EVALUASI WEBSITE E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE EXTENDED WEB ASSESSMENT METHOD (EWAM)

(Studi kasus abadigrosir.com)

  • Tubagus Riko Rivanthio, S.Kom., M.Kom. Politeknik LP3I Bandung
Keywords: Website, E-Commerce, EWAM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap layanan website e-commerce abadigrosir.com dengan menggunakan metode Extended Web Assessment Method (EWAM). Metode Ewam adalah suatu alat evaluasi website yang terdiri dari market focus, subjective (persepsi kualitas pelanggan) dan attribute spesific. Metode EWAM ini menitik beratkan pada tiga kriteria penilaian, yang terdiri dari Usefullnes (Kemudahan), Easy Of Use (mudah digunakan), Trust (Kepercayaan). Hasil penilaian konsumen menggunakan metode EWAM adalah konsumen memberikan penilaian yang baik untuk kriteria kegunaan dari web abadigrosir.com, dengan nilai rata-ratanya yaitu sebanyak 51% yang menyatakan baik, dan 16% menyatakan sangat baik. Untuk kriteria mudah digunakan, konsumen memberikan penilaian yang baik dengan nilai rata-ratanya yaitu sebanyak 50% yang menyatakan baik, dan 10% menyatakan cukup. Sedangkan kiteria kepercayaan, konsumen memberikan penilaian yang dominan, dimana konsumen sangat mempercayai legalitas dari web abadigrosir.com yaitu sebanyak 53% konsumen menyatakan baik, dan 40% menyatakan sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Tubagus Riko Rivanthio, S.Kom., M.Kom., Politeknik LP3I Bandung

Dosen Prodi Manajemen Informatika

Published
2018-06-29
How to Cite
Riko Rivanthio, T. (2018). EVALUASI WEBSITE E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE EXTENDED WEB ASSESSMENT METHOD (EWAM) . TEMATIK, 5(1), 40-57. https://doi.org/10.38204/tematik.v5i1.146