Perancangan Sistem Informasi Gereja Dengan Menerapkan Customer Relationship Management (Studi Kasus : Gereja Toraja Jemaat Palopo)
Abstract
Gereja Toraja Jemaat Palopo adalah gereja berada di klasis palopo, Kota Palopo. Gereja Toraja Jemaat Palopo belum memiliki Sistem informasi yang mengelola penyimpanan dan penyajian data terhadap jemaat gereja, sehingga belum semua jemaat bisa mendapatkan informasi tentang gereja karena beberapa jemaat tidak berada disekitar gereja melainkan jemaat langsung untuk mendapatkan informasi tentang gereja. Pihak manajemen gereja berupaya memberikan pelayanan yang lebih baik terhadap jemaat sebagai perhatian terhadap jemaat dengan hadirnya sistem informasi gereja diharapkan menjadi puas dan nyaman dengan pelayanan dari pihak manajemen gereja.customer Relationship management (CRM) sebagai landasan mengetahui kepuasan jemaat gereja dan meningkatkan hubungan antara jemaat dan manajemen gereja. CRM adalah strategi bisnis yang memadukan antara proses, manusia, dan teknologi sehingga proses bisnis gereja yaitu membantu meningkatkan pelayanan dan sebagai solusi permasalahan jemaat yang masih banyak keterbatasan mendapatkan informasi yang sebagaimana mestinya dengan memanfaatkan teknologi yang dirancang agar dapat mengelola data informasi gereja yang digunakan untuk menyimpan informasi data secara online. Sehingga bisa mendapatkan informasi kapanpun dan berharap dengan hubungan dengan jemaat yang baik pada akhirnya akan memberikan dampak yang baik dengan hasil yang diperoleh dari Sistem Informasi Gereja Toraja Jemaat Palopo.
Downloads
References
A. S, Nurina I. Sediyono, A. Rochman, “Perancangan Web Defacement Monitoring Dengan Menggunakan Metode Komparasi Nilai Hashi Design Of web Defacement Monitoring Using The Sha1 Hash Value,” vol. 5, no. 2, pp. 150–155, doi: 10.33387/jiko, 2022.
S. Nurajizah, “Implementasi E-CRM berbasis Web pada Perpustakaan Digital Sekolah Gema Nurani,” Sisfotenika, vol. 9, no. 1, p. 82, doi: 10.30700/jst.v9i1.425, 2019.
N. R. Rahma Syabania, “Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management ( Crm ) Pada Penjualan Barang Pre-Order Berbasis Website,” Rekayasa Inf., vol. 10, no. 1, pp. 44–49, 2021.
N. L. M. Sugiarn, D. Pramana, and N. N. H. Puspita, “Implementasi CRM (Customer Relationship Management) Pada Sistem Informasi Travel X Berbasis Web,” J. Sist. dan Inform., vol. 9, p. 53, 2015.
E. Rosinta and D. Hasibuan, “Implementasi Customer Relationship Management ( CRM ) Pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web PT . Buana Telekomindo,” J. TIMES (Technology Informatics Comput. Syst., vol. VII, no. 1, pp. 8–14, 2018.
E. M. Ayu, Adiyanto, and M. Asbari, “Rancang Bangun Sistem Informasi Customer Relationship Management (Crm) Berbasis Web Pada Ifa Interior 1,” J. Ipsikom, vol. 9, no. 2, pp. 2338–4093, 2021.
M. Warsela, A. D. Wahyudi, and A. Sulistiyawati, “PenerapanCustomer Relationship Management Untuk Mendukung Marketing Credit Executive (Studi Kasus: PT FIF Group),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, p. 78, [Online], 2021. Available:http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/870/357
A. Voutama, “Sistem Antrian Cucian Mobil Berbasis Website Menggunakan Konsep CRM dan Penerapan UML,” Komputika J. Sist. Komput., vol. 11, no. 1, pp. 102–111, doi: 10.34010/komputika.v11i1.4677, 2022.
S. Yudhistira, “SISTEM INFORMASI PEMASARAN BUSANA SYAR’I DENGAN PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEB,” Intecoms J. Inf. Technol. Comput. Sci. Vol., vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2019.
J. S. Irsandi, I. Fitri, and N. D. Nathasia, “Sistem Informasi Pemasaran dengan Penerapan CRM (Customer Relationship Management) Berbasis Website menggunakan Metode Waterfall dan Agile,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 5, no. 4, p. 346, doi: 10.35870/jtik.v5i4.192, 2020.
L. A. Permatasari, E. D. Oktaviyani, and S. Christina, “Rancang Bangun Website Majelis Jemaat GKE Bumi Palangka (MJBP) PHP dan MySQL,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 69–77, doi: 10.47111/jointecoms.v1i1.2957, 2021.
A. A. Rahman, A. Supaidi, I. Aslamiah, and A. Ibrahimk, “Implementasi Customer Relationship Management (Crm) Pelayanan Pelanggan (Corporate) Divisi Bges Pada Pt Telkom Witel Sumsel,” JRMSI - J. Ris. Manaj. Sains Indones., vol. 9, no. 1, pp. 72–78, doi: 10.21009/jrmsi.009.1.05, 2018.
R. Somya and S. C. Utama, “Perancangan Customer Relationship Management Berbasis Web Dengan Library Jquery Responsive Datatables,” Sistemasi, vol. 8, no. 3, p. 529, doi: 10.32520/stmsi.v8i3.460, 2019.
N. A. A. Anggara, J. Hutahaean, and M. Iqbal, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Dalam Sistem Informasi Penjualan Kosmetik Berbasis Web,” Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 3, no. 4, pp. 480–488, doi: 10.47065/bits.v3i4.1440, 2022.
H. Saputro and D. Mahendra, “Penerapan Aplikasi Penjualan Online Berbasis Customer Relationship Management (CRM) pada Toko Sumber Mulyo di Kabupaten Kudus,” J. Disprotek, vol. 10, no. 1, pp. 35–42, doi: 10.34001/jdpt.v10i1.869, 2019.
J. Aryanto, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi Menggunakan Metode Anita Cassidy (Studi Kasus: Cipeujeh Diesel Cirebon),” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 3, pp. 1811–1823, doi: 10.35957/jatisi.v9i3.2138, 2022.