Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Augmented Reality Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar
Abstract
Kemajuan teknologi telah memberikan pengaruh besar dalam dunia pendidikan salah satunya yaitu pada media pembelajaran yang semakin bervariasi, salah satu teknologi yang dapat diakses melalui smartphone yaitu Augmented Reality (AR). Keterbatasan sumber belajar dapat membuat siswa mengalami kesulitan dalam belajar. Sehingga diperlukan sumber belajar dan media belajar yang dapat mendukung pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media pembelajaran ini telah layak dan efektif digunakan setelah dilakukan serangkaian pengujian. Pengujian oleh ahli media mendapat nilai rata-rata 83,92% atau dalam kategori sangat layak. Penilaian ahli materi mendapat nilai rata-rata 94,11% atau dalam kategori sangat layak. Penilaian siswa mendapat nilai rata-rata 91,92% atau dalam kategori sangat layak. Berdasarkan ketiga hasil uji kelayakan, maka media pembelajaran ini sangat layak digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Sedangkan dari segi efektivitas media, mendapat nilai rata-rata N-Gain Score 75% atau dalam kategori cukup efektif. Sehingga media pembelajaran interaktif Augmented Reality cukup efektif digunakan sebagai alat bantu pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Arikunto (2012), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, ed. 6, Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2014), Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Burhanudin, A. (2017), Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Mata Pelajaran Dasar Elektronika di SMK Hamong Putera 2 Pakem, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Candra (2014), Perancangan Sistem Interakti Berbasis Teknologi Augmented Reality Pada Sampul media Promosi Cetak, Jurnal Teknologi Informasi, Vol 6, No 18.
Darmawan (2012), Inovasi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Daryanto (2013), Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.
Hanafi, M.R (2015), Analisis dan Perancangan Aplikasi Geometra, Media Pembelajaran Geometri Mata Pelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Teknologi Augmented Reality, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Hasyim, A (2016), Metode Penelitian Dan Pengembangan Di Sekolah, Yogyakarta: Media Akademi.
Lestari, K.E. dkk (2020), Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Komputer dan Jaringan Dasar Berbasis Augmented Reality di SMK LPI Semarang, Skripsi, Universitas PGRI Semarang.
Murfi, M.S. dkk (2020), Pengembangan Rancangan Media Pembelajaran Augmented Reality Perangkat Jaringan Komputer, Skripsi, Universitas Negeri Padang.
Riduwan (2015), Dasar-Dasar Statistika, Bandung: Alfabeta.
Roedavan, (2014). Unity Tutorial Game Engine. Bandung: Informatika.
Saputra, I.K.H.A. dkk (2019), Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Berbasis Augmented Reality Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Pada Sub Pokok Bahasan Perakitan, Skripsi, Universitas Pendidikan Ganesha.
Siswati (2013), Perakitan Komputer, Malang: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sudaryono, G. M. (2013), Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudjana dan Ibrahim (2012), Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono (2014), Metode Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: ALFABETA.
Sunarto, S (2015), Kriteria Kualitas Media Pembelajaran, (Online), (https://text-id.123dok.com/-kriteria-kualitas-media-pembelajaran), akses 26 Oktober 2021.
Surjono, H.D (2017), Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan, Yogyakarta: UNY Press.
Suyitno (2016), Pengembangan Multimedia Interaktif Pengukuran Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.
Thorn (2012), Ebook Interaktif. (Online), Vol 1, No 1 (https://media.neliti.com/), akses 12 Maret 2021.