Rancang Design Enterprise Resource Planning Pada Website Penjualan Ikan Online Jawa Barat

  • Baeti Nurabdillah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aji Prasetyo Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lukman Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Enterprise resource planning, Hasil Perikanan, Web-Based

Abstract

Metode pembelian dan penjualan hasil laut secara konvensional memiliki kekurangan, yaitu: (a) Jangkauan konsumen dari produsen awal sempit. (b) Harga meningkat seiring panjangnya rantai distrbusi dan (c) Kesegaran produk berkurang melalui distribusi yang panjang. Melalui e-commerce Ikan Jabar, kami merancang sistem berbasis web yang didorong oleh modul-modul ERP agar proses integrasi data memudahkan proses dagang secara online, sehingga dapat mengatasi secara efektif dan efisien dari permasalahan yang menggunakan cara konvensional. Konsep ERP dapat diterapkan untuk mewujudkan sentralisasi data, lebih lanjut lagi model ERP berbasis web memungkinkan kemudahan akses informasi termasuk akses semua fitur-fitur untuk dokumentasi dan pencatatan. Website yang dirancang memberikan kemudahan bagi masyarakat yang berwirausaha pada budidaya ikan dan lobster. Karena jumlah peminat budidaya ikan dan lobster yang kian lama semakin meningkat namun sistem jual beli masih menggunakan sistem offline maka perlu pembenahan pada sistem jual beli guna mempermudah konsumen dalam melakukan transaksi. perancangan sistem berbasis website ini guna mempermudah dalam promosi serta penjualan berbagai jenis ikan dan lobster. Metode yang digunakan adalah pengumpulan data dan pengembangan sistem. Perancangan website penjualan ikan secara online yang diharap menjadi solusi dalam meningkatkan dan memperluas cakupan penjualan produk hasil budidayanya bisa di kenal oleh orang banyak. Implementasi dari pemodelan dalam bentuk enterprise resource planning (ERP) yang menggunakan aplikasi Odoo dengan pemodelan UML. Karena Odoo memiliki banyak modul yang saling terintegrasi dari akutansi, penjualan, pembelian dan lain lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BF, N., Rispianda, & PL, G. (2016). Rancangan Implementasi Enterprise Resource Planning Berbasis Open Source Menggunakan Software Odoo pada Lini Bisnis Modul Suruya di Perusahaan Elektronika . Online Institut Teknologi Nasional.

BS, S., & WE, S. (2018). Rancangan Bagun Aplikasi E-Commerce Smartphone Second Dengan Metode Waterfall. Journal Speed, 54-60.

Girang, G. D., Andreswari, R., & K.S.H., U. Y. (2017). Perancangan Sistem Enterprise Resource Planning Modul Payroll Berbasis Odoo 8 Dengan Metode Rapid Application Development pada PT.XYZ. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri , 130-137.

Havana. (2018). Perancangan Aplikasi Berbasis Web Dan Android Untuk Penjualan Dan Pembelian Pada Apotek Canon. Ilmu Komputer dan Sistem Informasi , 57-64.

HP., S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi . Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 82-89.

Marlinda, L. (2010). Perancangan dan Implementasi E-Commerce Ikan Air Tawar Menggunakan Metode CRM: Studi Kasus Peternak Ikan Air Tawar Daerah Sukabumi Jawa Barat. Prosisdng Seminar Nasional Pengaplikasian Telematika, 404-409.

R., A., & DWT, P. (2019). Unifed Modelling Language(UML) Dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD. Jurnal TEKNOI, 32-39.

Suminten, Amelia, S., & Sintawati, I. D. (2019). Penerapan Enterprise Resourse Planning Penjualan Aksesoris Berbasis Odoo. Jurnal Sistem Informasi, 69-74.

Published
2021-12-07
How to Cite
Nurabdillah, B., Prasetyo, A., & Lukman. (2021). Rancang Design Enterprise Resource Planning Pada Website Penjualan Ikan Online Jawa Barat. Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 8(2), 146-153. https://doi.org/10.38204/tematik.v8i2.686