Yuhanda Politeknik LP3I
  • Adi Muhammad Ramadhan Politeknik LP3I
Keywords: after sales, brand image, service

Abstract

Persaingan bisnis pada era globalisasi saat ini menuntut perusahaan untuk dapat menciptakan langkah-langkah inovatif yang dapat membentuk brand image maksimal bagi perusahaan tersebut. Oleh karena itu, PT Astra International Daihatsu Cibeureum melakukan after sales service untuk mempertahankan loyalitas konsumennya. Sifat loyal konsumen sangat membantu perusahaan untuk meningkatkan pangsa pasar dan memenangkan persaingan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, yaitu mengambil sampel dari pengguna Daihatsu Terios dan menggunakan kuesioner sebagai media pengumpul data. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, yaitu kuesioner yang disebarkan kepada konsumen yang sedang melakukan servis mobil Daihatsu Terios sebagai data primer dan dokumentasi perusahaan, buku-buku referensi serta informasi lain yang dapat digunakan sebagai data sekunder. Penelitian ini menggunakan analisis Koefisien Korelasi. Untuk mengetahui besarnya pengaruh After Sales Service terhadap Brand Image digunakan rumus Koefisien Determinasi, lalu uji signifikansi dari perhitungan yang didapat dengan rumus statistik distribusi z, dimana Zhitung lebih besar dari Ztabel, artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan adanya pengaruh positif antara after sales service terhadap brand image Daihatsu Terios di PT Astra International Daihatsu Cibeureum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ferrinadewi, E. 2008. Merek & Psikologi Konsumen . Edisi 1. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kotler, Phillip and Kevin Lane Keller. 2009. “Manajemen Pemasaran”. Edisi 13. Dialihbahasakan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Rangkuti, Freddy. 2011. “Riset Pemasaran”. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Published
2024-02-01
How to Cite
Rachmawati Dian Anggraeny, Genik Puji Yuhanda, & Adi Muhammad Ramadhan. (2024). Pengaruh After Sales Service Terhadap Brand Image Daihatsu Terios. KOMVERSAL, 6(1), 74-90. https://doi.org/10.38204/komversal.v6i1.1822