Pengaruh Literasi Keuangan dan Pendidikan Keuangan di Keluarga Terhadap Perilaku Belanja Online Mahasiswa

  • Delfian Zaman Politeknik LP3I
  • Mohd. Ideal Kurniawan Politeknik LP3I
Keywords: Literasi Keuangan, Pendidikan Keuangan, Keluarga, Belanja Online

Abstract

Belanja online menjadi sebuah trend di kalangan masyarakat di era digitalisasi saat ini, termasuk mahasiswa. Kemandirian dalam memegang keuangan dan kehidupan yang jauh dari orangtua, serta dukungan kemudahan transaksi membuat perilaku konsumtif mahasiswa tidak terkontrol. Sebagian besar mahasiswa melakukan pembelanjaan tanpa ada perencanaan dan kebutuhan, hanya berdasarkan keinginan serta tren gaya hidup lingkungan. Literasi keuangan dan pendidikan keuangan di keluarga seringkali dikaitkan sebagai faktor yang mempengaruhi perilaku belanja online mahasiswa.. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah sejumlah 53 orang mahasiswa yang diambil dengan metode accidental kepada seluruh mahasiswa di Indonesia melalui survei online. Analisis data menggunakan pengujian spearman-rho dengan software Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Potret literasi keuangan mahasiwa terukur dalam level suficient literate dengan dominasi pendidikan keuangan di lingkungan keluarga pada level kurang, dan perilaku belanja online yang sering. Kondisi tersebut mendukung fakta bahwa literasi keuangan dan pendidikan keuangan keluarga berpengaruh kuat terhadap perilaku belanja online mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albab, F. U. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2017). Skripsi.

Aprilia, D., Sari, N., & Berlianantiya, M. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Perilaku Belanja Online Pada Gen -Z Di Universitas PGRI Madiun. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 10, 179. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v10i2.13447

Aribawa, D. (2016). Pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja dan keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis, 20(1 SE-Articles), 1–13. https://doi.org/10.20885/jsb.vol20.iss1.art1

Danilo Gomes de Arruda. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial Mahasiswa Programstudi Manajemen Universitas Muhammadiyah Makassar. 6.

Gultom B.T, HS Renol S, & Siagian L. (2022). Dampak Literasi Keuangan terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa (Studi Kasus di Universitas Hkbp Nommensen Pematang Siantar). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 14(1), 134–144. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/46896.

Harto, B. (2022). Peran Keuangan dan Akuntansi Dalam Sustainability. In T. Agustina, Sebastianus, A. Ferlina, B. Harto, & dkk, Business Sustainability: Concepts, Strategies, And Implementation (pp. 187-195). Bandung: Media Sains Indonesia.

Harto, B., Rinaldi, K., & Sulistya, A. (2021). Rencana Strategis Bisnis Jualan Online di Masa Pandemi Covid-19: Online Selling Business Strategic Plan in the Covid-19 Pandemic Period. Engineering and Technology International Journal, 3(3), 188-192.

HS, S. R., & Indriayu, M. (2017). Kajian Literasi Keuangan Pada Siswa Menengah Atas (SMA): Sebuah Pemikiran. Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 1–9.

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 2(1), 73. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p73-80

Huston, S. J. (2010). Measuring Financial Literacy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 296–316. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01170.x

Ibrahim, S. A., & Nurdin, N. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Ecogen, 2(1), 436–439. https://doi.org/10.26858/jekpend.v5i1.24649

IQBAL, M. I. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam negeri (iain) manado. In {Iqbal2020Pengaruh, (Vol. 1, Issue 1). http://repository.iain-manado.ac.id/20/

Isalman, I. (2022). Investigasi Faktor Pendukung Dan Penghambat Belanja Online Di Kota Kendari. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7, 30–46. https://doi.org/10.38043/jimb.v7i1.3413

Kenale Sada, Y. M. V. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Literasi Akuntansi, 2(2), 86–99. https://doi.org/10.55587/jla.v2i2.35

Kewal Anastasia Sri, S. S. M. (2013). Tingkat Literasi Keuangan Di Kalangan Mahasiswa Stie Musi. Jurnal Economia, Vol. 9(No. 2), 130–140. http://journal.uny.ac.id/index.php/economia/article/view/1804

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy: Theory and evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44. https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5

Mahendra, K. C. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Belanja dan Perilaku Investasi. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39749%0Ahttps://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/39749/18311472.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Mufida, I., & Sholikhah, N. (2022). Pengaruh pendidikan keuangan di keluarga dan teman sebaya terhadap financial management behavior siswa. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(2), 2085–1960.

Pongoh, S., Rooroh, A., & Pontolawokang, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Keluarga Dalam Memenuhi Kebutuhan Pendidikan Anak Di Kelurahan Gogagoman Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3, 99–108. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.4047

Putra, H. R. F. (2022). Peran Literasi Keuangan Dan Pendidikan Ekonomi Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Dharma Pendidikan, 17(April), 21–39. http://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/189

Rahim, N., Ali, N., & Adnan, M. (2022). Students’ Financial Literacy: Digital Financial Literacy Perspective. GATR Journal of Finance and Banking Review, 6, 18–25. https://doi.org/10.35609/jfbr.2022.6.4(2)

Rosa, I., & Listiadi, A. (2020). dan kontrol diri terhadap manajemen keuangan pribadi Effects of financial literacy , financial education on family , peers , and self control on personal financial management. Jurnal Manajemen, 12(2), 244–252.

Sari, N. R., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendidikan Keuangan di Keluarga, Uang Saku terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan dengan Financial Self-Efficacy sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 58–70. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p58-70

Sianipar, H., Gultom, B., & Simamora, B. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2, 458–463. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i02.1729

Sudrajat, A., & Setiyawan, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 35–40. https://doi.org/10.29313/jrmb.v2i2.1435

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Swiecka Swiecka, B., Grzesiuk, A., Korczak, D., & Wyszkowska-Kaniewska, O. (2019). Financial Literacy and Financial Education. Theory and Survey. In Financial Literacy and Financial Education. https://doi.org/10.1515/9783110636956

Wagner, J. (2015). An analysis of the effects of financial education on financial literacy and financial behaviors.

Wakil, A., Cahyani, R. R., Harto, B., Latif, A. S., Hidayatullah, D., Simanjuntak, P., . . . Sihombing, F. A. (2022). Transformasi Digital Dalam Dunia Bisnis. Padang, Sumatera Barat: Global Eksekutif Teknologi.

Widiyawati, Y., Ningsih, C., Lestari, F., & Pramita, G. (2022). Analisis Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Perjalanan Belanja Dimasa Pandemi Covid-19. JICE (Journal of Infrastructural in Civil Engineering), 3, 25. https://doi.org/10.33365/jice.v3i02.2151.

Wijaya, A., Jamaludin, Khudori, A. N., Tarecha, R. I., Fauziah, Grace, E., . . . Harto, B. (2022). The Art of Digital Marketing: Strategi Pemasaran Generasi Milenial. Bandung: Media Sains Indonesia.

Published
2023-01-31
How to Cite
Zaman, D., & Kurniawan, M. I. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pendidikan Keuangan di Keluarga Terhadap Perilaku Belanja Online Mahasiswa. JRAK (Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis), 9(1), 264 - 273. https://doi.org/10.38204/jrak.v9i1.1210