Pemanfaatan Teknologi Aplikasi Slack Dalam Komunikasi Efektif di Lingkungan Departemen Marketing LP3I
Abstract
Aplikasi chat untuk berkomunikasi sangat penting dalam lingkungan pekerjaan, yang sangat populer dilingkungan kita adalah whatsapp, telegram, line dan lain sebagainya, dan pengguna terbanyak untuk sekarang di indonesia adalah penggunakan aplikasi whatsapp namun akhir-akhir ini penggunaan wahatsapp sudah mulai diresahkan oleh banyak penggunaka karena berkenaan dengan keamanan data pengguna, akhirnya para pengguna sudah mulai melirik ke aplikasi lainnya untuk dijadikan referensi chat yang akan digunakan, Penggunakan aplikasi untuk lingkungan pekerjaan haruslah berbeda dengan layanan aplikasi chat pada umumnya, karena secara kontek pekerjaan agar lebih fokus dalam berkomunikasi dan lebih terarah lebih ke pekerjaan dibutuhkan suatau aplikasi yang betul-betul bisa mendukung semua komunikasi atau aktifitas yang akan membantu dalam pekerjaan. Dalam dunia bisnis aplikasi slack sudah tidak asing lagi dengan aplikasi chat ini, slack adalah suatu aplikasi yang banyak diunduh oleh pekerja kantoran karena perannya sangat membantu dalam melakukan komunikasi didalam tim, adanya aplikasi Slack memudahkan kita sebagai pekerja dalam berkomunikasi dalam banyak hal terutama masalah pekerjaan, Tak heran, banyak sekali perusahaan yang menggunakan aplikasi ini sebagai sarana komunikasi tim. Dengan Slack kita bisa membuat satu departemen kerja menjadi satu grup sendiri sehingga sangat memudahkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifitasan komunikasi penggunaan aplikasi Slack difokuskan pada departemen marketing di LP3I, sejauh mana pola komunikasi terbentuk dalam tim dan mengetahu sejauh mana penggunaan aplikasi Slack ini. Dengan penggunaan aplikasi Slack ini dilingkungan departemen marketing LP3I diharapkan dapat dapat meningkatkan produktivitas dan memberikan efisiensi terhadap kinerja dari tim marketing. Slack dapat membantu tim marketing dalam berkomunikasi antar tim dalam menyelesaikan sebuah target kerja dan bersifat transparan.
Downloads
References
Effendy, Onong Uchjana. (2001). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung,
Fajri, Em Zul & Senja, Ratu Aprilia. (2001). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Difa Publisher. Jakarta
Littlejohn, Stephen W. (2002).Theories of Human Communication. Wadsworth. USA,
Thoha, Miftah. (2002). Perilaku Organisasi. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Chakti, Gunawan, (2019). The Book Of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital, Celebes Media Perkasa,
Ramdan Hendry E, (2016). Startup Lessons, Penebar Plus,
https://smallbiztrends.com/2015/12/slack-use-team.html
https://fooplugins.com/slack-team-communication-tool/
https://glints.com/id/lowongan/aplikasi-slack-adalah/#.YCCmoWgzbIU
https://andiastina.com/reviews/slack-solusi-bagi-tim-untuk-berkomunikas/