Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Membuka Peluang Bisnis bagi Warga di Desa Sindangsari
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan menerapkan teknologi internet, khususnya media sosial Facebook dan Instagram untuk membuka peluang bisnis bagi masyarakat Desa Sindangsari Kabupaten garut. Dimana saat ini warga gemar mengakses media sosial hanya untuk meng-update status, dan atau menjaring pertemanan tanpa terpikirkan untuk memulai atau mengembangkan bisnis secara online dengan memanfaatkan kekuatan media sosial tersebut. Pemahaman masyarakat Desa Sindangsari terhadap internet, khususnya media sosial secara umum masih rendah, sehingga pemanfaatan dan fungsi terbesar dari internet (media sosial) itu sendiri terabaikan. Sementara itu tingkat ekonomi masyarakat yang rata-rata berada di level menengah ke bawah, membuat peneliti terpanggil untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pemanfaatan internet, khususnya media sosial Facebook dan Instagram serta menjadikannya sarana untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa. Strategi edukasi yang akan peneliti laksanakan adalah: 1) Membuat pelatihan (Training for Trainer), melalui pelatihan dengan motode ceramah dan praktik menggunakan smartphone milik masing-masing peserta/masyarakat. Pelatihan ini dilaksanakan selama lima kali pertemuan untuk menjadikan peserta sebagai trainer, dimana peserta pelatihan diharapkan mahir dan selanjutnya dapat memberikan edukasi mengenai pemanfaatan media sosial sebagai peluang bisnis kepada masyarakat lainnya. Untuk itu pada pelatihan kali ini, peneliti akan meminta masyarakat mengirimkan 20 peserta pelatihan dari kalangan pelajar, ibu rumah tangga, serta aparat Desa yang dianggap mampu dan memahami cara mengakses internet dengan cukup baik. 2) Membantu masyarakat menemukan atau menciptakan peluang bisnis. Peluang bisnis dapat ditemukan atau diciptakan dengan cara melihat potensi UMKM di Desa tersebut, membuat sesuatu karya baik individu atau berkelompok yang dapat dipasarkan, ataupun dengan menjadi Reseller produk-produk yang sudah terkenal melalui media internet. 3) Membimbing masyarakat dalam memasarkan produk melalui media sosial (Facebook dan Instagram) dan atau Market Place. Adapun target luaran yang peneliti ingin capai berupa jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Politeknik LP3I Bandung.
Downloads
References
Anissa Hakim Purwantini, Friztina Anisa. (2018). Analisis Pemanfaatan Social Commerce bagi UMKM: Anteseden dan Konsekuen. Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi. XVI(1), 47-63.
Dewa Eka Prayoga. (2018). Main Facebook. PT Kiblat Pengusaha Indonesia. ISBN 9786025205576,Cetakan Pertama.
Kim, S., & Park, H. 2013. Effects of Various Characteristics of Social Commerce (S-Commerce) on Consumers’ Trust and Trust Performance. International Journal Of Information Management, 33(2): 318–332. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2012.11.006.
Lovejoy, K., Waters, R.D., & Saxton, G.D. 2012. Engaging Stakeholders Through Twitter: How Non profit Organizations AreN getting More Out of 140 Characters or Less. Public Relations Review, 38(2):313–318. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2012.01.005.
Made Resta Handika, Agus Fredy Maradona, Gede Sri Darma. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen danBisnis.Volume15,No.2, http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/
Michaelidou, N., Siamagka, N.T., & Christodoulides, G. 2011. Usage, Barriers and Measurement of Social Media Marketing: An Exploratory Investigation of Small And Medium B2B Brands. Industrial Marketing Management, 40(7),1153–1159. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2011.09.009.
Neti, S. (2011). Social media and its role in marketing, International Journal of Enterprise Computing and Business Sistems,1(2):1-16.
Profil Desa Sindang sari Kecamatan Leuwigoong Kabupaten Garut Tahun 2018. (2018). Garut, Indonesia.
https://m.detik.com/inet.cyberlife/d-39129/130-juta-orangindonesia-tercatat-aktif-di-medsos
https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/12640/siaran-pers-no-53hmkominfo022018-tentang-jumlah-pengguna-internet-2017-meningkat-kominfo-terus-lakukan-percepatan-pembangunan-broadband/0/siaran_pers[11] https://www.liputan6.com/bisnis/read/389418/10-youtuber-indonesia-berpenghasilan-fantastis-siapa-saja