Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Materi Instalasi Jaringan Komputer

  • Muhammad Fauzan Sidik Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Vivianti Universitas Teknologi Yogyakarta
Keywords: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Android

Abstract

Pengadaan alat penunjang pembelajaran seperti perangkat jaringan komputer yang relatif mahal, membuat tidak setiap sekolah mampu mencukupinya. Hal ini tentu menjadi hambatan dan berpengaruh dalam pembelajaran. Untuk itu diperlukan media pembelajaran yang mampu menggantikan fungsi perangkat tersebut dengan harga terjangkau, mudah digunakan dan dapat diakses oleh setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android yang dilengkapi dengan teknologi Augmented Reality (AR) untuk membantu proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan adaptasi model pengembangan ADDIE yang dibuat menjadi 4 tahap yang terdiri dari analysis, design, development, dan implementation. Media yang telah selesai dibuat kemudian diuji coba oleh ahli media, ahli materi dan responden (pengguna) untuk mengetahui tingkat kelayakannya. Pengujian oleh ahli media meliputi aspek desain antarmuka dan desain instruksional menunjukkan skor 78% dengan kategori layak. Pengujian oleh ahli materi meliputi aspek kandungan materi dan penyajian materi serta umpan balik menunjukkan skor 84,1% dengan kategori sangat layak. Pengujian oleh responden (pengguna) meliputi aspek desain tampilan, navigasi dan penyajian materi menunjukkan skor 88,96% dengan kategori sangat layak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mustholiq, I. (2007), Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Dasar Listrik, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 8-9.

Hasyim, A. (2016), Metode Penelitian Dan Pengembangan Di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Pratama, S. (2017), Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.

Pujiriyanto, (2012), Teknologi untuk Pengembangan Media dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Sadiman, A. S. (2009) Media pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatan-nya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sahertian, J. dan Helilintar, R. (2017), Pengembangan Aplikasi Mobile Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Biologi Materi Sel, Jurnal Saims dan Informatika, Vol 3(1), 2460-173X.

Sugiyono (2014), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung:Alfabeta.

Wahono, R.S. (2006), Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran,

http://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspekdankriteriapenilaian-media-pembelajaran/, akses pada 5 November 2019.

Published
2021-05-27
How to Cite
Muhammad Fauzan Sidik, & Vivianti. (2021). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Materi Instalasi Jaringan Komputer. Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 8(1), 14-28. https://doi.org/10.38204/tematik.v8i1.542