Perancangan Aplikasi Mobile Untuk Mendukung Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT)
Abstract
Dampak dari pandemi covid-19, salah satunya adalah pengalihan sekolah tatap muka menjadi tatap maya atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Dari Rumah (BDR). Di Indonesia hal ini sudah berlangsung selama kurang lebih 2 (dua) tahun. Sekarang 2021, masa belajar tatap maya mulai berangsung kembali ke tatap muka. Walaupun dilakukan secara berangsur, yaitu mulai 25% (persen) dan mulai ke 50% (persen). Yang biasanya secara normal dilakukan sebanyak 100% (persen). Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) yang dilakukan sebanyak 25% atau 50%, dilaksanakan secara bergilir sesuai dengan jumlah pembagian kelompok murid.
Hal lainnya, selain permasalahan giliran kelompok dan jadwal adalah permasalahan laporan ketuntasan belajar perharinya. Setiap murid memiliki laporan masing-masing mengenai ketuntasan belajarnya per hari. Yang dilaporkan oleh gurunya melalui Group WhatsApp (WAG) dimalam hari dengan file word. Penulis tertarik untuk membuat solusi dari permasalahan tersebut dengan merancang aplikasi khusus untuk kegiatan PTMT khususnya untuk guru, sebagai admin aplikasi. Yang kedepannya bisa dikembangkan kembali sehingga bisa digunakan dan dimanfaatkan juga oleh murid dan orangtua khususnya. Atau untuk pengembangan lebih lanjut aplikasi juga bisa dimanfaat oleh sekolah sebagai bahan evalusi kegiatan pembelajaran guru dan murid-muridnya.
Downloads
References
Admin (2021). Belajar Daring, Solusi Mendapat Ilmu Saat Pandemi. https://kampusyuk.com/artikel/belajar-daring-solusi-mendapat-ilmu-saat-pandemi-102. Diakses : 03-12-2021, 7.13 WIB.
DIREKTORAT SEKOLAH MENENGAH ATAS. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (2021). Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta.
Masdafni (2021). Pembelajaran Kombinasi pada PTMT Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX-C SMPN 1 Seberida. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021.
Masyithoh, Dewi (2021). ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) PADA ERA NEW NORMAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH. SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, Volume 13 Nomor 2, Halaman 160 – 167. p-ISSN: 2085-3610, e-ISSN: 2746-7503. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma.
Munawar, Zen (2021). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19. TEMATIK, Vol. 8, No. 2, Bandung.
Riberu, J. (2010). Mengajar dengan Sukses. Jakarta : Gramedia.
Risnajayanti (2020). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMIK. Jurnal Pendidikan Guru, Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari.
Santi, Roro (2020). MULTIMEDIA LEARNING DENGAN GAME ENGINE CONSTRUCT 2 (GAME BUBBLE CLICK UNTUK LATIHAN MEMBACA). TEMATIK, Vol. 7, No. 1, Bandung. https://jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/article/view/375.
Santi, R., & Rahmanesa, A. (2020). Pembangunan Prototype Aplikasi Mobile Android untuk Mendukung Sistem Penjualan dan Promosi UMKM Jihaz Toys, Tematik Vol.7 No. 2 Hal. 18-31. https://doi.org/10.38204/tematik.v5i2.267.
Santi, Roro (2021). PERANCANGAN APLIKASI MOBILE ANDROID UNTUK EVALUASI BELAJAR. TEMATIK, Vol. 8, No. 1, Bandung. https://jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/article/view/653.
https://www.whatsapp.com/features. Diakses : 03-12-2021, 8.23 WIB.