Peranan Smarthphone Dalam Dunia Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19

  • Haerunnisa Nisa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STEMBI
  • Adrian Permana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STEMBI
  • Ricky Firmansyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STEMBI
Keywords: Covid-19, Komunikasi, Pendidikan, Sekolah Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran smartphone dalam dunia pendidikan ketika masa pandemi covid-19. Sebagaimana yang telah kita ketahui kerugian akibat virus covid-19 memiliki dampak yang sangat besar bagi seluruh sektor, termasuk sektor pendidikan. Hal ini menyebakan para siswa dan pengajar dilarang bertatap muka secara langsung untuk sementara waktu, maka dari itu menteri pendidikan mengubah sistem pembelajaran menjadi daring. Dengan demikian sistem pembelajaran kini berubah menjadi era 4.0 dimana seharusnya para pengajar siap mengimplementasikan penilaian secara berbeda dibandingkan pada saat offline. Sebagai wadah pembelajaran yang sedang berlangsung peran smartphone kini banyak digunakan untuk mengganti sistem pembelajaran offline. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan akumulatif, data yang kami kumpulkan dari kuisioner dengan 33 tanggapan mahasiswa menghasilkan data berupa penggunaan smartphone adalah 72,7% aktif di media sosial, sekolah 66,7%, bermain game 33,3%, serta e-commerce bisnis 15,2%. Kecenderungan pemakaian smartphone, lebih banyak pada komunikasi seperti penggunaan aplikasi whatsapp sebesar 84,8%, dan media sosial seperti Instagram sebesar 75,8% sedangkan pemakaian classroom cenderung dipakai ketika saat pembelajaran saja dengan angka persentase sebanyak 66,7%. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan smartphone pada masa pandemi covid-19 sangat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hayati,N. (2020). "Metode Pembelajaran Daring”. E-learning Yang Efektif. Bali: Jurusan Ilmu Pendidikan. https://www.researchgate.net/project/Metode-Pembelajaran-E-Learning

Cepi,Riyana. (2013). “Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online”. Modul Konsep Pembelajaran Berbasis Online.). 1.4-1.5

site's sponsor. “Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19”. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/se-sesjen-pedoman-penyelenggaraanbelajar-dari-rumah-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Sumantyo, F. D. S. (2020). Pendidikan Tinggi di Masa dan Pasca Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 81-92.

Ulfa Sholihannisa, L., & Juliawati, P. (2020). Manajemen Pembelajaran Model Block System Learning pada Pendidikan Tinggi Vokasi di Politeknik LP3I. TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 21-37. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.368

Published
2020-12-23
How to Cite
Nisa, H., Permana, A., & Firmansyah, R. (2020). Peranan Smarthphone Dalam Dunia Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19. TEMATIK, 7(2), 140-146. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i2.460