IMPLEMENTASI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) LOKAL DI DESA PAMOKOLAN KECAMATAN CIHAURBEUTI KABUPATEN CIAMIS JAWA BARAT
Abstract
Penelitian ini berjudul “Implementasi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Lokal di Desa Pamokolan Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis Jawa Barat”. Penelitian yang dituangkan dalam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pemasaran digital pada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam upaya meningkatkan pendapatan penjualan produk lokalnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif Kualitatif yaitu penulis memaparkan mengenai bagaimana proses penjualan secara online. Setelah melakukan analisis dan pembahasan masalah, penulis memperoleh kesimpulan bahwa penentuan penerapan pemasaran digital berupa promosi dan penjualan secara online dalam meningkatkan pendapatan UMKM berjalan dengan baik.