Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup

  • Ernawati Politeknik LP3I Kampus Kota Tasikmalaya
Keywords: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Team Assisted Individualization

Abstract

tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualiazation pada mata pelajaran pendidikan lingkungan hidup, dan (2) mengetahui peningkatan hasil belajar afektif siswa melalui model pembelajaran kooferatif tipe team assisted individualiazation pada mata pelajaran pendidikan lingkungan hidup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan teknik tes tertulis. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII B sebanyak 30 orang. Berdasarkan hasil analisis data  diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada konsep pemeliharaan dan etika lingkungan dikelas VIII B yang pembelajrannya menerapkan model pembelajran kooperatif tipe team assisted individualiazation meningkat untuk setiap siklusnya, baik pada siklus I maupun II, yang dapet dilihat dari rata-rata skor. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualiazation dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada konsep pemeliharaan dan etika lingkungan dan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dapat meningkatkan hasil belajar afektif siswa pada konsep pemeliharaan dan etika lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Muhammad. (2004). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Arifin, Zaenal, (1999). Teori-teori Belajar. Jakarta: Depdikbud Dikti Proyek pengembangan LPTK.
Arikunto, Suharsini. (2007). Prosedur Penelitian Suatu Prendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwae, Sifuddin (1998). Sikap Manusia Teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (1994). Strategi belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Faisal, (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Ciptta.
Hadi. (1994). Learning with me. Online. Tersedia: http://www.shoutmix.com/60x/learningwithme {20 September 2008)
Hamalik, Oemar. (2001). Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Herawan, Dedi. (2006). Telaah Kurkulum Mata Pelajaran Biologi SMA. Tasikmalaya: UNSIL.
Ibrahim, Muslimin, et.al.(2000). Pembelajaran kooperatif. Surabaya: Unesa Universitas Press.
Karli, Hilda dan Yuliartiningsh. (2007). Implementasi KTSP dalam model-model pembelajaran. Bandung: Bina Media Informasi.
Lie, Anita. (1994). Cooperative learning Mempraktikan cooperative learning di ruang-euang kelas. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Makmun, Abin Samsudin. (1987). Psikologi kependidikan. FIP IKIP Banding: Tidak dipublish.
Nasution, S. (1986). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Rochyadi, Yadi. (2004). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Departemen pendidikan Nasional.
Slameto. (1991). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.
Sudjana, Nana dan Daeng Arifin. (1989). Dasar-dasar Proses Belajar mengajar. Bandung:Sinar Baru Algensindo.
Suherman, Erman (2004). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Tidak dipublishkan.
Surya, Mohamad. (1992). Psikologi Pembelajaran dan pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Syah, Muhibbin. (1995). Psikologi Pendidikan suatu pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winarno, Surakhmad, (1997). Psikologi Umum dan Sosial. Jakarta: PT. Jasanku.
http://its.guilford.k12.nc.us/act/strategies/three_step_interview.htm
Published
2022-06-30
How to Cite
Ernawati. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 8(1), 78-89. https://doi.org/10.38204/atrabis.v8i1.921