PENGGUNAAN PROFIL MEDIA SOSIAL UNTUK MEMPREDIKSI KEPRIBADIAN
Abstract
Pengguna media sosial mengekspresikan diri mereka kepada orang lain di masyarakat dengan berbagi pengalaman, gagasan, aktivitas, dan kenangan. Sebagai sarana, pengguna umumnya lebih banyak menggunakan media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, whatsapp dan blog pribadi. Membagikan pengalaman pribadi atau menuliskan status banyak dilakukan dalam kehidupan sehari-hari pengguna media social. Pada bagian literatur studi dipelajari bagaimana memprediksi pengguna berdasarkan sifat kepribadian seperti kesesuaian, kesadaran, ekstraversi, neurotisme dan keterbukaan. Studi ini biasanya menggunakan fitur linguistik, informasi media sosial, dan frekuensi interaksi pengguna dengan platform seperti jumlah update status, foto, video dan postingan. Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengidentifikasi fitur mana dari konten bersama di media sosial yang berkorelasi dengan sifat kepribadian dan mengembangkan model berdasarkan fitur ini untuk prediksi kepribadian. Hasil dari penelitian ini ada dua. Pertama, bahwa solusi yang ada dalam memprediksi sifat kepribadian bekerja lebih baik bila ada bukti yang cukup dalam hal jumlah posting dalam profil media sosial mereka. Kedua, bahwa penyertaan informasi mengenai pertemanan pengguna tentang informasi kepribadian akan meningkatkan keakuratannya dibandingkan metode lain.