Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup dan Etika Remaja
Abstract
Media sosial instagram merupakan sebuah media komunikasi yang memiliki banyak penggunanya yang didominasi oleh para remaja. Saat ini instagram sudah menjadi salah satu faktor perubahan gaya hidup dan etika remaja. Perubahan gaya hidup dan etika ini tidak selamanya positif karena bagi sebagian pengguna ada yang terpengaruh ke arah negatif. Perubahan ini terjadi tergantung bagaimana cara pakai masing-masing individu dalam menggunakan instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sebesar apa pengaruh penggunaan instagram dikalangan remaja terhadap gaya hidup dan etika. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan melakukan penyebaran kuesioner untuk memperoleh data yang akurat. Subjek dari penelitian ini adalah remaja yang aktif menggunakan instagram dengan usia 12-21 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengguna instagram dikalangan remaja memiliki pengaruh terhadap gaya hidup dan etikanya. Perubahan ini ada yang membawa ke arah yang lebih baik dan ada juga yang membawa ke arah yang buruk. Perubahan tersebut terjadi karena adanya dorongan dari diri sendiri untuk melakukan suatu hal akibat dari melihat suatu postingan di instagram.
Downloads
References
Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221-236.
Alia, T., & Irwansyah, I. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital [Parent Mentoring of Young Children in the Use of Digital Technology]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 65-78.
Aprilia, N. (2016). INSTAGRAM SEBAGAI AJANG EKSISTENSI DIRI Studi Fenomenologi Mengenai Pengguna Instagram Sebagai Ajang Eksistensi Diri Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unpas (Doctoral dissertation, PERPUSTAKAAN).
Azis, A. R., & Salam, P. A. (2018). Keefektifan layanan informasi berbasis instagram untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 183-191.
Ferlitasari, Reni. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. 94.
Gantiano, H. E. (2017). FENOMENA FACEBOOK SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI SOSIAL. Dharma Duta, 15(1).
Hidayat, A. (2012, Oktober 14). Penelitian Kualitatif: Penjelasan Lengkap. Retrieved November 7, 2020, from Statistikian: https://www.statistikian.com/2012/10/penelitiankualitatif.html#:~:text=Menurut%20Saryono%20(2010)%2C
%20Penelitian,atau%20digambarkan%20melalui%20pendekatan%20kuantitatif.
Ilham, Mughnifar;. (2020, Mei 22). Metode Penelitian Kuantitatif – Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Contoh. Dipetik Oktober 31, 2020, dari Materi carageo: https://www.materi.carageo.com/metode-penelitian-kuantitatif/
Mahendra, Bimo. (2017). Eksistensi Sosial Remaja Dalam Instagram.
Munawar, Z. (2017). PENGGUNAAN PROFIL MEDIA SOSIAL UNTUK MEMPREDIKSI KEPRIBADIAN. TEMATIK, 4(2), 18-37.
Nabila, Farah. (2018). Fenomena Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup Remaja. 144-145.
Prihatiningsih, witanti. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Remaja.
Putri, R. E. (2018). PERSEPSI REMAJA MENGENAI SEKS EDUCATION (Studi Pada Remaja di Desa Betungan, Kecamatan Kedurang Ilir, Kabupaten Bengkulu Selatan) (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).
Ramadhan, M. N. (2018). Smartphone dan komunikasi sosial: studi pengguna whatsapp pada mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Thalib, R. T. W. (2016). Smartphone Sebagai Hidup di Kalangan Mahasiswa Stikper Gunung Sari Jurusan Keperawatan Angkatan 2014 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Ulfa, N. F. (2019). Dampak Penggunaan Instagram Terhadap Gaya Hidup Remaja (Studi Pada Siswa-Siswi MTsN MODEL Banda aceh) (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh). 82-83.