Evaluasi User Experience Terhadap Website Maidekost Menggunakan Use Questionnaire
DOI:
https://doi.org/10.38204/tematik.v10i1.1298Keywords:
user experience, usability, USE questionnaire, maidekostAbstract
Informasi tempat tinggal merupakan hal yang sangat sering dicari bagi para perantau. Namun permasalahan yang sering terjadi adalah perantau sulit mencari informasi rumah kos secara detail, serta memerlukan waktu dan tenaga. Maidekost hadir dengan menyediakan platform guna menyelesaikan masalah tersebut. Maidekost merupakan platform untuk mencari dan mengelola kos-kosan. Dari awal tahun 2022, Maidekost masih dalam proses pengembangan, namun proses bisnisnya telah berjalan tanpa penggunaan website. Website yang tersedia belum digunakan. Berdasarkan hasil wawancara terhadap pihak Maidekost, website tersebut belum pernah diuji kepada target user dan mereka beranggapan bahwa pengujian ke user adalah hal yang perlu dilakukan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakjukan evaluasi dengan paket kuesioner USE yang menilai dari aspek usefulness (kegunaan), satisfaction (kepuasan), ease of use (kemudahan pemggunaan), dan ease of learning (kemudahan untuk dipelajari). Selain itu dilakukan wawancara ke target user yang meliputi mahasiswa, pekerja, dan pemiliki atau pengelola kos dengan total 15 responden. Dari evaluasi USE Questionnaire didapatkan rata-rata usability untuk usefulness 3,76, satisfaction 3,79, dan ease of use 4,18 dengan predikat usability yang tinggi. Sedangkan untuk aspek ease of learning sebesar 4,27 yang berarti predikat usability sangat tinggi. Dari hasil tersebut didapatkan presentase usability keseluruhan sebesar 79,96%, yang bermakna website Maidekost layak untuk digunakan. Meskipun hasil evaluasi tersebut baik, Namun berdasarkan komentar responden ketika wawancara berlangsung, website tersebut masih perlu diperbaiki khususnya dalam hal kelengkapan infromasi yang dapat mempengaruhi pencari kos dalam menentukan pilihan.
Downloads
References
S. Rahmadani, I. G. Husein, and W. Wikusna, “APLIKASI PENCARIAN DAN PENGELOLAAN KOS DI DAERAH UNIVERSITAS TELKOM MODUL PEMILIK KOS,” in e-Proceeding of Applied Science, 2021, pp. 2607–2612.
P. Purwanti and D. Nazelliana, “Aplikasi Web Service Berbasis Android untuk Pencarian Kost Lingkungan Kampus Universitas Indraprasta PGRI,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 6, no. 1, pp. 163–168, Mar. 2021, doi: 10.32493/informatika.v6i1.9711.
E. R. Nainggolan and S. Susafa’ati, “PENGUJIAN USABILITY SISTEM INFORMASI PELAYANAN RUKUN WARGA MENGGUNAKAN USE QUESTIONNAIRE,” Jurnal AKRAB JUARA, vol. 3, no. 4, pp. 27–34, 2018.
U. U. Sufandi, M. Priono, D. A. Aprijani, B. A. Wicaksono, and D. Trihapningsari, “UJI USABILITY FUNGSI APLIKASI WEB SISTEM INFORMASI DENGAN USE QUESTIONNAIRE (STUDI KASUS: APLIKASI WEB SISTEM INFORMASI TIRAS DAN TRANSAKSI BAHAN AJAR),” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 19, no. 1, pp. 24–34, 2022.
R. G. Fernanda, E. Suryadi, and S. Ali M, “PENGUKURAN USABILITY APLIKASI ZOOM MEETING SEBAGAI MEDIA E-LEARNING MENGGUNAKAN USE QUESTIONNAIRE,” Jurnal Konseling Pendidikan Islam, vol. 3, no. 1, pp. 276–287, 2022.
