Perancangan Sistem Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Website di PT Aguna Amreta Ardaya
Abstract
PT Aguna Amreta Ardaya merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan internet di Kabupaten Sumedang yang mengalami masalah dalam pengelolaan manajemen hubungan dengan pelanggan. Saat ini, sistem manajemen yang digunakan masih bersifat manual dan belum mencakup seluruh kebutuhan perusahaan, sehingga menyebabkan terjadinya beberapa masalah. Karena itu, dalam penelitian ini dilakukan perancangan sistem CRM berbasis website dengan menggunakan metode pengembangan sistem waterfall yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem manajemen baru yang dapat membantu PT Aguna Amreta Ardaya dalam meningkatkan hubungan dengan pelanggan, mempertahankan pelanggan, dan mendorong pertumbuhan penjualan perusahaan. Dengan adanya aplikasi ini, sistem manajemen perusahaan akan lebih terstruktur dan pengelolaan data pelanggan akan lebih terorganisir sehingga perusahaan dapat lebih mudah mengakses data yang dibutuhkan. Sistem CRM ini juga mengelola data keluhan pelanggan dan permintaan instalasi internet yang masuk, sehingga dapat langsung diproses oleh para teknisi. Hal ini dapat mempercepat waktu pengerjaan, dan dapat meningkatkan kepuasan para pelanggan karena respon cepat yang diberikan.
Downloads
References
A. Musharinto, “Customer Relationship Management (CRM): Concepts and Implementation,” 2021. [Online]. Available: www.scholar.google.com
I. Hakim Nasution and F. Helmiah, “Design of Internet Provider E-CRM System on CV. Ahyein Pratama Mandiri Air Joman,” Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, vol. 15, no. 2, p. 2022, 2022, doi: 10.24036/tip.v15i2.
E. M. Ayu and M. Asbari, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEB PADA IFA INTERIOR,” vol. 9, no. 2, 2021.
N. T. K. Chi, “Innovation capability: The impact of e-CRM and COVID-19 risk perception,” Technol Soc, vol. 67, Nov. 2021, doi: 10.1016/j.techsoc.2021.101725.
E. Nurjannah et al., “SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS KOMPUTER PADA AL BAIT TOUR AND TRAVEL,” 2020.
M. Rais, M. Nohong, and A. R. Munir, “THE EFFECT OF CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT ON CUSTOMER LOYALTY THROUGH POSTPAID CUSTOMER SATISFACTION PT. TELKOMSEL INDONESIA,” Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship (HJABE), vol. 5, no. 1, 2022.
G. Setiawan Nurohim and D. Satrya Perbawa, “ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK MENDUKUNG MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN,” Online, 2021.
D. Candro Parulian Sinaga, B. Sianipar, E. Ary Prasasty Marpaung, and S. Pelita Nusantara, “Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management Jasa Service AC di Kota Medan pada CV. XYZ Berbasis Android,” 2020.
Y. Baashar et al., “Customer relationship management systems (CRMS) in the healthcare environment: A systematic literature review,” Computer Standards and Interfaces, vol. 71. Elsevier B.V., Aug. 01, 2020. doi: 10.1016/j.csi.2020.103442.
I. Ramadhani, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-CRM PADA KATAR WISATA TOUR & TRANSPORT UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DALAM BISNIS PERJALANAN WISATA,” 2021. [Online]. Available: http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/indexIndriRamadhani|http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/index|
R. Syabania and N. Rosmawarni, “PERANCANGAN APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA PENJUALAN BARANG PRE-ORDER BERBASIS WEBSITE,” 2021.
C. F. Denis Christo Van Halen Wata, “Perancangan Sistem Informasi Gereja Dengan Menerapkan Customer Relationship Management (Studi Kasus Gereja Toraja Jemaat Palopo),” Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi, vol. 9, no. 2, 2022, doi: 10.38204/tematik.v9i2.1080.
A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, 2020.
D. Wahyu Priyambodo and J. Alfa Razaq, “RANCANG BANGUN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMET PADA FACTORYLANDSTORE,” Jurnal Manajemen Informatika & Sistem Informasi (MISI), vol. 6, no. 1, 2023, doi: 10.36595/misi.v5i2.
A. Voutama, “Sistem Antrian Cucian Mobil Berbasis Website Menggunakan Konsep CRM dan Penerapan UML,” Komputika : Jurnal Sistem Komputer, vol. 11, no. 1, pp. 102–111, Feb. 2022, doi: 10.34010/komputika.v11i1.4677.
R. Oktarina and S. Informasi, “Implementasi Teknologi Sistem Customer Relationship Management (CRM) Guna Meningkatkan Pelayanan Penjualan,” 2022. [Online]. Available: www.google.co.id,
M. S. Wulandari and R. Noveandini, “Penerapan Metode Costumer Relationship Management Pada Fitur Sistem Penjualan Produk Kecantikan Berbasis Web (Studi Kasus: Toko Id.Maskmask),” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), vol. 7, no. 1, p. 2023, 2023, doi: 10.35870/jti.