VOICE COMMUNICATION SKILLS

  • Hana Rengganawati Politeknik LP3I Bandung
Keywords: penyiar, voice communication skills, radio

Abstract

Keunikan yang diberikan radio dengan memberikan ciri khasnya menjadi teman pribadi para pendengarnya. Oleh karena itu, penanganan dalam melakukan siaran harus ditangani secara profesional dengan melihat dari berbagai aspek cara penuangan acara dan penyampaian komunikasi informasinya, sehingga dapat mengikuti perkembangan kebutuhan masyarakat saat ini. Sebagai orang yang berkecimpung di dunia siaran radio, seorang penyiar dituntut untuk mempunyai keterampilan berbicara yang baik. Dan keterampilan berbicara tersebut dapat diperoleh dari voice communication skills.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan audiens mengenai voice communication skills yang dilakukan oleh penyiar Program “Break Time” di Radio Paramuda 93,7 FM Bandung, yang meliputi intonasi dan kewajaran bicara, artikulasi dan kejelasan bicara dan ekspresi vokal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dimana dalam metode ini peneliti hanya menggambarkan objek yang diteliti  secara jelas berdasarkan data yang dikumpulkan dan dilakukan analisis pada data tersebut. Berdasarkan dari hasil analisis dan pembahasan, tanggapan audiens mengenai voice communication skills penyiar Program “Break Time” di Radio Paramuda 93,7 FM bisa dikatakan cukup baik. Mulai dari intonasi dan kewajaran bicara, artikulasi dan kejelasan bicara, sampai dengan ekspresi vokal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28
How to Cite
Hana Rengganawati. (2017). VOICE COMMUNICATION SKILLS. Komversal : Jurnal Komunikasi Universal, 3(1), 84-100. Retrieved from https://jurnal.plb.ac.id/index.php/komversal/article/view/132