Taktik Marketing Public Relations Re.juve Indonesia dalam Meningkatkan Brand Awareness dan Brand Image
Abstract
ABSTRACT
Re.juve Indonesia is one of the trademarks under the auspices of PT Sewu Segar Utama with premium juice local products (cold-pressed juice). To survive amid the rise of brands with similar products, Re.juve Indonesia must adapt in implementing marketing public relations tactics that are able to provide added value to the company. This study aims to determine the implementation of marketing public relations tactics carried out by Re.juve to increase brand awareness and brand image. The research method used is descriptive qualitative research. The research data collection techniques carried out by the author are by means of interviews, observation, and literature studies. The results of the study show that Re.juve has carried out marketing public relations tactics by holding various activities, namely partnerships, special events, endorsements, and social media activation which consistently apply sustainable principles, seen from the output of its long-term activities.
ABSTRAK
Re.juve Indonesia merupakan salah satu merek dagang yang berada di bawah naungan PT Sewu Segar Utama dengan produk lokal jus premium (cold-pressed juice). Untuk bertahan di tengah maraknya merek dengan produk serupa, Re.juve Indonesia harus beradaptasi dalam menerapkan taktik marketing public relations yang mampu memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi taktik marketing public relations yang dilakukan oleh Re.juve untuk meningkatkan brand awareness dan brand image. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data penelitian yang dilakukan penulis adalah dengan cara wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan Re.juve telah menjalankan taktik marketing public relations dengan mengadakan berbagai aktivitas yaitu partnership, special event, endorsement, dan social media activation yang tetap konsisten menerapkan prinsip berkelanjutan, dilihat dari output kegiatannya yang berjangka panjang.
Downloads
References
Evita, E., & Setyanto, Y. (2019). Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan di PT. Bach Multi Global. Prologia, 2(2), 312–319. doi: 10.24912/pr.v2i2.3596
Harris, Thomas L. dan Patricia. (2006). The Marketer's Guide to Public Relations in the 21st Century. United States of America : R. R. Donnelley
Jatayu, Hadi Prakoso. (2023). Efektivitas Marketing Public Relations sebagai Image Supply Chain pada Brand Mixue. Jurnal Akbar Juara, 8(2), 60-75. ISSN: 2620-9861.
Jefkins, Frank. (2003). Public Relations Edisi Kelima, Terjemahan Haris Munandar. Jakarta: Erlangga.
Kartiningrum, Eka Diah. (2015, February 13). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Diakses dari https://stikesmajapahit.ac.id/lppm/wp-content/uploads/2019/04 /panduan-penyusunan-studi-literatur.pdf
Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building Measuring, and Managing Brand Equity, Global Edition (4th ed.). Pearson Education.
Kolaborasi Re.juve dengan LANEIGE, Solusi Merawat Kesehatan Kulit dari Luar dan Dalam Tubuh. (2023, March 9). Diakses dari https://www.rejuve.co.id/blog/kol aborasi-re-juve-dengan-laneige-solusi-merawat-kesehatan-kulit-dari-luar-dan-dalam-tubuh
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta.
Maryam. (2017). Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Jumlah Tamu Hotel Pantai Marina Bengkalis. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(2), 1-9. ISSN: 2355 6919
Nuraini, Desyinta. (2023, January 26). Dapat Donasi, Yayasan Drisana Produksi Buku untuk Anak Autis. Diakses dari https://hypeabis.id/read/21193/dapat-donas i-yayasan-drisana-produksi-buku-untuk-anak-autis
Pujaastawa, Ida Bagus Gde. (2016, June 10). Teknik Wawancara dan Observasi untuk Pengumpulan Bahan Informasi. Diakses dari https://simdos.unud.ac.id/uploads /file_penelitian_1_dir/8fe233c13f4addf4cee15c68d038aeb7.pdf
Re.juve Tanam 2.500 Bibit Mangrove Bersama Seasoldier. (2022, October 12). Diakses dari https://jabar.tribunnews.com/2022/10/12/rejuve-tanam-2500-bibit- mangrove -bersama-seasoldier.
Re.juve X Luna Maya, Kolaborasi Untuk Misi #GOODforSociety. (2022). Diakses dari https://www.rejuve.co.id/blog/rejuve-x-luna-maya-kolaborasi-untuk-misi-good-for-society
Ruslan, Rosady. (2010). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
UCEO. (2016, February 25). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian. Diakses dari https://informatika.uc.ac.id/id/2016/02/2016-2-18-metode-pengumpulan - data-dalam-penelitian/