Fenomena Cyber-Bullying Terhadap Self-Compassion Mahasiswa di Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.38204/komversal.v6i1.1690Keywords:
Student, Bullying, BandungAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi dampak fenomena cyber-bullying terhadap tingkat self-compassion mahasiswa di Kota Bandung melalui kombinasi metode analisis review jurnal terdahulu dan wawancara non-formal dengan mahasiswa. Hasil penelitian mengidentifikasi bahwa mahasiswa yang menjadi korban cyber-bullying cenderung mengalami penurunan self-compassion, sedangkan dukungan sosial dari teman sebaya, keluarga, dan lingkungan kampus memainkan peran kritis dalam memitigasi dampak negatif tersebut. Implikasi penelitian ini mencakup perlunya pengembangan kebijakan kampus yang proaktif dalam melindungi mahasiswa dari ancaman cyber-bullying, serta penekanan pada literasi digital dalam kurikulum pendidikan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan yang diperlukan. Selain itu, penelitian ini menyoroti pentingnya upaya bersama lintas sektor untuk menciptakan lingkungan daring yang aman dan mendukung, dengan harapan dapat melindungi mahasiswa dari dampak negatif cyber-bullying dan mempromosikan self-compassion sebagai landasan kesejahteraan mental mereka.
Downloads
References
AZIIZAH, SARAH NURUL. Pengaruh Self-Compassion terhadap Cyberbullying pada Mahasiswa Korban Cyberbullying di Universitas X. Diss. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA, 2019.
Brandau, Melviba., & Evanson, Tracy A. (2018). "Adolescent Victims Emerging from Cyberbullying." SAGE, 1-11. doi: 10.1177/1049732318773325.
Djingga, Azzalea, et al. “Peranan Regulasi Emosi terhadap Perundungan Siber pada Siswa SMA di Jakarta.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9.19 (2023): 142-148.
Fatria, R. Qastrunada. (2018). "Gambaran Perilaku Cyberbullying Mahasiswa Universitas Pancasila." 3(1), 13-20.
Germer, C.K., & Neff, K.D. (2013). "Self-Compassion in Clinical Practice." Journal of Clinical Psychology: In session, 69(8), 1-12.
Hasanah, A., Sri Lestari, A., & Dkk. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 4–8. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30565
Hidayati, D. Savitri. (2015). "Self-Compassion dan Loneliness." Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(1).
Indrajit, R. E. (2017). Enam Aspek Menjaga dan Melindungi Dunia Maya. … (Internet and Infrastructure/Coordination Center) …. https://www.academia.edu/download/33264299/Aspek_menjaga_dan_melindungi_dunia_maya.pdf
Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2019). "Jumlah Korban dan Pelaku Kasus Perlindungan Anak."
Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2019). "Kasus Pengaduan Anak Berdasarkan Klaster Perlindungan Anak."
Kowalski, R. M., Chad A., Morgan., Limber S. P. (2012). "Traditional Bullying as a Potential Warning Sign of Cyberbullying." School Psychology International, 33(5), 505-519. doi: 10.1177/0143034312445244.
Lintang Rizka Mutiara, Cahyaning. GAMBARAN SELF-COMPASSION PADA REMAJA PENYINTAS BULLYING. Diss. Universitas Islam Sultan Agung Semarang, 2022.
Munzir, A. A. (2019). Beragam Peran Media Sosial dalam Dunia Politik di Indonesia. JPPUMA Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik Universitas Medan Area, 7(2), 173. https://doi.org/10.31289/jppuma.v7i2.2691
Shiratina, A., Indika, D. R., Komariyah, I., Kania, D., Solihin, E. H., Kunci, K., Online, I., Online, P., Minat, D., & Konsumen, B. (2020). Pemasaran Online Melalui Penerapan Iklan Secara Digital. Jurnal Sain Manajemen, 2(1), 2685–6972. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index