Analisis Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Likuiditas Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Ketepatan Waktu Dalam Penyampaian Laporan Keuangan Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

  • Umi Kalsum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Keywords: Leverage, Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, Ketepatan Waktu

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel indepen yaitu leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, likuiditas kepemilikan manajerial terhadap variabel dependennya ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pada perusahaan LQ45 yang terdaftar di BEI. Sampel penelitian ini menggunakan seluruh perusahaan LQ45 yang terdaftar di BEI dengan periode 2018 sampai dengan 2020. Teknik pengumpulan data penelitian dengan teknik purposive sampling. Dengan data diperoleh data data sekunder dengan 45 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Secara simultan, dapat diketahui bahwa variabel leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, likuiditas dan kepemilikan manajerial secara bersama - sama atau simultan mempengaruhi variabel ketepatan waktu dalam penyampaian laporan keuangan pada perusahaan LQ45 yang terdaftar di BEI. Secara parsial, dijelaskan bahwa variabel leverage, likuiditas, kepemilikan manajerial tidak dapat mempengaruhi variabel ketepatan waktu dalam penyampaian laporan keuangan pada perusahaan LQ45 yang terdaftar di BEI. Sedangkan pada variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan dinyatakan dapat mempengaruhi variabel ketepatan watu dalam penyampaian laporan keuangan pada perusahaan LQ45 yang terdaftar di BEI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Syaiful & Hilmi, Utari. (2008). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan.
Ghozali, Imam.2009. Aplikasi Analisis Multivariance Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Harto, B., & Komalasari, R. (2021). Peningkatan Kapasitas Dan Kapabilitas Pengelolaan Keuangan Berbasis Aplikasi Excel dan Sesuai Sak EMKM Pada UMKM Moochi Lembang. IKRAITH-ABDIMAS, Vol 4 No 1, 47 – 54.
Kadir, Abdul. 2008. Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Ketepatan Waktu
Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 2016, 4 (1).
Lesmana, K. K. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Audit Report Lag. JRAK Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 84-92.
Napisah, L. S., & Ramadhani, V. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Laba/Rugi Operasi Dan Kepemilikan Publik Terhadap Audit Delay Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018. JRAK Jurnal RIset Akuntansi dan Bisnis, 109-117.
Pelaporan Keuangan. Tesis Tidak Dipublikasikan. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Sasmitha, J. L., & Ridlwansyah, F. (2020). Analisis Perbandingan Profitabilitas Sebelum Dan Setelah Penerapan Csr Pada Pt Angkasa Pura Ii Cabang Bandar Udara Soekarno Hatta Tangerang. JRAK Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 118-128
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian kuantitatife, Kualitatife. Alfabeta. Bandung
Suharli, Michell. 2008. “Timelines Laporan Keuangan di Indonesia (Studi Empiris Terhadap Emiten Bursa Efek Jakarta), Media Riset Akuntansi, Auditing dan Informasi”. Vol 8: Hal 97-116.
Ikatan Akuntan Indonesia. 2007. Standar Akuntansi Keuangan. Salemba Empat. Jakarta.
Indonesian Capital Market Directory (ICMD). (2008). Bursa Efek Indonesia.
Indonesian Capital Market Directory (ICMD). (2009). Bursa Efek Indonesia.
Indonesian Capital Market Directory (ICMD). (2010). Bursa Efek Indonesia.
Ukago, Kristianus. 2004. Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Bukti Empiris Emiten di Bursa Efek Jakarta.
Published
2022-01-12
How to Cite
Kalsum, U. (2022). Analisis Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Likuiditas Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Ketepatan Waktu Dalam Penyampaian Laporan Keuangan Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. JRAK (Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis), 8(1), 11 - 17. Retrieved from https://jurnal.plb.ac.id/index.php/JRAK/article/view/731