Analisis Pelaksanaan Digital Marketing pada UMKM Tahu Rohmat di Kuningan

  • Hana Rengganawati Politeknik LP3I Bandung
  • Yuyun Taufik Politeknik LP3I Bandung
Keywords: digital marketing, umkm, Tahu Rohmat

Abstract

ABSTRACT

In this Covid-19 Pandemic years, MSMEs became the basis of a populist economy that could maintain national economic stability. Open thinking and creative innovation are the main keys in the development of MSMEs. The innovation is to use social media as a means to market their products. However, social media as a means of digital marketing has not been fully realized and understood by MSME players. Therefore, the socialization about the use of social media for digital marketing must be done. This socialization was carried out with the aim of forming productive MSMEs and keeping up with the times. Thus UMKM Tahu Rohmat can increase their competitiveness and productivity. Qualitative research methods are used where data collection used is interview, observation, and documentation. The series of research stages in the context of socializing digital marketing started with the introduction and use of digital marketing methods in selling Tahu Rohmat MSME products. Then assistance in creating and operating Facebook Ads for UMKM Tahu Rohmat Kuningan as a new means of marketing strategy in the realm of digital media. In the end, designing a digital marketing method according to the marketing needs of Tahu Rohmat. The results showed that digital marketing through Facebook advertising can provide real solutions to problems in the field, especially during the Covid-19 Pandemic that hit Tahu Rohmat MSMEs in Kuningan Village. Tahu Rohmat is increasingly known, not only from local residents and travelers but from orders via Facebook. This socialization has succeeded in opening the horizons of Tahu Rohmat MSME players to be more open and getting used to applying Digital Marketing in the MSME marketing process.

Keywords: Tahu Rohmat, Digital Marketing, MSMEs, Facebook Ads

ABSTRAK

Pada saat Pandemic Covid-19 ini, UMKM menjadi dasar ekonomi kerakyatan yang bisa menjaga kestabilan ketahanan ekonomi nasional. Pemikiran terbuka dan kreasi inovasi menjadi kunci utama dalam perkembangan UMKM. Inovasinya adalah dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk memasarkan produknya. Namun, media sosial sebagai sarana pemasaran digital belum disadari dan dipahami sepenuhnya oleh pelaku UMKM. Oleh Sebab itu, sosialisasi tentang penggunaan media sosial untuk digital marketing harus dilakukan. Sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan untuk membentuk UMKM yang produktif dan mengikuti perkembangan zaman. Dengan demikian UMKM Tahu Rohmat bisa meningkatkan daya saing dan produktivitasnya. Metode penelitian kualitatif digunakan dimana pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Rangkaian tahapan penelitian dalam rangka sosialisasi digital marketing ini adalah dimulai dari Pengenalan dan penggunaan metode digital marketing dalam penjualan produk UMKM Tahu Rohmat. Kemudian pendampingan dalam membuat dan mengoperasikan Facebook Ads UMKM Tahu Rohmat Kuningan sebagai sarana baru strategi pemasaran di ranah media digital. Pada akhirnya melakukan perancangan metode pemasaran digital sesuai kebutuhan pemasaran pada Tahu Rohmat. Hasil penelitian diperoleh bahwa digital marketing melalui iklan facebook bisa memberikan solusi nyata atas permasalahan di lapangan khusunya dimasa Pandemic Covid-19 yang melanda pelaku UMKM Tahu Rohmat di Kelurahan Kuningan. Tahu Rohmat semakin dikenal, tidak hanya dari warga sekitar dan pelancong melainkan dari pesanan-pesanan via Facebook. Sosialisasi ini berahasil membuka wawasan pelaku UMKM Tahu Rohmat menjadi lebih terbuka serta membiasakan untuk mengaplikasikan Digital Marketing dalam proses pemasaran UMKM. 

Kata Kunci: Tahu Rohmat, Digital Marketing, UMKM, Iklan Facebook

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anoraga, Pandji. (2010). Ekonomi Islam Kajian Makro dan Mikro. Yogyakarta: PT. Dwi Chandra Wacana

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Malau, Harman. (2017). Manajememn Pemasaran. CV Alfabeta. Bandung

Nikmah, O. F. (2017). Kajian Tentang Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Peluang Bisnis. Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 11(1), 47–56

Poerwandari, Kristi. (2005). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta : Fakultas Psikologi UI

Prabowo, W. A. (2018). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance Dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality Sebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Tiga Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101–112. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.101

Resalawati, Ade. (2011). Pengaruh perkembangan usaha kecil menengah terhadap pertumbuhan ekonomi pada sektor UKM Indonesia, (Skripsi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011), hal. 31.

Rosady, Ruslan. (2010). Manajemen Public Relatioins & Media Komunikasi. Jakarta: PT. RAJA GRAFINDO PERSADA

Sanjaya, Ridwan dan Tarigan. Josua. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Tambunan, Tulus T.H. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting. Jakarta: LP3ES

___________________________. (2009). UMKM di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia

Undang-Undang Nomor tahun 2008 tentang UMKM, Bab IV pasal 6

Published
2020-02-26
How to Cite
Rengganawati, H., & Taufik, Y. (2020). Analisis Pelaksanaan Digital Marketing pada UMKM Tahu Rohmat di Kuningan. Komversal : Jurnal Komunikasi Universal, 6(1), 28-50. https://doi.org/10.38204/komversal.v6i1.496