ANALISIS OPINI PADA MEDIA SOSIAL FACEBOOK DENGAN MENGGUNAKAN TEXT MINNING TERHADAP PRODUK HIJAB (STUDI KASUS : ZOYA DAN EL ZATTA)

(STUDI KASUS : ZOYA DAN EL ZATTA)

  • Agus Heryanto, S.T., M.Kom Politeknik LP3I Bandung
Keywords: Analisis Opini, Naive Bayes, Facebook, Produk Hijab

Abstract

Analisis opini atau yang sering disebut juga dengan istilah sentimen analysis merupakan  analisis  yang  bertujuan  untuk  melihat  opini  masyarakat  atau kelompok  mengenai  entitas  tertentu. Sentimen analysis sendiri sering digunakan untuk menilai sebuah produk, apakah memberikan review yang baik dan disukai masyarakat ataupun  sebaliknya. Penelitian ini dilakukan untuk mengklasifikasikan opini atau sentimen masyarakat  terhadap  produk hijab. Hijab sekarang menjadi trend dikalangan remaja muslim, dimana sebagian besar remaja muslim merupakan para pengguna media sosial terutama facebook.  Sehingga pandangan para pengguna hijab ini akan tertuang  dalam  sebuah  persepsi,  baik  itu  positif maupun  negatif.  Oleh  karena  itu,  penelitian  ini  mengambil  opini-opini masyarakat terhadap produk hijab melalui facebook dengan  dua fanspage dari dua produk hijab yaitu zoya dan el-zatta. Metode penghitungan dan pengklasifikaian yang dipakai adalah metode naive bayes. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa sentiment positif  terbentuk  paling  banyak  yaitu  925 komentar pada EL-zatta, dan 882 komentar pada Zoya.  Jika dibandingkan  dengan sentimen  negatif  yang  hanya  71 komentar pada El-zatta dan 125 komentar pada Zoya. Jadi  secara  keseluruhan, persepsi masyarakat  mengenai  dua produk hijab ini  yang  tertuang pada komentar di fanspage facebook memberikan penilaian yang positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Agus Heryanto, S.T., M.Kom, Politeknik LP3I Bandung

Dosen Prodi Manajemen Informatika

Published
2017-06-30
How to Cite
Heryanto, A. (2017). ANALISIS OPINI PADA MEDIA SOSIAL FACEBOOK DENGAN MENGGUNAKAN TEXT MINNING TERHADAP PRODUK HIJAB (STUDI KASUS : ZOYA DAN EL ZATTA). TEMATIK, 4(1), 86-95. https://doi.org/10.38204/tematik.v4i1.174