Multimedia Learning dengan Game Engine Construct 2 (Game Bubble Click untuk Latihan Membaca)

  • Roro Santi Politeknik LP3I Bandung
Keywords: Belajar, Multimedia, Game, Edukasi

Abstract

Mengutip pernyataan Dr. Mubiar Agustin, M,Pd., dalam bukunya yang berjudul Mengajar yang menyenangkan dan bermakna bagi anak, sebagai kiat sukses menyiapkan, membuka dan menyampaikan inti dan menutup pembelajaran. Belajar yang menyenangkan dan bermakna akan memberikan dampak psikologis yang positif kepada anak didik. Menjadi sumber energi yang membangkitkan semangat, gairah, kebahagiaan dan inspirasi. Serta kreativitas anak akan berkembang pada situasi yang bebas dari tekanan”. Bermain game adalah hal yang paling banyak dilakukan dalam kondisi belajar dirumah saat ini. Pembelajaran secara daring juga sudah dilakukan oleh semua tingkatan sekolah termasuk PAUD. Melalui penelitian ini penulis tertarik untuk memberikan salah satu cara membuat game edukasi sebagai perangkat ajar anak PAUD dalam mengenal huruf-huruf sebagai dasar belajar membaca. Diharapkan kedepannya dapat dijadikan sebagai salah satu referensi membuat aplikasi tanpa ngoding dan mudah bagi tenaga pendidik. Penulis mengunakan aplikasi game engine dari Scirra, London yaitu Construct 2 versi gratis, bisa upgrade menggunakan versi berbayar yaitu Construct 3. Sebagai langkah awal menumbuhkan ketertarikan membuat game versi sendiri, dan memanfaatkannya sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, Mubiar. Dr., M.Pd. (2017). Mengajar yang Menyenangkan dan Bermakna Bagi Anak. Edena Ciptawira Mandiri. Bandung

Sandy, Teguh Arie dan Wahyu Nur Hidayat. (2019). Game Mobile Learning. CV. Multimedia Edukasi. Malang.

https://www.scirra.com/construct2/releases[4] https://www.construct.net/en

Published
2020-06-03
How to Cite
Santi, R. (2020). Multimedia Learning dengan Game Engine Construct 2 (Game Bubble Click untuk Latihan Membaca). TEMATIK, 7(1), 89-107. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.375