Optimasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan di Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar

  • Asye Rachmawaty Politeknik LP3I Bandung
Keywords: penjualan, pembatasan sosial, pandemi, Covid-19, media sosial

Abstract

Pembatasan Sosial Berskala Besar dan Mikro pada masa Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir setahun sejak peraturannya diberlakukan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Sejumlah perusahaan bahkan terpaksa hanya mengaktifkan sekitar 50% karyawan dalam setiap harinya, sementara lainnya Work From Home. Bahkan dunia Pendidikan memberlakukan sistem Daring (Dalam Jaringan) atau School From Home. Dalam sekejap, bukan hanya perusahaan besar, namun banyak usaha kecil menengah mengalami penurunan penjualan secara drastis efek PSBB ini. Masyarakat belajar memahami situasi, melakukan banyak aktifitas dari rumah, dan beradaptasi dengan berbelanja secara online. Peran media sosial sebagai salah satu alat yang digunakan dalam bidang pemasaran digital menjadi media penting dalam meningkatkan penjualan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pera pelaku usaha mengoptimasi media sosial sebagai media pemasaran dalam meningkatkan penjualannya. Metode penelitian ini dipaparkan secara deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, para pelaku usaha melakukan optimasi media sosial dalam meningkatkan penjualan. Dapat disimpulkan bahwa para pelaku usaha mampu beradaptasi dengan cepat, salah satunya dengan mengoptimasi media sosial yang dilengkapi dengan fitur-fitur bisnis, sehingga memudahkan masyarakat (konsumen) mendapatkan informasi dan bertransaksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.A. Manik Pratiwi. (2020). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Online Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Satyagraha, Vol 3, No 2. 73-81. http://ejournal.universitasmahendradatta.ac.id/index.php/satyagraha

Ainun Nadhifah. (2021). Membedah Efektivitas TikTok Membantu Bisnis dan UKM Berkembang. https://id.techinasia.com/tiktok-bantu-bisnis-ukm-berkembang

Anang Sugeng Cahyono. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Publiciana Vol 9, No 1. 140-157, https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/79

Albi Anggito, Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=59V8DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=penelitian+deskriptif+kualitatif+menurut+para+ahli&ots=5HaxsDhrEq&sig=-IyZobJmjXJczoqwevitBzE0n1M&redir_esc=y#v=onepage&q=penelitian%20deskriptif%20kualitatif%20menurut%20para%20ahli&f=false

Rachmawaty, A., & Siagawati, M. (2019). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Membuka Peluang Bisnis bagi Warga di Desa Sindangsari. TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 6(2), 184-196. https://doi.org/10.38204/tematik.v6i2.258

Dewi Utari, Dewi Endah Fajariana. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Widya Cipta, Vol 2, N0 2. 271-278. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

Fajar Pebrianto. (2021). Hary Tanoe: MNC Terima 55 Persen Bagi Hasil Iklan dari YouTube hingga TikTok. Tempo.co, https://bisnis.tempo.co/read/1430749/hary-tanoe-mnc-terima-55-persen-bagi-hasil-iklan-dari-youtube-hingga-tiktok/full&view=ok

Frans Yuwono. (2018). 15 Fitur Facebook Untuk Membantu Bisnis Anda. https://asiacommerce.id/15-fitur-facebook-untuk-bisnis/

Kompasiana. (2021). 4 Tips Ini Membuat Feed Instagram Kamu Lebih Menarik!, https://www.kompasiana.com/ilminajihan/603ef7a28ede4870047a6f02/4-tips-ini-membuat-feed-instagram-kamu-lebih-menarik

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__9_Th_2020_ttg_Pedoman_Pembatasan_Sosial_Berskala_Besar_Dalam_Penanganan_COVID-19.pdf

Rakha fahreza. (2020). 10 Macam Media Sosial yang Paling Sering Digunakan Oleh Orang Indonesia. https://www.merdeka.com/jatim/10-macam-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-oleh-orang-indonesia-kln.html?page=1

Rara Muhammad. (2019). 9 Tips Marketing Menggunakan Aplikasi WhatsApp. https://portal.billionairestore.co.id/tips-marketing-whatsapp/

Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19 . TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 38-50.

YouTube.Com, https://www.youtube.com/

Published
2021-05-31
How to Cite
Rachmawaty, A. (2021). Optimasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan di Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar. Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 8(1), 29-44. https://doi.org/10.38204/tematik.v8i1.535