Pengembangan Template MS Excel dalam Evaluasi Pendidikan Mata Pelajaran Matematika Berdasarkan Bilangan Unik Siswa bagi Guru Madrasah Tsanawiyah Se-KKM VII Kabupaten Garut
Abstract
Pendidikan selain diarahkan untuk mencerdaskan siswa dari sisi akademis, juga dimaksudkan untuk menghasilkan pribadi unggul dan berintegritas. Karenanya maka pendidikan sejatinya terus mengasah kejujuran setiap siswa sejak perencanaan, proses dan evaluasi akhir. Demikian juga dalam pembelajaran matematika yang relatif memiliki perhatian pada pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah. Pengembangan evaluasi pendidikan khususnya dalam pembuatan soal-soal matematika berdasarkan bilangan unik siswa diharapkan membantu para guru dan juga sekolah mempersiapkan generasi muda yang memiliki karakter jujur dan bertanggung jawab. Adapun pengembangan Template Microsoft Excel diharapkan dapat membantu pembelajaran matematika semakin efektif dan efisien khusunya dalam evaluasi pendidikan mata pelajaran matematika berdasarkan bilangan unik siswa bagi para guru. Tujuan dari kegiatan ini antara lain membantu para guru Madrasah Tsanawiyah se-KKM (Kelompo Kerja Madrasah Tsanawaiyah) VII Kabupaten Garut dalam melakukan evaluasi pendidikan pembelajaran matematika dengan memanfaatkan bilangan unik siswa. Para guru mata pelajaran matematika mendapatkan pelatihan bagaimana cara merancang Template Microsoft Excel dalam mengevaluasi pendidikan pembelajaran matematika yang berdasarkan angka unik siswa. Template Excel yang dikembangkan dapat memudahkan para guru dalam mengevaluasi pembelajaran matematika dan akan memberikan informasi yang lebih akuratn genai perkembangan belajar siswa.
Downloads
References
Artantio, F. I., Nuraini, K., Mardila, M., Laily, N., & Setyaningsih, E. E. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Quizizz Dalam Meminimalisir Tingkat Kecurangan Akademik Pada Siswa Akuntansi SMK Islam Batu. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE).
Hangga, A., & Hendro Eko Prabowo. (2016). Modifikasi Linear Congruential Generator untuk Sistem Pengacakan Soal pada Computer Based Test (CBT). Jurnal Teknik Elektro, 8(2), 47–49. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jte.v8i2.8794
Karfindo, K., & Mustafa, F. (2017). Pengembangan aplikasi Computer Based Test (CBT) untuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 3, 42. https://doi.org/10.26594/register.v3i1.715
Prakarsa, A., Sunarto, A. A., & Prajoko, P. (2020). Model Pengacakan Soal Ujian Online SMA Menggunakan Metode Linear Congruential Generator dan Fisher Yates. Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer; Vol 16, No 2: Agustus 2020. http://ojs.stmik-banjarbaru.ac.id/index.php/progresif/article/view/519
Siregar, R. R., Nasution, K., & Haramaini, T. (2021). Aplikasi Ujian Online Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Dengan Menggunakan Metode Rational Unified Process (RUP). Jurnal Minfo Polgan, 10(1 SE-), 33–41. https://doi.org/10.33395/jmp.v10i1.10953