Komunikasi Interpersonal Sales dengan Konsumen di Proshop Speedo Siliwangi

  • Ristia Wulan Nurlintang Proshop
  • Dudi Rustandi Politeknik LP3I Bandung
Keywords: communications, interpersonal, personal

Abstract

ABSTRACT

Sales marketing has a significant role in driving product sales output. Therefore, sales marketing interpersonal communication skills are needed so that relationships with customers can be well established. This is a support in encouraging the release of products every time. This study aims to determine the implementation of interpersonal communication between sales and consumers at Proshop Speedo Siliwangi. The research method used is a qualitative method with a descriptive approach, namely the author describes the results of observations and analyzes the data that has been obtained in the field descriptively. After analyzing and discussing the problem, the authors concluded that the implementation of interpersonal communication between sales and consumers at Proshop Speedo Siliwangi went quite well. The impact of this research is expected to be a source of reference for communication practices in the retail world and can also be generalized as a source of scientific reference in the field of communication.

Keywords: Interpersonal, Communications, consument

ABSTRAK

Sales marketing memiliki peran yang signifikan dalam mendorong output penjualan produk. Oleh karena itu dibutuhkan keterampilan komunikasi interpersonal sales marketing agar relasi dengan pelanggan bisa terjalin dengan baik. Hal ini menjadi penunjang dalam mendorong keluarnya produk setiap waktunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi interpersonal antara sales dengan konsumen di Proshop Speedo Siliwangi. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu penulis menggambarkan hasil observasi dan menganalisis data-data yang telah diperoleh di lapangan secara deskriptif. Setelah melakukan analisa dan pembahasan masalah, penulis memperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan komunikasi interpersonal antara sales dengan konsumen di Proshop Speedo Siliwangi berjalan cukup baik. Adapun dampak dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber rujukan praktik komunikasi di dunia retail juga bisa digeneralisir sebagai sumber rujukan keilmuan dalam bidang komunikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto dan Setyabudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta. Penerbit Gava Media.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Malang. Penerbit Erlangga.

Lawado, M. R., & Sukardani, P. S. (2020). Komunikasi Antarpersonal Pada Pasangan Berbasis Aplikasi Kencan Online (Studi Deskriptif Mahasiswa Negeri Surabaya Pengguna Aplikasi Tinder). Commercium, 2(2).

Malwa, R. U. (2017). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Sales Dengan Perilaku Konsumtif. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 13(2), 252-264.

Ngalimun. 2018. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Rosana, W. (2009). Perbedaan Persepsi Konsumen Laki-Laki Dan Perempuan Terhadap Daya Tarik Fisik Dan Komunikasi Interpersonal Pada Sales Asuransi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Santoso, A. (2015). Iklim Komunikasi Organisasi di Hotel Savana Malang. Jurnal E-Komunikasi, 3(2).

Solikin. 2011. Pelayanan Prima. Jakarta. Penerbit Inti Prima Promosindo.

Sugono, Dendy. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Gramedia.

Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Suseno, M. N. M. (2009). Pengaruh pelatihan komunikasi interpersonal terhadap efikasi diri sebagai pelatih pada mahasiswa. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 1(1), 93-106.

Syam, Nina W. 2016. Psikologi Sebagai Akar Ilmu Komunikasi. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Wiguno, B. A. (2018). Gambaran Komunikasi Interpersonal Sales Mobil Toyota Di Plaza Toyota Tangerang Selatan (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).

Yessavioleta, D. (2012). Strategi Komunikasi Interpersonal Sales Force Tupperware Di Kotaserang (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Published
2020-02-20
How to Cite
Nurlintang, R. W., & Rustandi, D. (2020). Komunikasi Interpersonal Sales dengan Konsumen di Proshop Speedo Siliwangi. KOMVERSAL, 2(1), 51-65. https://doi.org/10.38204/komversal.v2i1.505