I. P. Ramayasa, M. Azman Maricar, P. Studi, S. Informasi, and S. Komputer, “PENGEMBANGAN PROTOTYPE APLIKASI POINT OF SALES DENGAN MENGGUNAKAN USER CENTERED DESIGN,” NARATIF : Jurnal Ilmiah Nasional Riset Aplikasi dan Teknik Informatika, vol. 04, no. 02, pp. 176–181, 2022.
R. Kurniawan and Helen, “Evaluasi Learning Management System pada Binus Online Learning menggunakan Metode USE,” Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 4, no. 5, pp. 6663–6669, 2022.
C. R. Pirie and J. J. C. Tambotoh, “Analisis Kebergunaan menggunakan Usefulness, Satisfaction, and Ease-of-Use Questionnaire pada Perbankan Digital,” Sistemasi : Jurnal Sistem Informasi, vol. 12, no. 1, pp. 154–165, 2023, [Online]. Available: http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id
R. A. Hasani, M. R. A. Yudianto, P. Sukmasetya, and Y. Febriyanto, “Uji Prototype Metode Design Thinking pada penyebaran Informasi COVID-19,” Jurnal Kajian Ilmiah, vol. 22, no. 2, pp. 163–172, 2022, [Online]. Available: http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI
M. R. A. Pramudya, A. Muliawati, and R. Astriratma, “Analisis User Experience Pada Aplikasi Alpukat Betawi (Akses Langsung Pelayanan Dokumen Kependudukan Cepat Dan Akurat) Dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough Dan Metode User Experience Questionnaire,” in SENAMIKA (Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer dan Aplikasinya), Jakarta, Aug. 2022, pp. 306–315.
E. A. Setiawan, “KONTROL DIRI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER SISWA,” INOVASI, vol. 2, no. 1, pp. 84–91, 2023.
D. Hudaifa, I. Aknuranda, and K. C. Brata, “Evaluasi dan Perbaikan Aplikasi Mobile Malang Menyapa Menggunakan Metode Usability Testing dan USE Questionnaire,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 5, pp. 4846–4855, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
Y. S. M. Putra and R. Tanamal, “Analisis Usability Menggunakan Metode USE Questionnaire Pada Website Ciputra Enterprise System,” TEKNIKA, vol. 9, no. 1, pp. 58–65, Jul. 2020, doi: 10.34148/teknika.v9i1.267.
M. Gao, P. Kortum, and F. Oswald, “Psychometric evaluation of the USE (usefulness, satisfaction, and ease of use) questionnaire for reliability and validity,” in Proceedings of the Human Factors and Ergonomics Society, Human Factors and Ergonomics Society Inc., 2018, pp. 1414–1418. doi: 10.1177/1541931218621322.
M. D. Fahmi, H. M. Az-Zahra, and R. K. Dewi, “Perbaikan Usability Aplikasi Pemesanan Tiket Bioskop Menggunakan Metode Usability Testing dan USE Questionnaire,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 12, pp. 6653–6660, 2018, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
S. W. Ningrum, I. Akrunanda, and A. R. Perdanakusuma, “Evaluasi dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile Ojesy Menggunakan Metode Usability Testing dan Use Questionnaire,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 5, pp. 4825–4834, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
N. Alamsyah, M. Muflih, M. E. Rosadi, and M. Muharir, “Analisis Usability untuk Penggunaan Aplikasi Signature QR Code pada Keabsahan Dokumen Skripsi terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan USE (Usefulness, Satisfaction, Ease Of Use) Questionnaire,” Technologia, vol. 14, no. 1, pp. 78–88, 2023.
E. Retnoningsih and N. F. Fauziah, “Usability Testing Aplikasi Rekomendasi Objek Wisata Di Provinsi Jawa Barat Berbasis Android Menggunakan USE Questionnaire,” BINA INSANI ICT JOURNAL, vol. 6, no. 2, pp. 205–216, 2019.