PENERAPAN TEKNIK KLASIFIKASI UNTUK KLASIFIKASI PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK
(STUDI KASUS DI POLITEKNIK LP3I BANDUNG)
DOI:
https://doi.org/10.38204/tematik.v2i2.72Keywords:
Klasifikasi, Prestasi Akademik, Algoritma C5.0, Data MiningAbstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk membuat pola untuk klasifikasi prestasi akademik peserta didik berdasarkan variabel yang dimiliki peserta didik. Hasil klasifikasi peserta didik akan menjadi indikator bagi Politeknik LP3I Bandung dalam melakukan pengawasan kepada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah CRISP-DM, pemodelan yang digunakan adalah teknik klasifikasi dengan meggunakan algoritma C5.0 yang diolah menggunakan aplikasi SPSS Clementine. Pemodelan menghasilkan 7 pola untuk klasifikasi predikat cumlaude, sangat memuaskan dan memuaskan, serta menghasilkan beberapa informasi yang bermanfaat bagi lembaga sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan.